Tanggal Lahir

Anwari Doel Arnowo


Apa artinya lahir tepat pada tanggal 17 Agustus, 1945 (Proklamasi Kemerdekaan Repoeblik Indonesia) ??

Atau tepat 17 Agustus saja ? Adakah artinya ??

Kakak saya sulung lahir tanggal 1 Mei (Hari Buruh Internasional) dan salah satu cucu saya lahir pada tanggal 10 Nopember (Hari Pahlawan).

Tanggal-tanggal tadi seharusnya atau tentunya dikenali oleh orang Indonesia pada umumnya sebagai hari apa.

Atau bila saja umpamanya anda sendiri lahir pada tanggal 1 Januari tahun istimewa lainnya, atau Hari Natal tanggal 25 Desember. Apa ada juga artinya?

Dua generasi di atas saya bukankah sudah terbukti memang tidak ada yang perduli atau mencatat dengan baik kapan mereka lahir, karena kalau mengenai hari lahir seorang kakek ditanyai, mungkin sekali ada yang akan menjawabnya dengan: ketika Perang Dunia Pertama meletus. Atau ada yang menjawab bahwa ketika dia masih kanak-kanak, dia ingat ada uang dengan nilai segobang.

Saya mengalami jawaban-jawaban semacam itu, meskipun saya sendiri lahir pada jaman itu tetapi hanya empat tahun pertama saja. Saya lahir tahun 1938 dan empat tahun kemudian Nusantara kita berganti tuan penjajah, dari belanda ke Kekaisaran Jepang. Jadi uang segobang ada ketika kurun waktu 4 tahun setelah saya lahir itu, akan tetapi saya sama sekali tidak mampu mengingatnya, bagaimana bentuk dan rupanya !!

Surat Tanda lahir saya saja tidak punya, dan baru memilikinya setelah belanda pergi dari Indonesia, karena negara kita, Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus, 1945 telah berganti menjadi Negara Republik Indonesia Serikat, sebagai yang menerima Penyerahan Kedaulatan (pada 27 Desember 1949), dari belanda, sang agressor. Saya sebut dengan istilah ini karena belanda telah datang, menyerbu dan menduduki daerah Republik Indonesia yang telah resmi dimakloematkan.

Itu berarti tindakannya adalah agresi. Setelah belanda tidak ada lagi di Indonesia, maka barulah untuk diri saya dibuatkan Salinan Surat Kelahiran saya yang ditandatangani oleh Pak Soebiakto, yang jabatannya adalah Wakil Walikotamadya Soerabaia pada tahun 1951. Jadi umur saya ketika itu sudah 13 tahun mudanya atau tuanya. Apa sebab demikian? Sejak lahir ke dunia saya ini selalu ikut ke mana orang tua saya bertempat tinggal, berikut  seluruh anggota keluarga mereka. Mengungsi ke Tretes, mengungsi lagi ke Kota Malang dan mengungsi lagi ke kota Blitar serta mengungsi kembali masuk ke kota Malang setelah berjalan kaki selama 10 hari lamanya.

Selama masa pengungsian-pengungsian itulah semua dokumen, foto dan keperluan rumah tangga yang normal, telah bisa tercecer dan hilang serta tidak diketaui lagi di mana keberadaannya. Kami anak-anak juga mengalami kekacauan dalam masa  bersekolah. Ada saatnya kami ini diluncurkan turun, kembali ke kelas yang ada di tingkat bawahnya, hanya karena saya datang dari daerah pe”dalam”an yang dikuasai oleh Repoeblik Indonesia, kembali  memasuki Daerah Pedoedoekan belanda.

Saya telah me”rugi” dua tahun lamanya karena diturunkan kelas saya seperti ini.

Patut dikemukakan bahwa ketika saya masih seorang pemuda, ada peraturan tidak tertulis, bahwa barang siapa lahir ketika sedang dalam penerbangan di dalam sebuah pesawat komersial, maka dia berhak untuk bisa menjadi penumpang tanpa membayar ongkos untuk selama seumur hidupnya. Saat ini saya tidak lagi pernah mendengar ada peristiwa semacam itu, karena mungkin barangkali saja telah ada larangan bagi wanita hamil yang telah mendekati masa melahirkanya apabila ingin melakukan perjalanan yang menggunakan pesawat terbang.

Tetapi itu adalah dugaan saya saja karena yang sesungguhnya saya tidak tau.

Mari kita baca apa yang dirasakan oleh orang-orang yang lahir bertepatan pada hari Natal yang dimuat di koran Toronto Star pada tanggal 25 Desember yang lalu.

Link ini menampilkan aslinya di dalam bahasa Inggris, dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesianya saya tuliskan di bagian bawahnya


http://www.thestar.com/news/article/912202–birthdays-overshadowed-by-christmas


Terjemahan Inggris ke Bahasa Indonesia

Ulang Tahun yang tersamar oleh Hari Natal

Raveena Aulakh, Staf reporter

Sir Isaac Newton lahir pada Hari Natal. Begitu pula Humphrey Bogart dan Conrad Hilton – dan banyak lainnya.

“Saya tidak tahu bagaimana perasaan mereka,” kata Nina Simmons, seorang mahasiswa York University. “Saya pikir itu tidak menyenangkan.”

Simmons anak kembar tepat berumur 19 pada hari Sabtu. Mereka tidak pernah dapat menikmati pesta ulang tahun mereka sendiri karena orang lain sibuk membuka hadiah mereka masing-masing sendiri. Kadang-kadang orang lupa untuk mengucapkan selamat ulang tahun bahagia kepadanya, dan lebih buruk lagi dari semua itu, lupa pula untuk memberi mereka hadiah.

Tahun lalu, saudara ‘tua’ Simmons lupa untuk mengucapkan Happy Birthday nya. Pada tahun 2006, salah satu bibinya tidak ingat untuk memberkan hadiah ulang tahun.

“Aku tidak pernah menjadi perasa di hati tentang hal ini sebagai seorang anak tapi sekarang aku yakin itu hari terburuk untuk ulang tahun,” kata Simmons, yang mempelajari ilmu politik dan sastra Inggris. “Saya bahkan tidak bisa mengajak teman saya untuk pergi keluar dengan saya makan malam pada ulang tahun  saya… itu bisa sangat traumatis.”

Natal bersamaan dengan ulang tahun suatu keadaan yang menyulitkan,  kata Chad Glozier.”Tetapi keluarga saya telah belajar bagaimana melakukannya dengan benar selama bertahun-tahun,” kata pemuda berumur 25 tahun yang asal dari Alliston, Ontario.

Chad dan saudara kembarnya, Travis, membuat pesta ulang tahun di malam Natal bersama teman-teman mereka dan pada Hari Natal, ada waktu terpisah hanya untuk perayaan ulang tahun bersama keluarga. “Ibu saya punya aturan bahwa ketika kita sedang membuka hadiah, yang lain oleh ibu tidak dibolehkan melakukan bersamaan waktu dengan kita,” katanya.

Sampai mereka berada di kelas 8, si kembar bahkan mengadakan pesta ulang tahun setengah setiap bulan Juni tanggal 25. “Ini adalah hari yang baik karena sekolah juga berakhir pada saat itu.”

Dia dirujuk ke ulang tahun Natal, dia bahkan tidak terlalu keberatan. “Saya menemukan sebuah pemecah suasana kebekuan,” kata Chad. Tapi dia mengakui bahwa pada suatu waktu ia pernah mendapat kartu Natal dengan Happy Birthday tetulis di dalamnya, ia jengkel.

Milton Robert MacArthur, 32, belum pernah merasakan derita hanya karena telah dilahirkan pada hari yang sama seperti Yesus. Jika pun ada, ia malah merasa syukur telah mendapatkan hadiah yang bahkan terasa bernilai lebih.

“Itu membuat perbedaan yang jelas dan nyata saya sebagai anak tunggal,” kata MacArthur, yang bekerja di Postmedia Network.

MacArthur dilahirkan pada sekitar pukul 11:00 pagi sehingga ketika ia tumbuh dewasa, akan ada perayaan Natal di pagi hari dan tentu saja pada sekitar pukul 11 pagi akan ada perayaan ulang tahun.

“Pada sore harinya, kami pergi kembali ke pesta Natal.”

Telepon Lydia Vale tidak berhenti berdering di hari Natal, karena teman-teman menelepon untuk mengucapkan Happy Birthday kepadanya.

“Semua orang ingat ulang tahun saya,” kata Vale, 52, yang berdarah Yahudi. “Tetapi aku merasa seperti ditipu bila harus keluar untuk  makan malam waktu ulang tahun – satu-satunya tempat yang saya bisa pergi yaitu ke restoran Cina dan Jepang.”

Berbagi perayaan ulang tahun pada hari Natal adalah mustahil, kata Renu Arora, seorang ahli gizi di Mississauga. “Itulah sebabnya kami lakukan setengah-ulang tahun untuk anak saya pada tanggal 25 Juni. Saya sangat percaya bahwa setiap orang berhak satu hari itu hanya menjadi milik mereka. “

Simone, putrinya 7 tahun, diberi kesempatan mendapat sebuah pesta dan puluhan hadiah di puncak musim panas (25 Juni). Pada hari Natal, ia mendapat hadiah tambahan. Dia menikmati perhatian pada dua hari yang berbeda, kata Arora.

Keponakan Arora, anak kakaknya, juga bayi yang lahir pada hari Natal, umurnya 9 tahun.

“Dua bayi Natal dalam satu keluarga,” kata Arora. “Ini luar biasa.”


Catatan.
Lahir pada tanggal 25 Desember, orang-orang terkenal lahir pada hari Natal

1. Isaac Newton, 1642, ilmuwan.

2. Clara Barton, 1821, pendiri Palang Merah.

3. Helena Rubenstein, 1870, filantropis Amerika.

4. Louis Chevrolet, 1878, pembalap mobil.

5. Robert Ripley, 1893, acara tayangan TV  “Percaya Atau Tidak” .

6. Humphrey Bogart, 1899, aktor.

7. Anwar Sadat, 1918, presiden Mesir yang meninggal terbunuh.

8. Nellie Fox, 1927, pemain bisbol.

9. Rick Berman, 1945, produser Star Trek.

10. Nawaz Sharif, 1949, mantan perdana menteri Pakistan.

11. Karl Rove, 1950, penasihat politik.

12. Annie Lennox, 1954, penyanyi.


Anwari Doel Arnowo

Toronto, 29 Desember, 2010

29 Comments to "Tanggal Lahir"

  1. Gerizal  8 January, 2012 at 13:37

    Peribadi Berdasarkan Hari Lahir

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 1, 10, 19, 28 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.1

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 2, 11, 20, 29 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.2

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 3, 12, 21, 30 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.3

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 4, 13, 22, 31 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.4

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 5, 14H, 23dalam mana-mana bulan, anda adalah no.5

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 6, 15, 24 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.6

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 7, 16, 25 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.7

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 8, 17, 26 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.8

    Kalau anda dilahirkan pada tanggal 9, 18, 27 dalam mana-mana bulan, anda adalah no.9

    no.1—-Anda sangat cerdik, jujur, lucu, rajin, terus-terang, cemburu dalam asas pertandingan, baik hati, peramah dan autoriti. Anda ingin mendahului dalam apa keadaan. Anda seorang yang berdikari, berkeyakinan dan tidak pernah berada di bawah pimpinan orang lain. Anda akan bercinta dalam usia yang muda tapi akan berkawin pada usia yang matang. Anda tidak suka akan orang yang bertentangan pendapat dengan anda. Malah anda juga menyimpan dendam dengan orang yang bersalah dengan anda. Anda seorang yang kuat belanja. Pada masa hadapan anda adalah professional dalam kerja yang anda tekuni. Namun terdapat juga orang yang kecil hati dengan keberhasilan anda. Anda mempunyai keluarga yang bahagia. Pasangan ideal anda adalah no.4, 6, 8.

    no.2—-Tak kira apa pun, anda akan disukai oleh semua orang kerana anda berperanankan Bulan dan semua orang suka akan bulan. Em…bagus! Anda suka bermimpi siang. Anda kurang berkeyakinan terhadap diri sendiri. Jadi and perlu membuat perubahan ke atas hidup anda. Anda adalah seorang yang sukar diramal kerana anda membuat perubahan berdasarkan masa dan keadaan. Anda juga seorang yang mementingkan diri sendiri tetapi and mempunyai bakat dalam music, seni dan komunikasi lisan. Sikap anda seperti bulan yang datang keredupan dan pudar jadi semua orang boleh mengetahui perubahan anda. Anda boleh menjadi Mahatma Gandhi yang kedua kerana cinta akan keamanan. Anda juga seorang yang bertanggungjawab dalam keluarga. Pasangan ideal anda adalah no.2, 5, 9.

    no.3—-Anda adalah seorang yang berhati keras, pentingkan diri sendiri, kuat agama dan suka untuk mempertingkatkan kehidupan sendiri. Anda mempunyai masalah keluarga dan anda dapat mengharungi dengan kesabaran anda. Anda sangat pandai bercakap, wajah yang cantik, jadi ke mana saja anda pergi anda akan dapat apa yang anda inginkan. Daripada hari lahir anda, anda perlu berkerja keras untuk berhasil. Anda juga seorang yang menghormati orang yang lebih tua daripada anda. Bukannya senang nak menjalinkan hubungan sama ada percintaan, kekeluargaan atau persahabatan. Sekiranya anda suka akan sikap seseorang itu, maka hubungan itu akan berpanjangan. Anda suka akan kebebasan, pencipta di mana ada anda akan membawa harapan, kegembiraan dan keceriaan ke dunia ini. Pasangan ideal anda adalah no.6, 9.

    no.4—-Anda adalah seorang yang amat rajin. Mungkin anda akan menjauhkan orang lain daripada anda kerana kata-kata anda. Anda seorang yang bertimbang rasa akan masalah orang lain. Anda berbakat dalam penyelidikan dan seni. Anda akan membantu ahli keluarga atau kawan-kawan yang menghadapi masalah tanpa berfikir panjang. Anda kena berhati-hati dengan orang sekeliling anda kerana mereka mungkin akan mempergunakan anda. Kawan-kawan anda akan menghabiskan masa dan uang anda dan selepas itu menjauhi daripada anda apabila anda dah tak ada nilai buat mereka lagi. Walau bagaimanapun anda tetap seorang yang sabar dan tegas. Pasangan ideal anda adalah no.1, 8.

    no.5—-Anda sangat popular dalam komunitas. Anda boleh menyelesaikan sesuatu perkara hanya secara lisan. Anda mempunyai akal fikiran dalam menjalani perniagaan. Namun anda terlalu terburu-buru. Anda adalah seorang yang humor di kalangan kawan-kawan dan ahli keluarga. Kawan-kawan dan ahli keluarga anda juga akan minta bantuan anda apabila mereka memerlukan bantuan. Anda bukan seorang yang setia dalam hubungan percintaan. Anda suka perubahan dan kebebasan. Anda mempunyai ciri-ciri seorang pengembara dan ahli silap mata. Anda mempelajari hidup melalui pengalaman. Pasangan ideal anda adalah no.1 , 2, 9.

    no.6—-Anda dilahirkan untuk menikmati hidup ini. Anda tidak pedulikan apa-apa perkara dan hanya ingin bersantai dalam hidup anda saja. Anda sangat pandai dalam pelajaran dan pengurusan niaga. Anda seorang genius, baik hati (tapi hanya orang yang beranggapan anda orang baik), mempunyai paras rupa yang cantik atau tampan. Semua benda yang baik akan datang pada anda. Anda mengambil berat ke atas ahli keluarga dan kawan-kawan anda. Pada pandangan mereka, anda adalah seorang yang murah hati, peramah, adil dan mempunyai penilaian yang tajam. Pasangan ideal anda adalah no.1, 3, 9.

    no.7—-Anda mempunyai daya tarikan kepada sesiapa saja. Anda adalah seorang yang realistik, yakin, gembira dan merupakan seorang yang genius dalam bidang pendidikan, musik, seni dan nyanyian. Anda mempunyai masalah sikap iaitu panas baran. Namun demikian, anda banyak melakukan pengorbanan untuk keluarga. Anda meletakkan keluarga di tempat yang amat tinggi sekali sehingga kadang-kadang mengabaikan kebahagian diri sendiri. Anda telah dilahirkan untuk memberi sumbangan kepada dunia ini. Jadi anda seorang yang bagus dan seorang yang amat gembira. Pasangan ideal anda adalah no.2.

    no.8—-Anda mempunyai personaliti yang sangat kuat jadi tak ada orang yang memahami anda. Kepakaran anda hanyalah menuding jari pada sesuatu benda. Anda juga mengalami pelbagai dugaan dalam hidup. Semua masalah ini telah menjadikan anda lebih kuat dan tabah. Anda memperjuangkan keadilan. Kebanyakan masa anda telah dihabiskan bersama-sama dengan kawan-kawan. Anda seorang yang disiplin dalam hidup, tidak putus asa dan berani. Faktor-faktor ini telah membawa anda ke puncak kejayaan. Anda juga adalah seorang strategi, keluarga dan pejuang yang sangat bagus. Pasangan ideal anda adalah no.1, 4.

    no.9—-Anda adalah seorang yang sangat tabah dari segi fisikal dan juga mental. Anda mempunyai penilaian yang sangat tajam. Anda juga adalah seorang yang sangat dihormati dalam komuniti. Anda adalah orang yang boleh menerima cabaran dan berjaya dalam apa jua yang anda buat. Pada usia yang muda anda selalu bertentangan dengan ibu bapa anda. Tapi apabila usia anda telah semakin meningkat anda adalah seorang anak yang taat dan hormati mereka. Anda sesuai dalam bidang administrasi atau perbankan kerana orang lain percaya dan yakin akan anda. Anda merupakan model teladan kepada orang lain. Pasangan ideal anda adalah no. 3, 5, 6.

  2. kamar cewek  6 January, 2011 at 15:23

    Tulisanku tak sebagus ini, tapi izinkanlah aku untuk bercerita tentang lahirnya seorang pangeran. sudilah kiranya memberi masukan agar aku bisa menjadi penulis yang terarah. untuk admin terimakasih.

  3. Djoko Paisan  4 January, 2011 at 03:08

    Cak Doel….
    Sampai sekarang Dj. belum pernah dengar dan lihat sendiri, tapi sangat berterimakasih untuk cerita dan informasinya….
    Dj. ada teman ngarit, bukan tanggal lahirnya dihari Natal, tapai namanya ” TANNENBAUM ” ( pohon natal )
    Kalau menjelang natal, dia sangat happy dan kami juga sering menggodanya,
    Kami sering bilang…Tanne,,, sebentar lagi kamu akan sangat gagah dihias dan menjadi tontonan diseluruh pelosok dunia….. tapi dia tidak pernah marah, malah turut tertawa….hahahahaha….!!!

    Salam Sejahtera dari Mainz…..

  4. Onder de Boom USA.  4 January, 2011 at 01:47

    Mas Anwari,dari 3 bersaudara saya yang lahir th 42,..44..dan 46 juga alami kesulitan waktu mau masuk sekolah dan waktu pernikahan ortu tidak bikin akte pernikahannya karena jaman perang waktu itu.Setelah proklamasi kemerdekaan 17Agustus 45,pihak Belanda masih mau kembali duduki ex tanah jajahannya dan masih sering juga terdengar tembak menembak ,antara pasukan Belanda(KNIL) dengan pasukan Indonesia di Betawi(jaman SIAP)Dimana saat itu kalau terdengar teriakan kata S I A P,…..S I A P,maka kami sekeluarga langsung berlindung dikolong ranjang dan terdengarlah saling tembakan,dimana menurut ibu setiap mendengar suara letusan senjata api ,saya selalu ingin keluar melihat, maklumlah belum tahu itu apa artinya perang(umur baru 4 thn) Dan baru thn 1948 dibuatlah akte van huwelijk ortu sekaligus termasuk tgl kelahiran kami bertiga saudara,sebagai anak2nya yang semuanya masih berbahasa Belanda dan masuk sekolah SR Pintoe Besi 29 yang juga masih berbahasa Belanda,sampai th 1951 ,baroe pakai bahasa Melayoe dan selang beberapa tahun diganti dengan bhs Indonesia dimana huruf oe diganti u

  5. Anwari Doel Arnowo  4 January, 2011 at 00:46

    Anastasia,
    Badan kekar itu milik Markus Ruhl, tetapi photo kepala, saya yang menaruhnya di situ. Itu kepala saya?
    Tua kepalanya, kekar badannya. Kalau bisa terjadi symbiose mutualistik !!?!!

    Anwari

  6. Anwari Doel Arnowo  4 January, 2011 at 00:43

    Saya pribadi tidak percaya macam-macam itu, karena daya nalar saya tidak mampu mengikuti perhitungan-perhitungan seperti itu.
    Bukankah hampir semua perkawinan juga dihitung hari “baik”nya. Kok perceraian banyak terjadi?
    Accident can happen at anywhere and anytime, no one knows beforehand. Itu adalah pengalaman-pengalaman banyak orang, membuktikannya seperti itu. Ada agama yang mengajarkan lahir, mati dan jodoh dan mungkin sekali rejeki juga di tangan Tuhannya agama itu..
    Yang saya tau bentuk bagian badan manusia yang terjadi terlebih dahulu adalah otak. Saya yakin bagian tubuh manusia yang mati paling akhir adalah otak juga, di OTAK KECIL. Jadi saya setuju kalau nyawa (apapun nama sebutannya) itu juga berakhir di otak kecil. Di situlah “duduk”nya nyawa. Kalau dia berdiri, maka SELAMAT TINGGAL tubuuhh …
    Di dalam bagian otak bersemayam bermacam-macam software antara lain akal dan indra yang lima buah, atau mungkin ada indra keenam dan seterusnya yang sekarang kita belum tau, karena masih didebatkan ada atau tidaknya. Nah software inilah yang harus dipakai dengan sungguh-sungguh serta rapi, sehingga manusia bisa mengatur hidupnya lebih baik, TERMASUK manajemen REJEKI tadi. Itulah sebabnya khusus untuk rejeki saya taruh kata-kata “mungkin sekali” di depannya. Dengan demikian saya tidak menentang orang lain yang menghitung hari (nama lagu?) untuk segala keperluannya.
    It is a free world, OUR WORLD
    Betulll ??
    Sal;am,
    Anwari Doel Arnowo
    Toronto, 03/01/2011

  7. Anastasia Yuliantari  4 January, 2011 at 00:24

    Wah…yang bisa berbadan kekar ini lahir tanggal berapa, ya?

  8. Imeii  3 January, 2011 at 23:27

    satu ponakanku juga lahir tgl 25 Des pagi, sesudah ibunya pulang dari misa tengah malam, 1 kakakku lahir pada tgl hari kemerdekaan China, dan mamaku lahir pas hari kemerdekaan Taiwan..

    benarkah tgl dan jam lahir mempengaruhi nasib sianak? banyak sekali orang2 di Indo jaman sekarang yang memilih hari dan jam untuk kelahiran anak2 mereka (operasi)

  9. Anwari Doel Arnowo  3 January, 2011 at 21:50

    Coba lagi moga-moga gambarnya bisa termuat

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.