Sisi Lain TKI – Desert Fun

Edy Harjito – Qatar


Bila selama ini Baltyrans hanya mendengar dan membaca berita sedih tentang TKI di timur tengah, kali ini saya perkenalkan sisi lain kehidupan TKI. Tidak lah lengkap tinggal dan hidup di tengah tengah gurun bila kita tidak ke gurun, ternyata  masih banyak orang yang tinggal di Qatar, tapi belum pernah ke gurun. Selain tiadanya waktu juga mungkin lebih senang memanfaatkan waktu liburnya untuk keliling dari mall ke mall, ke cornice, ke klub ber olah raga atau sekedar kongkow, atau maksimal ngobrol bareng gelar tikar dan makan bersama di taman kota yang indah dan bersih.

Nah kali ini mari nikmati dan perkenalkan kegiatan teman-teman TKI kita yang lain dan lagi marak serta digandrungi, yakni desert exploring atau kami bahasakan  dan populerkan dgn istilah nge-dune. Hampir tiap week end ada saja yang nge-dune (termasuk pentulisnya  wkwkwk), ada yang sekedar sight seeing, photo untuk update FBnya, atau sengaja  escape dari keramaian kota dan menyendiri di gurun sambil menikmati bintang dan mendengarkan nyanyian desiran  angin gurun, ada yang nge-dune dan mancing di tepi lautnya (hobbynya pentulis) , ada pula yang gendeng-gendengan dune bashing/mengembara dan mbambung di gurun nan perawan yang belum pernah diambah orang, termasuk  orang local sekalipun, termasuk mencoba jalur-jalur berbahaya (kadang-kadang pentulispun  demikian).

Bertepatan tgl 25 desember lalu, lebih dari 50 mobil TKI memecahkan record nge-dune bareng, di masing-masing mobil dikibarkan bendera merah putih dan Qatar. Event ini cukup mengesankan dan membanggakan karena cukup susah sebenarnya mengorganisir sedemikian banyak mobil masuk ke gurun yang tanpa jalan dan rambu-rambu serta banyak juga teman yang belum pernah nyetir di padang pasir. Alhasil banyak mobil yang terbenam di pasir (kepater istilah kami di sini) dan cukup lama recoverynya dengan cara ditarik, didorong, dllnya. Semua itu tidak mengurangi dan menyurutkan trip tersebut, justru dengan kepater tsb obrolan pasca trip jadi panjang disertai bumbu guyonan yang  tak ada habis-habisnya dibahas.

Berikut photo-photo  nya :

1.       Sesaat sebelum berangkat di end of road jalan aspal, habis ini desert, terlihat panjang sekali dan sang Saka Merah Putih berkibar dengan gagahnya di atas mobil-mobil yang kalau di Indonesia harganya sak ember-ember.

2.  Kumpul di master point kedua untuk photo-photo dan saling mengenal satu sama lain, kalau tidak satu perusahaan belum tentu mengenal.  Pergaulan di sini sifatnya hobby oriented, ketemu dan akrabnya karena berhobby sama, ada yang ngejam main band tiap week end, ada yang nge-dune, mancing, photography, ngemall, dllnya.  Stop point ini sekaligus juga untuk menunggu mobil-mobil lain yang kepater, nyasar.

3.       Nah ini sesi paling seru setiap trip, kalau tidak ada yang kepater, pasca touringnya akan garing tanpa kesan. Walaupun mobil CC besar kalau tidak tau selahnya bisa terjadi seperti ini, ban kurang kempes, ragu-ragu ambil ancang-ancang , dll. Tolong menolong di gurun sangat lumrah dan tinggi/ menonjol, orang local akan sangat senang dan berbangga hati bila menolong orang keluar dari kesulitan semacam ini. Solusi nya bisa bermacam-macam, ada yang didorong, ada yang ditarik sling, ada  pula yang digali bannya dan diisi benda benda keras. Menarik mobil pun harus memperhatikan posisi mobil, kelembutan dan kemiringan pasir,  dllnya.

4.       Sesi prosotan adalah yang paling asyik, mobil meluncur dengan sendiri nya di bibir gunung pasir tanpa di gas, hal ini bisa menaikkan adrenalin dan membuat ketagihan bagi penge-dune, atau bisa juga bikin jantungan. Pertama kali mencobanya tentu ada rasa takut mobil akan terbalik, tapi sukses melakoni ini dipastikan akan mencoba hal-hal ekstrim lainnya seperti menuruninya dengan cara mundur, jadi bayangkan saja kita jalan pelan-pelan dengan pemandangan awan dengan posisi badan hampir tidur.  Problem di sini bila tidak pelan-pelan dan kemiringan bukit ekstrim, bumper depan bisa njedug.

5.       Nah ini ada yang special tambahan  untuk Baltyrans, komik nge-dune bikinan seorang teman yang kreatif.


Sekian touring kali ini, bila Baltyrans berkenan dan terhibur akanmenyusul photo2 ciamik lainya di next touring.

Edy – Qatar




55 Comments to "Sisi Lain TKI – Desert Fun"

  1. Yosep Nz  25 January, 2011 at 00:51

    Mantap tenan,,,,,,,
    Ceritanya disambung mas,,,,,, pas lagi ngumpul keluarga gitu,,,,, jadi kejutan bagi temen-teman yang lain,….

  2. nu2k  12 January, 2011 at 01:52

    Beste bung Eddy, iya naik Garuda. Cari yang murah meriah dan waktu transitnya yang tidak lama. Semoga Garuda yang baru cukup baik kwalitasnya ya. Jangan sampai ada kesan pilah pilih dan pembedaan antara bule dan berwarna. Dan doa saya semoga selamat sampai di tujuan dan kembali lagi., walaupun pakai yang murahan.. Ha, ha, ha, haaaa. gr, gr, gr Nu2k

  3. Evi Irons  12 January, 2011 at 00:54

    Hebat

  4. Steffy  11 January, 2011 at 09:19

    hi Mas Edy, makasih tawarannya, iy kl saya bingung nanti saya email yahhh. hahaha untung dubai ga melok2 yah, yahhh memang sdh jodohnya qatar tuh. 2022 msh di qatar? awiiii tuh pundi2nya sdh banyak betul, haha.

  5. Edy  8 January, 2011 at 18:07

    hahahhaha…maaf bu Nunuk, ternyata anda pakai garuda toh, kirain pesawat yg transit di dubai itu melulu emirates, kalau transit di abu dhabi etihad, kalau mau transit di qatar ya pakai qatar airways.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.