Kampung Sampireun – Alam Nirwana di Tanah Pasundan

Ratman Aspari


Propinsi Jawa Barat, terutama wilayah Priangan Timur yang meliputi Kabupaten/Kota Tasikmalaya,  Garut,  Ciamis dan Banjar merupakan daerah yang elok dengan sejuta tempat wisatanya. Daerah tersebut juga dijuluki dengan Bumi Parahyangan, penuh dengan keajaiban dan keindahan alamnya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Para pelancong sering mengistilahkan untuk daerah ini, ibarat ‘perawan yang belum terjamah’, kondisi alamnya yang begitu eksostik. Namun sayangnya pemerintah propinsi maupun kabupaten yang ada masih belum sepenuhnya mengoptimalkan potensi wisata di daerah ini. Banyak potensi wisata yang belum tergarap di wilayah ini.

Setiap desa maupun kotanya memberikan pesona yang tiada tara. Salah satu keajaiban itu bisa kita temukan di Kampung Sampireun,  yang dapat anda jadikan tempat pilihan berlibur,  atau melepaskan kejenuhan yang suasananya tidak bisa anda temukan di tempat lain.

Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta,  dibutuhkan waktu sekitar 4 – 5 jam atau satu jam dari Bandung dan tepatnya di daerah Garut,  Jawa Barat.

Saat tiba di kampung Sampireun,  sajian alam pertama yang dapat dinikmati adalah pemandangan sebuah danau seluas 1,4 hektar dengan rumah-rumah berdinding bambu yang menjorok di atas danau.

Nama Kampung Sampireun diambil dari nama Danau Sampireun,  yang artinya tempat singgah. Letaknya berada di ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut,  di Jalan Raya Semarang,  Kamojang Ciparay,  Desa Sukaraya,  Kabupaten Garut,  Jawa Barat.

Beragam keindahan khas tempat ini dapat dinikmati, nuansa berbeda berbeda bisa ditemukan di sini,  baik pada saat siang maupun malam hari. Pegunungan,  danau,  gemericik air pancuran, rakit, perahu, rumah-rumah kayu yang berpadu dengan kebun bambu di sekelilingnya ditambah hilir mudiknya ribuan ikan-ikan mas di sekitar kolam menjadi element yang menjadi daya pikat untuk menikmati harmoninya alam di Kampung Sampireun.

Jumlah cottages yang ada di sini 19 buah,  bagi para pelancong yang ingin menginap di sini bisa memesannya dengan tarif yang cukup terjangkau, di mana setiap cottage juga dilengkapi dengan sebuah perahu yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar mendayungnya di atas danau.

Alunan musik khas  Sunda selalu menyapa setiap pengunjung yang datang, walaupun berada di desa, yang jauh dari pusat kota, tetapi tempat ini memang cukup menarik,  ingin menikmati suasana hotel dengan tematik  sejenis yang tidak bisa ditemukan di tempat lain,  coba arahkan perjalanan anda ke Propinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Garut,  sebagaimana yang ditawarkan Kampung Sampireun ini. * (ratman aspari)

20 Comments to "Kampung Sampireun – Alam Nirwana di Tanah Pasundan"

  1. Yosep Nz  25 January, 2011 at 01:06

    In Garoet,,,,,,, Tempat kelahiran ku,,,,,,,
    Ternyata banyak sekali pemandangan-pemandangan yang sangat indah di kota kelahiran ku ini, apalagi kalau sempet main ke gunung papandayan atau ke pamempek, mungkin akan lain lagi ceritanya.
    Ceritanya bagus cuman satu ada kesalahan, yaitu kecamatan Samarang bukan semarang. maaf yah saya koreksi.
    Yang jelas salam kenal buat rekan-rekan semuanya dari TKI yang ada di Qatar ini.

  2. Mawar09  20 January, 2011 at 21:54

    Lani : you are welcome ! Lani kalau mau nginap disana minta tolong temanmu yg di Indonesia utk booking sehingga dpt harga utk lokal (mungkin bisa ya!?)

    Kornelya: thanks ya infonya. Nanti mau aku cek kalau ke Indonesia, atau minta tolong adikku yang di Jakarta cek harganya.

  3. HennieTriana  20 January, 2011 at 15:47

    Wah ini tempat bagus banget. Bener nggak ya, ada video clip Chrisye (bbrp thn lalu) yang memakai lokasi ini?

  4. Meazza  20 January, 2011 at 13:08

    keknya nyaman banget kalau bakar ayam atau ikan trus makan pake lalapan di sini, lalu nyemplung berenang2 hahaha….

  5. Handoko Widagdo  20 January, 2011 at 08:24

    Ratman terima kasih sudah share tempat indah

  6. EA.Inakawa  20 January, 2011 at 04:49

    Bumi Parahyangan,emang asyikkkkkkkk sudah tidak dipungkiri,thx Ratman informasinya,salam

  7. Djoko Paisan  20 January, 2011 at 03:35

    Mas Ratman…
    Terimakasih untuk informasinya….
    kami pernah lewat di Danau Sanpireun, sayang saat itu tidak singgah dan nginap….
    Dj. yakin pasti sangat indah, apalagi siang hari yang sejuk, makan ayam goreng kampoeng dengan lalapana, serta sambal trasi yang warna orange….hhhhmmmm….!!!!
    Semoga satu saat bisa mampir dan menginap disana….
    Salam Sejahtera dari mainz…

  8. Lani  20 January, 2011 at 01:16

    KORNEL : njur aku pie??????? la duwene cm paspor USA…….hikkkkkkkkkkkks……..wah payah dunk

  9. Kornelya  20 January, 2011 at 01:02

    Mawar, pesan kamarnya jangan melalui travel agent di USA, yang di Jakarta saja, register pakai paspor Indonesia. Harganya variasi karena setiap bungalow jumlah kamarnya beda-beda. Salam.

  10. Lani  20 January, 2011 at 00:45

    MAWAR : trims udah dikasih tau ya….ya…….ya……ANTHONY BOURDAIN………TRAVEL CHANNEL

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.