Kampung Sampireun – Alam Nirwana di Tanah Pasundan

Ratman Aspari


Propinsi Jawa Barat, terutama wilayah Priangan Timur yang meliputi Kabupaten/Kota Tasikmalaya,  Garut,  Ciamis dan Banjar merupakan daerah yang elok dengan sejuta tempat wisatanya. Daerah tersebut juga dijuluki dengan Bumi Parahyangan, penuh dengan keajaiban dan keindahan alamnya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Para pelancong sering mengistilahkan untuk daerah ini, ibarat ‘perawan yang belum terjamah’, kondisi alamnya yang begitu eksostik. Namun sayangnya pemerintah propinsi maupun kabupaten yang ada masih belum sepenuhnya mengoptimalkan potensi wisata di daerah ini. Banyak potensi wisata yang belum tergarap di wilayah ini.

Setiap desa maupun kotanya memberikan pesona yang tiada tara. Salah satu keajaiban itu bisa kita temukan di Kampung Sampireun,  yang dapat anda jadikan tempat pilihan berlibur,  atau melepaskan kejenuhan yang suasananya tidak bisa anda temukan di tempat lain.

Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta,  dibutuhkan waktu sekitar 4 – 5 jam atau satu jam dari Bandung dan tepatnya di daerah Garut,  Jawa Barat.

Saat tiba di kampung Sampireun,  sajian alam pertama yang dapat dinikmati adalah pemandangan sebuah danau seluas 1,4 hektar dengan rumah-rumah berdinding bambu yang menjorok di atas danau.

Nama Kampung Sampireun diambil dari nama Danau Sampireun,  yang artinya tempat singgah. Letaknya berada di ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut,  di Jalan Raya Semarang,  Kamojang Ciparay,  Desa Sukaraya,  Kabupaten Garut,  Jawa Barat.

Beragam keindahan khas tempat ini dapat dinikmati, nuansa berbeda berbeda bisa ditemukan di sini,  baik pada saat siang maupun malam hari. Pegunungan,  danau,  gemericik air pancuran, rakit, perahu, rumah-rumah kayu yang berpadu dengan kebun bambu di sekelilingnya ditambah hilir mudiknya ribuan ikan-ikan mas di sekitar kolam menjadi element yang menjadi daya pikat untuk menikmati harmoninya alam di Kampung Sampireun.

Jumlah cottages yang ada di sini 19 buah,  bagi para pelancong yang ingin menginap di sini bisa memesannya dengan tarif yang cukup terjangkau, di mana setiap cottage juga dilengkapi dengan sebuah perahu yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar mendayungnya di atas danau.

Alunan musik khas  Sunda selalu menyapa setiap pengunjung yang datang, walaupun berada di desa, yang jauh dari pusat kota, tetapi tempat ini memang cukup menarik,  ingin menikmati suasana hotel dengan tematik  sejenis yang tidak bisa ditemukan di tempat lain,  coba arahkan perjalanan anda ke Propinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Garut,  sebagaimana yang ditawarkan Kampung Sampireun ini. * (ratman aspari)

20 Comments to "Kampung Sampireun – Alam Nirwana di Tanah Pasundan"

  1. Mawar09  20 January, 2011 at 00:35

    Ratman Aspari: terima kasih ya artikelnya. Tahu tentang tempat ini sewaktu menyaksikan acara tv di Travel Channel” … Anthony Bourdain yang waktu mengunjungi Indonesia bermalam disini. Tempatnya bagus, tapi ada beberapa orang bilang mahal (saya sih belum pernah check harganya).

  2. Kornelya  20 January, 2011 at 00:20

    Tempat ini indah dan sangat bersih. Bagus untuk keluarga, tidak ada para penjajah “bantal guling”. Jam check outnya bisa dinego. Salam.

  3. IWAN SATYANEGARA KAMAH  19 January, 2011 at 19:22

    Bagi kaum urban tempat ini benar-benar melepaskan kepenatan sehari-hari, karena hampir semua dari mereka memiliki tempat tinggal di kota yang didisain tidak berdasarkan lingkungan dan tidak ramah terhadap kehijauan alam. Cocoklah tempat ini menjadi surga wiken.

  4. silvia  19 January, 2011 at 17:44

    indahnya…..

  5. Edy  19 January, 2011 at 17:28

    Mauuuuuu, mau kesini ah, sudah tau dari dulu, tapi selalu tidak kebagihan waktu. Syukron pak Aspari artikelnya.

  6. [email protected]  19 January, 2011 at 17:06

    menarik… menarik…. belum pernah nih.

  7. J C  19 January, 2011 at 11:07

    Mas Ratman, wah, ini tempat apik bener. Kapan-kapan bisa jadi tujuan liburan bersama keluarga.

  8. Peony  19 January, 2011 at 10:37

    Pak Ratman, terima kasih untuk liputannya..

    Kampung Sampireun ini adalah destinasi berbulan madu impianku.. tapi sayangnya suami dulu gak mau kesana.

  9. Lani  19 January, 2011 at 10:14

    Ratman Aspari……rasanya belum pernah kenal, salam kenal, selamat gabung di Baltyra……
    aaaah, kampung SAMPIREUN……….pertama lihat tayang film ttg tempat ini malah dari channel DISCOVERY, dgn pemandu wisata bule…….lupa nama lagi……langsung jatuh cinta, memang katanya indah, tiap pagi ada yg ngiter2 nawarin serabi kucur…….naik prau……uuuuuuh asyiknya mah tempat kayak ginian buat HANIMUN……..kalau sendirian mah anyeeeeeeeeep!
    itu danau natural? ato man made????? moga2 tempat ini tetep dipertahankan kebersihannya……..yg jelas agak adem krn 1000 m diatas permukaan laut?????

    asyiiiiiiiik!

  10. dedushka  19 January, 2011 at 09:43

    tempat yg mesti didatangin kalo pulkam lagi bareng teddy bear hehehe

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.