Dendeng Bak-kwa

Sasayu – Helsinki


Halo Baltyrawan dan Baltyrawati, bertemu lagi di dapurnya Sasayu. Kali ini Sasayu ingin berbagi resep membuat Bak kwa (rougan 肉干). Perkenalan Sasayu dengan makanan yang satu ini bermula dari tante yang membawa oleh-oleh dendeng babi dengan merk Bee Cheng Hiang setelah pelesir ke negara tetangga.

Baru pertama mencoba langsung ketagihan, sampai berebut dengan adik dan makannya pun dieman-eman banget. Waktu itu Bee Cheng Hiang belum ada di Jakarta, dan ketika akhirnya dibuka harganya amit-amit mahalnya. Jadi bisa dianggap makanan ini termasuk luxury food buat Sasayu.

Nahhh, ide membuat Bak kwa muncul waktu Sasayu lagi baca buku buat ujian Meat Microbiology keesokan harinya. Sambil menghafal segala jenis bakteri yang mencemari daging, Sasayu juga mencari resep membuat dendeng. Wuahhh, ternyata gampang bangettt bikinnya, manalagi semua bahannya bisa didapat di toko cina. Jadilah seminggu setelah semua ujian selesai, Sasayu pergi belanja buat membeli bahan-bahannya. (Mbok, tenang sajaaa, Sasayu masak-masak tetap inget sekolah kok, ujiannya lulus dengan nilai memuaskan)

Langsung sajaaaa, ini resepnya:

–          400 gr daging babi-sapi cincang (50:50), buat yang tidak makan babi bisa pakai daging sapi saja atau ayam.
–          80 gr gula pasir, bisa diganti madu.
–          2 sendok makan saus ikan
–          1 sendok makan cuka beras
–          ¼ sendok teh five-spice powder
–          1 sendok makan kecap asin (yang light)
–          1 sendok teh minyak wijen
–          ½ sendok teh garam (atau secukupnya)
–          Bagi yang suka pedas, bisa ditambah cabe ulek/cabai bubuk.


Caranya:

1.       Di dalam mangkok, semua bumbu dicampur terlebih dahulu.

2.       Campur bumbu dengan daging cincang, aduk-aduk sampai merata. Diamkan selama 3 jam di dalam lemari es atau diinapkan sehari biar lebih meresap.

3.       Panaskan oven dengan suhu 100°C. Siapkan kertas roti di atas panggangan. Ratakan adonan daging di atas kertas roti dengan ketebalan setengah sentimeter atau setipis mungkin.

4.       Panggang di dalam oven selama 45 menit sampai 1 jam. (sesekali dicek kalau sudah cukup matang, angkat). Dendeng yang sudah matang bisa dibentuk biar lebih menarik, ini Sasayu memakai cetakan kue bintang-bintang.

5.       Bakkwa siap disantap sebagai cemilan, atau dimakan pakai nasi hangat…maknyussssss!

Gampang kan bikinnya, bisa menjadi salah satu menu buat Imlek atau bingkisan untuk dibagi-bagikan ke sanak saudara atau kenalan. Sampai bertemu di artikel Sasayu yang berikutnya.

14 Januari 2011


About Sasayu

Dari kecil passion'nya adalah makanan, bahkan sampai cicak pun dilahapnya tanpa basa-basi. Petualangannya melanglang buana, menjelajah benua Eropa mengantarnya meraih gelar dan ilmu dalam Food Technology dan Food Science. Setelah lulus dari Helsinki, kembali ke Tanah Air untuk melanjutkan kerajaan kecil keluarga: PONDOL - Pondok Es Cendol, spesialis masakan Jawa Tengah yang cukup melegenda di Jakarta.

Arsip Artikel

52 Comments to "Dendeng Bak-kwa"

  1. rusdi  26 August, 2015 at 07:55

    tq.. resepnya… mo di coba .. tanya kl pake daging babi semua boleh ? trus bagian apa? sy suka beli bag kapsim..

  2. Lani  2 February, 2011 at 21:16

    SA: hah????? sampai setaon lemese? emank yg diserang nerve nya ya????? welaaaaaaah……

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.