Catatan dari Kona (6)

Lani – Kona, Hawaii


December 1st 2010:

Memasuki hari pertama di bulan terakhir di tahun 2010, hari ini aku kerja di toko yang menjual aneka kopor, tas, dompet serta pirantinya.

Kerja di hari pertama pada bulan baru, nampaknya sangat menarik, banyak kejadian kualami semua menyenangkan, apalagi ini hari Rabu, ada kapal pesiar mampir Kona.

Turis kapal kebanyakan dari berbagai tempat di Canada, mereka sangat generous spending money, tanpa aku harus banyak nyrocos hehehe……

Tak tau apakah ini hari keberuntunganku? Sejak toko buka pembali langsung berdatangan, laris manis bak kacang goreng/godog……

Boleh dikatakan full of excitements, funny, a lot of happy tourists hari ini, made me happier, tapi juga ada yang agak aneh…..

Baiklah obrolannya dimulai saja……

Pertama dimulai dengan terdengarnya pengecek-an sirene Tsunami, tiap bulan selalu dicek, utk memastikan alatnya masih aktif. Suaranya meraung-raung seantero Kona. Waktu pertama kali datang, aku deg-degan ada apa ini? Ketika tanya, ternyata memang hal itu diadakan tiap bulan, jadi sekarang udah makalaum.

Dilanjut kejadian kedua, masuk a couple tourist dari Jerman, aku tanya asal dari kota apa? Jawabannya kurang jelas tapi aku gak nanya lagi, yang masih ingat mereka bilang asal dari daerah selatan Jerman. Aku ajak ngobrol, aku bilang baru saja balik dari negara mereka, secara bersamaan mereka menjawab seperti gak percaya nampak dari raut muka mereka heheheh……

Batinku, sialan….emank yang bisa travel cuma sampeyan opo? tapi kami jadi asyik ngobrol, mereka masih semingguan di Kona, ingin beli tas made in Hawaii, memang dijual ditempat aku kerja, lucunya mereka bilang: well, I think we will be back when you’re here……

When r u comeback to work? Aku jawab: Saturday and Sunday….

Mereka bilang: all right, for sure we will be back on Sunday to see u here and we’ll buy several bags and we want made in Hawaii. Setelah mereka pamitan, here we go masuklah serombongan turis orang China…….bukannya prejudice sama orang China, tapi memang bisa dikenali, turis China, India dan negara sekitarnya, paling crewet nawar!

Membandingkan harga dengan toko lain, pokok-e njelimet –lah…..kalau sudah tidak beli,  jadi sikapku kalau mereka masuk toko, paling aku sapa (kalau ini harus!) ALOHA….terus aku lanjut let me know if you have any questions!

Terus aku diamkan saja, kalau mereka tanya baru aku jawab nek ora yo ben wae…..sak karepmu! Tapi kadang harus hati-hati (tidak pukul rata) turis India suka nyolong!

Boro-boro ngajak ngobrol aaaaaaaah..wes ora perlu-lah…..baunya juga mengerikan, kalau bisa cepetan minggat dari tokoku wakakakak…….

Selain itu mereka suka sekali memberi harga sendiri, misalnya harga tas $ 30, tanpa minta ijin langsung ngomong: gimana kalau $ 20 saja? Kalau gak mereka membandingkan dengan toko lainnya, kenapa hargamu lebih mahal, sedang disebelah lebih murah…..

Mau tau jawabku: well, we don’t do discount here, if you think or found the same stuff and cheaper in other store, please go back there and buy it from them……

Wakakakak……lucu tapi nyata, mereka tetep membeli dari tokoku…….udah kejadian sering banget!

Karena apa? karena aku tau, toko lainnya kualitasnya gak sama…….enak aja arep ngapusi aku???? Heheheh…..mana bisa subo diapusi geliiiiiiii aku……

Yang paling menjengkelkan dari turis China, mereka suka ngobrak-ngabrik daganganku bak kapal pecah….! Kadang kalau lagi gak suka ati, aku langsung tegur: please you can’t do that…..!

Mereka udah gak mudenk boso Inggris, ngomongnya kenceng banget kayak berkelahi, cang-cing-cong! Gemezzzzz wessss….!

Untuk turis Eropa yang menjengkelkan turis dari Perancis dan negara-negara Eropa timur, mereka bahasa Inggrisnya mbulet seperti lidahnya ketekuk-tekuk kkkkk…..kadang kasar dan merendahkan! Mereka juga suka banget minta diskon……

Yang lucu lagi turis dari Jepang, mereka suka ngomong sendiri dengan sesama rombongan mereka dalam bahasa Jepang, kadang mereka keclitut ngajak ngomong aku dalam bahasa Jepang…….aku cuma tersenyum saja, tapi mereka seperti berusaha agar aku ngerti waaaah…….sial to?

Tapi mereka kalau suka dengan barangnya, langsung dibeli gak pakai tawar menawar, ato kalau menawar cukup sekali saja, biasanya aku kasih diskon, senengnya lagi turis Jepang selalu bayar cash dan duitnya masih kemplink bau cat baru wessssss……..mereka itu sangat teliti cara menyimpan duit mereka, gak pernah aku menjumpai duit dollar orang Jepang kusut! Selalu licin, dan baru keluar dari mesin cetak saja…..

Paling geli kalau ketemu turis OZ, NZ, UK……tau sendiri boso Inggris mereka pating kluwer, aksen nya beda banget dengan aksen Amerika. Sering aku salah duga asal mereka, kadang mereka ikut ketawa tapi ada juga yang agak tak suka, karena rasa nasionalis mereka sama negaranya…..tapi gak marah sih.

Turis dari ke 3 negara ini gak bisa aku katakan pelit, generous, mereka average, jadi tidak extreme.

Turis afro American ini biasanya juga gak beli, cuma liat-liat, pegang sana-sini, tapi tidak diobrak abrik kayak turis China! Apa memang (tidak pukul rata) bangsa itu bisa diliat dari budayanya ato dari apanya? Hingga kita tau kebiasaan, ke khas-an mereka……hehehe…..

Karena sering gaul sama turis dari manca negara, jadi tau, hafal karakter mereka.

Paling seneng kalau turis jenis laki-laki yang beli, karena gak banyak omong, mereka masuk, liat-liat, suka ambil dibeli, gak banyak cing-cong nawar segala……tapi gak termasuk turis India dan sekitarnya laki perempuan sama saja….kalau nawar njelimet…wakakakak….sebel-belllllll pokok-e sampai pegel! Makanya aku biarkan aja……suka-suka mereka.

Secara umum aku orangnya sebagai sales super ramah hehehe…….dipuji sendiri saja lah, malah banyak yang seneng mereka balik pas aku kerja, mereka gak mau datang dan membeli sama pegawai lainnya, apa gak huebaaaaaaaat?

Lanjut kejadian selanjutnya……pas toko sepi……..aku jalan-jalan keluar toko, weleh-weleh…..langsung melihat sepasang turis buleleng keluar dari toko kopi Donkey balls……laaaaaaaah entah turis cowo sadar ato gak……tiba-tiba dia garuk-garuk mr. P entah karena letaknya yang mlengse di under wearnya ato karena gatelllll? Wakakakkaka……..

Aku liat sekelebatan, e…..ternyata dia masih garuk-garuk juga sambil jalan….alamack! Tobattttt wess……aku mbatin: kalau ada alat garukan yang terbuat dari rotan, akan aku pinjamkan ke dia hahahahah…….edyaaaaaan!

Sambil membalikkan badan, masuk ke toko aku ketawa sendiri…..mesum tenan buleleng kuwi.

Tak kemudian aku tertarik dengan 3 wanita Jepang duduk di depan seberang toko tempat aku kerja, mereka sedang melukis, karena aku ingin tahu aku dekati mereka…….

O, wow! mereka seperti tukang lukis jalanan di artikel mas DJ. Aku sempat komentar : nice….! Mereka cuma tersenyum, emboh mudenk opo ora…..

Kemudian aku ngomong sama mereka sambil pakai gerakan tangan/body language perlu dan banyak membantu, aku minta untuk digambar…..

Satu dari mereka langsung mudenk, kemudian dengan cepatnya menarikan pinsilnya, setelah jadi diberikan ke aku…….

Aku mengucapkan arigatou gozaimasita! Setelah aku liat……..woaduuuuuuuuh………la kok aku malih dadi cebol dan methekol tur malangkrik…….wakakakak……wis gak banget!

Aku cepat-cepat balik ke toko, karena ada serombongan turis masuk, e….jebul aku mengenali wajah mereka, ternyata kemarin mereka juga mampir ke toko kopi di tempat aku kerja, dan beli kopi sekarang mereka butuh luggage!

Langsung aku sapa dan aku bilang: hey….I recognized you both! Welcome, and let me know if you have any questions! mereka ber 4 turis asal Switzerland…….

Tanpa ba-bi-bu…….pasangan turis yang kemarin memborong kopi langsung beli big rolling duffle bag, aku kasih diskon 10%+free luggage tag…..mereka mengucapkan thank you bolak-balik!!!!

Yang dua lainnya kakak beradik, mereka beli big luggage, luggage lock; aku kasih diskon 10%+luggage tag, kami langsung ngobrol rame banget, aku tanya yang mana nih yang adik? Tebakanku tepat….mereka juga ramah banget, aku tanya macam-macam dan aku bilang baru aja travel ke beberapa negara Eropa, mereka tambah semangat malah tanya balik….kelihatan tertarik dan antusias, akhirnya bisa ditebak kami tukar email address, mereka bilang kalau mampir Switzerland please…..please contact us…..we can be your guide! Terus dilanjut aku disodori tips………sambil gak percaya aku bilang: for me? mereka jawab: yessssss! You’re so nice and helpful…..

Aku jawab: thank you so much! Sebelum pisah, kami janji utk saling keeping in touch!

Aku happy 3X! tambah semangkin panjang networking friendsku……

Setelah mereka berlalu…….tiba-tiba aku melihat sepasang buleleng….jalan di depan toko……OMG! Yang cewe mulussssss putih…..pasangannya ampyuuuuuuuun….rusak wessss…….sekujur tubuhnya di tattoo…..walah dalah…..! speechless! Aku bukan anti tattoo, tapi kalau sekujur tubuh seperti yang umum di Jepang……gak suka aja.

Kemudian masuk Canadian tourist, ibuibu……milih seneng langsung dibeli, dia malah yang ngajak ngobrol dulu, dia penumpang cruise seperti turis Kanada lainnya…….

Tanpa aku sadari, dia memasangkan bros dengan gambar bunga nasional salah satu negara bagian Canada……….aku lupa nama negara bagiannya, padahal udah nanya……hehehe…..dasar pikun! Gak dink, karena aku menyimak crita dia, dia bilang menikah dua kali, suaminya meninggal karena tabrak-an…….langsung aku samber, suamiku juga meninggal 2 tahun yang lalu karena kanker, dia bilang kamu punya anak gak? Aku jawab: gak…..dia bilang: oh! Aku punya anak dan cucu juga…….

Oh, well yang penting kamu happy ya……sambil tersenyum dan mengatakan: aku kasih bros bunga ini buatmu, mengingatkanmu tempat asalku di Canada………padahal aku lupa wah jiaaaaaan!

Nama bunganya aku juga kelupaan, tapi lain kali aku akan tanyakan pada turis Canada kalau kebetulan nemuin turis dari Canada, biasanya kalau winter di Canada mereka ngungsi di Hawaii selama ber-bulan-bulan menyewa condo, rumah, mereka dikatakan snow birds=turis mangsa winter…….

Jam sudah menunjukkan hampir ke angka 6, artinya sebentar lagi aku harus tutup toko, e……datang lagi sepasang turis buleleng dari Illinois bersama dengan 2 anaknya cowo masih kecil-kecil usia 9 dan 6 tahun.

Mereka akhirnya membeli 3 tas riversable made in Hawaii, sambil ngladenin, aku ajak ngobrol anak-e….menyenangkan juga mereka gak malu-malu malah ngajak ngobrol, mungkin aku dianggap aneh saja, soale aksen boso Inggris, aku tau dari raut wajahnya…..cara memandang…..sangat innocence heheheh….seperti keheranan, kadang mulutnya cuma melongo wakakakak……

Oya, sampai lupa selama di toko aku sambil mendengarkan stasiun radio music/lagu-lagu Hawaii……

Lah, sudah mau tutup toko musiknya mendayu-dayu…….langsung jadi moody seketika!

Bukannya gak suka, tapi jadi ingat almarhum, karena dia suka banget dengan music/lagu-lagu Hawaii…..

Dadaku rasanya sakittttttttt……mak-cleng! Gak bisa dijelaskan, hanya bisa dirasakan…….tiba-tiba mataku terasa panas!

Seperti disadarkan pula, seperti ada orang bilang: why are you sad? Secepat kilat……mood ku berubah normal kembali……langsung semua dagangan aku masukkan ketoko, pintu aku tutup, semua fan aku matikan, radio juga, duit diitung, ditotal buku penjualan hari itu ditutup.

Kemudian lampu semua aku matikan, pintu aku gembok dan keluar pamitan sama teman di samping toko, mereka pada bilang: noooooo…….you can’t leave us sambil ketawa……

Oh well, I’m going home….see ya whenever I see you again……..good night!

Aku jalan dan mampir lagi pamit sama temanku di sebelah kiri toko…..dia seperti kaget bilang: are you leaving? What time is it now? Aku jawab: well, it’s 6:15 you know……

How many hours did you work today? Aku jawab: 8……dilanjut: when are you working here again???? Kujawab sambil jalan this Saturday…..good night byeeeeeee………..!

Sambil ngibrit jalan pulang……….masih banyak turis jalan-jalan malam itu, bahkan ada yang duduk di pinggiran pembatas laut.

Sampai lain kali………



ps: yang jelas hasil penjualan hari ini bagus

162 Comments to "Catatan dari Kona (6)"

  1. Djoko Paisan  4 March, 2011 at 14:41

    Sorry yu…
    Arep pitnes ndisik..
    Sampai nanti lagi ya…. Semoga sehat selalu….!!!
    Terimakasih sudah menemani Dj. ngobrol di gubuk Dj.
    Salam manis dari Mainz…

  2. Lani  28 February, 2011 at 12:02

    PHIE : mahalo wis diampiri…….mmg betul adanya tiap hari ada kejutan berbeda-beda sampai kadang jd TER-KEJUT2…….hahahah…….saiki wae igik kaget2 trs iki………tp kaget sing menyenangkan…………wakakak…….dikau msh di indo?????

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.