Sansivera Si Lidah Mertua

Tira Soekardi

 

Di rumahku, salah satu tanaman yang ditanam adalah jenis Sansivera. Ini dikarenakan tanaman ini mempunyai banyak keistimewaannya.

Sansivera atau lebih dikenal dengan lidah mertua, kenapa ya disebut demikian, apa karena daunnya meruncing di bagian ujungnya yang tajam seperti lidah mertua, sampai segitunya ya,…apa memang mertua tuh suka ngomongnya tajam sampai-sampai dimisalkan seperti tanamana Sansivera, wah mana ada yang tau ya asal muasal kok disebut dengan lidah mertua.

Sansivera ini ternyata tanaman yang mempunyai rentang toleransi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan, kondisi sedikit air dan cahaya matahari sehingga dapat ditanam di media apa saja dan bisa mengolah dan menyerap polutan menjadi asam organic, asam amino dan mampu menyerap polutan dan bau yang tidak sedap.

Hal ini disebabkan karena satu daun Sansivera ini mampu menyerap formaldehid 0,938 mg. Hampir 107 jenis polutan di udara dapat diserap dan hebatnya juga mampu menyerap radiasi berbagai barang elektronik.

Salah satu manfaat lain dari Sansivera ini ternyata bisa untuk obat seperti jenis Trifasciata Lorenti yang bisa mencegah diabetes dan ambeien. Penanaman juga sangat mudah, medianya harus porous, bertekstur kasar dan mengandung sedikit bahan organic dengan pH 5,5-7,5. Untuk memperbanyak mudah saja dengan cara mencacah daun dimana seluruh bagian daun bisa digunakan.

Wah, memang manfaatnya yang sangat banyak dan mudahnya menanamnya makanya banyak orang yang menanamnya bahkan di kantor-kantor dan sekolah-sekolah sudah mulai banyak mulai menanam Sansivera bahkan di beberapa sekolah dipakai sebagai program go green dengan menanam 100 Sansivera.

Nah, tanaman Sansivera si lidah mertua ini walau secara fisik tidak begitu menarik, karena manfaatnya banyak, sehingga banyak yang menanamnya. Tentunya kalau bisa jangan disebut lagi lidah mertua ya, kasihan banget deh tapi kalau bisa sih disebut dengan si penyerap polutan saja deh….lebih bermakna tentunya….Oh Sansivera………

23 Comments to "Sansivera Si Lidah Mertua"

  1. sumiyati rokhman  26 March, 2012 at 10:30

    aq jg py beberapa jenis sansivera……
    mksh infonya….

  2. winda  22 October, 2011 at 22:59

    kira2 pernah ada penelitian ga ya, oenggunaan sansivera untuk menagkal racun yang ada pada makanan. misal kandungan boraks, atau tawas yang suka dpakai untuk mengawetkan ikan oleh tukang ikan yang nakal (kepepet)?

  3. AldhiNow Tahalele  19 September, 2011 at 15:59

    kalau bleh dilengkapi dengan identitasnya juga, seperti kingdom, filum dan lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.