Membuat Kue Itu Mudah

Samantha Lie

 

Hai para pembaca Baltyra, senangnya aku dapat menulis lagi, sehingga dapat bertemu dengan kalian semua. Tulisanku kali ini mengenai tip-tips yang harus diperhatikan dalam membuat kue sehingga dapat memperkecil kegagalan yang biasa terjadi.

Banyak orang menganggap membuat kue itu sulit, sehingga banyak orang malas untuk mencoba atau memulainya. Begitu pula denganku, tapi itu sewaktu belum menikah.

Sekarang setelah berumah tangga apalagi setelah putrid-putriku lahir, aku semakin ingin selalu dapat membuat kue untuk mereka. Karena itu kadang-kadang aku menyesal , mengapa tidak dari dulu semasa remaja, sehingga aku lebih pengalaman dan mungkin bisa menjadi sumber mata-pencaharianku. Kalau sekarang tidak memungkinkan karena sudah terlanjur banyak tugas-tugas rumah tangga.

Dapat membuat kue sendiri untuk putra-putri kita sendiri adalah merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri, karena dengan begitu gizi dan kebersihanpun jadi lebih terjamin dan juga akan sangat menghemat pengeluaran rumah tangga, juga membiasakan anak-anak kita supaya tidak terbiasa jajan di luar.

Sebenarnya, membuat kue itu mudah dan pasti berhasil, asalkan kita benar-benar mengikuti resep untuk bahan-bahan yang diperlukan dan juga cara membuatnya dengan benar serta di dukung berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Biasanya hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat kue, adalah :

–          Bahan-bahan yang dibutuhkan harus sudah lengkap dan ditimbang sesuai dengan yang dibutuhkan (bahan-bahan harus masih dalam keadaan baik/ tidak rusak)

–          Peralatan juga sudah lengkap

–          Perhatikan cara membuatnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan pada saat membuatnya.

–          Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai kue matang  ?

–          Perhatikan juga berapa panas yang diperlukan pada saat dikukus ataupun dipanggang dalam oven?

–          Terakhir bagaimana cara penyajiannya, apakah dalam keadaan dingin/ panas dan juga cara menghias jika diperlukan.

Nah jika hal-hal yang di atas sudah diperhatikan semua, maka pasti akan berhasil, kecuali bila resepnya ada penulisan yang salah. Karena aku pernah mengalaminya, jadi kalau kita belum pernah sama sekali mencobanya, lebih baik tanya terlebih dahulu pada orang yang sudah pernah mencobanya dan tanyakan dengan detail  apalagi bagi pemula biasanya harus step by step jadi lebih jelas.

Tapi bila masih gagal, janganlah kita cepat putus asa/ menyerah, karena tanpa kegagalan kita tidak akan pernah tahu apa kesalahan yang kita buat jadi tetap bersemangat demi menyenangkan anak-anak dan juga suami kita…haha… SELAMAT MENCOBA….

Salam hangat selalu,

Samantha Lie

40 Comments to "Membuat Kue Itu Mudah"

  1. Djoko Paisan  20 March, 2011 at 03:11

    Lani Says:
    March 20th, 2011 at 02:21

    MAS DJ: wakakakak…….ada tambahan kata baru RAMBUT MONTOK…………wahahahhaha ediaaaaan mas!

    Yu Lani…
    Lha baca apa yang Dj. tulis…di omentar 28
    ( Rambut, orang juga katakan “rontok” dan bukan “montok” hahahahahaha….!!! )
    Hahahahahahaha….!!!

  2. Lani  20 March, 2011 at 02:21

    MAS DJ: wakakakak…….ada tambahan kata baru RAMBUT MONTOK…………wahahahhaha ediaaaaan mas!

  3. Djoko Paisan  20 March, 2011 at 01:16

    Hahahahahahaha…..
    Yang montok adalah rambutnya mas Anuuuu….!!!

  4. Lani  19 March, 2011 at 23:36

    HENNIE, KANG ANU, DA: wes…….rak nggenah iki…….mo bikin anu2………sama kang anu……..wah bablas……jg nganu-nganu…….asal adonannya gak salah nanti keluar tetep aja spt anuuuuuuuu halaaaaaaaah ngomong opo to iki?????? emank bener ya Hen perkara yg montok2 tanya dgn yg di MAINZ……………..wakakakak………

  5. anoew  19 March, 2011 at 23:12

    hahah.. Ayo, cepetan. Biarin lani mendengarkan desah suara kegiatan kita dari balik pintu..

    Jangan lupa buku resepnya, Wik.

  6. Dewi Aichi  19 March, 2011 at 23:01

    Anoew…yo ayo cepetan…lawange ditutup, mengko ndak Lani mlebu, njaluk…aku ra oman no, Lni mangane akeh je…sak pancine di pangan.

    Tak enteni yo Noew…paling enak nggawe kue bareng Anoew….eh bareng-bareng maksud e…

  7. anoew  19 March, 2011 at 23:00

    wah Hen, kalau tanya yg di Mainz aku yakin deh.. pasti larinya jadi ke yg bening-bening..

  8. anoew  19 March, 2011 at 22:58

    Wik, ayo kalau gitu bikin kue bareng. Buku resepnya yang bener, jangan pakai buku resep masak karangan eniero..

  9. HennieTriana Oberst  19 March, 2011 at 22:48

    hahaha..Anoew… kalo soal montok tanya aja di Mainz

  10. Dewi Aichi  19 March, 2011 at 22:48

    Anoew membuat kue itu mudah…ayo bikin kue sama aku….aku juga bisa kok…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.