Catatan dari Kona (9)

Lani – Kona, Hawaii

 

Catatan harian December 9, 2010

Cihuiiiiiiiiii…….pagi ini gak perlu bangun jam 4:00, karena ini hari liburku lari pagi (Senin-Kamis kayak orang puasa aja Senen-Kemis).

Hingga jam 7:30 masih klesetan (bermalasan) dibarengi ngulet-ngulet di tempat tidur, beberapa hari udara dingin di pagi hari hingga aku butuh selembar selimut tipis untuk menepis rasa dingin.

Karena sudah biasa bangun pagi-pagi, tubuh ini berontak minta untuk segera bangkit dari tempat tidur. Apalagi sang surya sinarnya mulai ngintip lewat celah kerei lantai dan menelusup masuk lewat jendela kamarku, jarum jam menunjukkan 8:05, aku segera bangkit dari peraduan hohoho bosone rek!

Pertama yang kulakukan bikin kopi, jadi gak klop dengan isi nyanyian kanak-kanak “bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi…..hehehe”

Sambil nunggu kopi siap, aku buka laptop ngon-line! Kunjungan pertama ke Baltyra, menurutku selama nggemblunk di wacana ini, kadang komentar-komentarnya malah lebih menarik dan mengalahkan artikelnya sendiri, sumprittttt! Aku merasa seperti berkelana menemui semua teman-temanku di sini, baik yang 100% jejeg-jeg (mmm, apa masih ada yak yang jejeg dan lurus-rus?) jawabannya ada di masing-masing person nya, diikuti dengan tingkatan setrip satu sampai emboh berapa (pause ngakak dulu……..), mereka dengan keunikan sendiri-sendiri, berbeda-beda, itu semua membuat semaraknya rumah kita, Baltyra.

Baltyra bak magnet! Itu kesanku, dan buatku Baltyra adalah obat sutris=stress! Entah buat member yang lainnya……silahkan berpendapat sendiri-sendiri……

Di rumah ini, aku bisa mesam-mesem, pringas-pringis tapi bukan gundul pringis lo ya……karena nyatanya aku tidak gundul hehehe, sampai ngakak-ngakak dari mulai gatel leherku, muncrat ludahku (kadang sampai harus membersihkan monitor laptopku), ngilerrrrrrr kebesssss, hujan air mata dan hampir kepuyuh-puyuh (pipis-pipis)……tak peduli itu pagi, siang, ato kadang bahkan malam …..hari. Moga-moga masih dalam tingkatan aman-aman saja dalam artian tetangga di sebelah, lantai atas, bawahku tidak call 911 hahaha karena merasa ke-brebeg-an………..!

Kadang saking gelinya……ngekel…. sampai gak tahan, daripada njungkel dari kursi sampai harus turun…..nglemprok di lantai, neruske ngakak-ngakak sampai ndeprok lemesssss…..hehehe dasar wong gemblunk!

Untung belum pernah ada yang ngonangi tingkah polahku yang bak kemasukan syeitan! Semuanya ini menunjukkan betapa kuatnya dampak menggauli Baltyra……..!

Jam 9:00 taking shower, running my errands, balik ke apartment telpon teman mengingatkan janji makan siang bersama jam 11:30 di restoran Bongo Ben’s boleh dikatakan ini salah satu restoran favorite ku, baik lokasi, jenis makanannya yang beraneka ragam.

Jam 10:30 aku ingat ingin mengunjungi temanku yang punya toko jewelry, mereka pasangan dari Argentina, yang wanita, suaminya hauli=buleleng, karena sudah lama gak chat sama mereka, kebetulan lokasi toko mereka tidak jauh dengan Bongo Ben’s, jadi satu dua pulau dicandak…….

Yang ada di toko hanya temanku cewe dengan anjingnya entah jenis apa, kecil mungil, rambutnya panjang, lucu sekali. Kami asyik ngobrol, kemudian tetangga toko cewe asal Vietnam mampir, aku pernah kenalan, jadi gabung ngobrol. Kasihan cewe ini ada problem dengan telinganya infeksi akut sampai ke bagian paling dalam telinga, dokter memvonis harus segera dioperasi, dengan kemungkinan kehilangan pendengaran sampai 70%, kalau tidak dioperasi infeksinya akan menjalar ke otak, dan bisa menyebabkan kematian! Lebih mengharukan dia tidak punya sanak saudara di Hawaii, tinggal bersama pacarnya buleleng serta tidak punya asuransi kesehatan!

Ketika cewe Vietnam ini ke dokter dikatakan biayanya untuk operasi dan segala macam 25 ribu USD!

Jelas selain shock, dia juga tidak punya duit dalam jumlah itu, tiada pilihan lain, harus balik ke Vietnam dan dioperasi di Vietnam yang menurutnya hanya butuh $ 1,000 saja, itulah pilihan terbaik, karena total semuanya masih lebih murah dikerjakan di Vietnam, bonusnya selama operasi, setelahnya, ada yang merawat karena semua family ada di Vietnam…….

Sebelum pisah aku mengatakan: good luck to you…..wish you the very best and see you again whenever you comeback from Vietnam!

Setelah itu aku pamit langsung menuju ke Bongo Ben’s, temanku sudah menunggu di depan. Temanku ini, sebut saja “A” masih muda usianya sekitar 25, akan tetapi dia sudah keliling dunia karena dia sekolah di university of nation (youth of mission), di tempat ini pelajarnya berdatangan dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia, lokasinya di Kona.

Aku pernah diundang ke kampus nya ketika mereka mengadakan perlehatan, memang hebat! Sangat luas tempatnya, ada bangunan apt untuk tempat tinggal para pelajar.

Jadi tempat ini memberikan service tempat belajar, tempat tinggal dan makan selama menjalani pendidikan, pernah kutanya pelajar dari Indonesia berapa biayanya? Untuk 2 bulan komplit $ 2,000.

Setelah lulus mereka dikirim untuk menyebarkan, mengenalkan, memuji nama Tuhan di tempat yang mereka tuju, tidak hanya di negara-negara penganut Kristen saja akan tetapi di negara yang berbeda agama dan kepercayaannya, mereka mengelana dengan group sesama pelajar dari univ. ini

Yang sangat menarik adalah cara mereka mengumpulkan dananya, berdasarkan dari donasi, dan kerelaan siapa saja, dan hasil tiap kali mereka mengadakan kebaktian.

Balik ke  soal makan siang, setelah kami duduk, disodorkan buku menu, sambil memilih kami ngobrol, aku tanya: setelah ini ke mana lagi missionmu? A : aku akan meninggalkan Kona hari Senin ini pulang ke South Dakota, kumpul dengan keluarga merayakan X-mas, akan tetapi sebelum sampai kerumah, aku akan mampir-mampir ke Idaho menghadiri pesta pernikahan teman, kemudian menjalankan outreach di beberapa state (aku lupa state mana aja hehehe…..).

Aku tanya, kapan balik ke Kona? A: sometime almost the very end of the year of 2011

Aku jawab: oh, well! We do know our email and on top of that we can contact by calling because we had the same carrier, so no problem…..she is agree with me.

Aku mengenal banyak student dari univ. of nation mereka pada dasarnya baik, curious, buatku mereka menularkan semangat kemudaan mereka, full of energy!

Aku pesan grilled chicken sandwich with teriyaki sauce side dish include salad dengan sesame dressing, A pesan club bacon chicken sandwich, side dish nya French fries. Aku bayarin A, total kerusakan $ 16.46 aku bulatkan jadi $ 20 plus tip pelayan! Perut kenyang, dan makanan patut dipoejiken enak!

Selesai makan siang, aku minta tolong A untuk antar ke Office Max karena aku butuh wireless mouse+mouse pad, dari sana aku minta di-drop di Walmart dan A bisa pulang.

Siang ini sangat cerah, tapi tidak begitu menyengat! Tujuanku mampir Walmart (toko chain yang besar di Amerika yang menujual barang made in china hampir 90%nya, 10% dari negara lain dan dari Hawaii sendiri),  untuk beli tooth brush holder, pilihannya bermacam ragam dari yang paling murah $ 2.18 sampai yang $ 30.00, aku ambil yang paling murah yang penting do the job!

Keluar dari Walmart aku masih mampir ke Natural food store, beli tempe, dan pesan deodorant no fragrance dan natural karena bahan dasarnya dari salt water. Kemudian dilanjut ke kilinik gigi, karena aku melihat iklan di klinik gigi yang berbeda mereka menawarkan teeth whitening dengan harga discount khusus menyambut Natal, harga normal $ 450, saat ini $ 199, akan tetapi untuk bisa mendapatkan harga korting aku harus jadi member mereka, jelas aku emoh! Oleh karenanya aku menyampaikan hal ini ke klinik gigi langgananku, kalau bisa match the price.

Managernya menemui dokter gigiku, dan dokter Thomas setuju, match the price horaaaaaaay!

Happy……..happy…..

Aku langsung bikin appointment, January the 20th, pada hari itu pas hari cleaning gigi, setelah itu menjalani teeth whitening! Disusul keesokan harinya tanggal 21 aku harus nemuin dokter specialist implant untuk check apakah gigi healed normally, kalau semua dinyatakan ok, dari sana aku harus bikin janji lagi untuk pasang implant……aku butuh waktu 6 bulan, ngumpulin duit dulu heheheh….karena tidak murah.

Moga-moga biaya terkumpul dalam tempo 6 bulan, jadi rencanaku terkabul.

Aku masih punya rencana-rencana lainnya…..nanti akan menjadi bagian dari buku harianku selanjutnya….aku ingin hidupku selalu penuh warna, bak pelangi…….aku ingin selalu aktif, moving forward with my journey entah Tuhan menitahkan kemana nantinya, manut, nurut, dan semoga ora ngglewang ke yang negative…….

Sambung di lain hari……..

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

82 Comments to "Catatan dari Kona (9)"

  1. Lani  1 April, 2011 at 12:31

    WAHYU : arep melu nang endi???? hayuuuuuuuuk…….ketinggalan tuh sdh ada artikelku yg baru……FAKE

  2. R. Wahyu  1 April, 2011 at 12:18

    ikuuuuut mbaaak…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *