Hamburger

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo Baltyraer yang berbahagia…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Setelah cerita tentang topi, sekarang oret-oretan tentang makanan lagi…. belum bosan kan…???

Kalau baca judulnya ” HAMBURGER ”  bukan berarti orang dari Hamburg ya…Walau orang yang tinggal di kota Hamburg, juga dipanggil sebagai Hamburger…..Seperti yang tinggal di Mainz, juga dipanggil Mainzer…. taüi orang mainz sendiri menyebut dirinya sebagai meenzer…!!!Sedangkan yang di Berlin adalah Berliner….hahahahaha…!!!

Dj. hanya ingin cerita tentang makanan yang kita namakan “Hamburger” yang dijual di Mc. Donald atau Burger Kings atau entah dimana lagi, banyak yang jual hamburger dengan bermacam variasi…

Lho kok Dj. mau cerita tentang hamburger, emang apa anehnya, di mana-mana juga ada dan murah dibeli. Yu Lani juga bilang, apa yang aneh…??? Tinggal ambil roti dan isi ini itu, sudah siap…hahahahaha…!!

Benar sekali, ini karena David sudah seminggu liburan ke Slovakia bersama maminya, menengok Oomnya yang menikah di sana. Nah terus…??? Apa hubungannya dengan hamburger…???

Biasanya kalau David ada di Mainz, kami hampir setiap minggu satu kali, ngajak dia makan dan main di sana, baik itu di Mc. Donald, atau di Burger Kings…Karena tidak ada David, maka Dj. bicara ke Susi, kita bikin saja hamburger sendiri di rumah, kan Daniel juga pulang, jadi anak-anak bisa ngumpul di rumah.

Setelah telpon kiri-kanan dan semua setuju, maka kami mulai belanja apa saja yang dibutuhkan untuk bikin hamburger…. Bikin hamburger sangat mudah dan murah meriah….!!!

Nah beli daging cincang (campuran, daging sapi dan B2), agar tidak terlalu keras, yang jelas bisa lembut…Karena kalau daging sapi tok, akan sedikit keras jadinya, jelas dagingnya juga harus dibumbui, sesuka hati deh….

Nah ini si Dewi punya resep, Dj. sudah tanya dan dia bilang, hanya bawang merah dan putih (bubuk), garam dan merica. Dan setelah diaduk, maka didiamkan sekitar satu jam di kulkaas, sebelum dibakar atau digoreng.

Dibentuk bundar dan tipis…

Jelas..sebelumnya kami siapkan sayuran, seperti tomat yang di iris-iris.

Timun asem (Sauere Gurke)

Salat… (Feldsalat) lebih segar daripada normal salat.

Bawang bombay, juga diiris / dipotong tipis…

Bila sayuran semuanya siap, maka mulailah daging dibakar atau digoreng dengan sangat sedikit margarine.

Maka sekarang, roti hamburgernya bisa dipanggang diatas Toast atau di oven. Tidak lupa saus untuk BBQ atau Tomato Kechup…

Daging sudah siap…???

Kami masing-masing menyiapkan untuk diri sendiri…Roti bagian bawah dengan salat Creame dan bukan mayonaise lho ya….

Kemudian daun salat dan daging yang sudah mateng di atasnya…..

Kemudian tomat dan timun asem…

Jangan lupa irisan bawang bombay dan separoh dari roti, diolesi dengan BBQ saus…

Nah…sekarang sudah bisa disantap….

Menggiurkan bukan….??? Walau hanya satu lempengan saja dagingnya…Tapi untuk permulaan cukup, nanti bisa bikin lagi, kalau enak….hahahahaha….!!! Nah…punya Susi dan anak-anak juga sudah siap, mari berdoa dulu ya…. kita ucapkan syukur atas Berkat TUHAN…

Mata dipejamkan, jangan nglirik hamburgernya…. selesai  kata AMIN…!!! Baru deh…S E R B U U U U U…..!!!!! hahahahahaha….!!!

Hhhhhmmmmm…mantaaaaab…!!! Walau mulut sedikit blepotan…  Apalagi kalau ditambah dengan sambel bajak….hhhhmmmm…!!! Hahahahahahaha….!!!

Bagaimana mbak DA…Yu Lani… bu GuCan.. Peony… Mawar…mbakyu NU2K… dan yang lainnya….enak bukan…???

Okay, untuk yu Lani dan yang tidak makan daging B2 ya bisa diganti dengan daging sapi saja, mudah kan…???

Ayo bikin lagi dan biar puas makannya, jangan mikir diet…besok baru diet…hahahahahaha….!!! Kami hanya berempat dan Daniel beli 16 roti hamburgernya….Kalau kurang, Dj. akan kembali beli lagi, jangan kuatir….

Nah ini nambahnya dengan dua daging, jadi agak tebal….

Jangan takut, bisa dari atas ditekan dengan telapak tangan, agar sedikit menipis…hahahaha…!!!

Di sini…sebenarnya masih ada yang kurang….

Bila ada bawang merah dan bawang putih goreng, akan lebih mantaaaab lagi….Maksudnya, tumpukan paling atas dan bawah, ditaburi bawang goreng…..hahahahahaha….!!!

Ini Dj. belah dua, agar kelihatan isinya yang menggiurkan….Roti dan juga dagingnya sangat lunak, Hhhhhmmmm….!!!! Dimas Josh Chen, perlu dibikinkan berapa…??? Atau mau bikin sendiri…??? Silahkan…. Hahahahahahaha….!!!

Sudah makan dua hamburger, Daniel baru ingat, lupa kejunya….hahahahaha…!!! Dia bikin lagi satu dengan keju, tapi tipis saja…

Setelah itu, dia tekan pulak… (pinjam kata-kata si Nichan…. kemana itu anak ya….???) Siapa tau dia cium bau hamburger dan mau nongol….hahahahahahaha….!!!!

Okay…setelah puas dengan makan Hamburger…. (walau kata orang, kurang sehat…???). Yang jelas enak….!!! Besok kan lari lagi, jadi masih seimbang….!!! Untuk dessertnya, Kata Susi…Dj. boleh milih, makan pudding coklat, es grim coklat dengan Bailey, atau jeruk coklat…Uuuupssss sorry….!!! , tidak ada jeruk coklat ya….hahahahaha…!!! Hanya ada jeruk besar (orangen)

Tapi jangan bilang di depan orang Indonesia ” Orangen Juice “, nanti dipikir bikin juice dari orang…hahahaha…!!!

Baiklah, Dj. memilih pudding coklat dan setelah itu es grims dengan sedikit Bailey …hhhhmmmm….!!!

O…mas Iwan tidak suka Bailey ya…maaf ya mas, nanti Dj. bikinkan STMJ (Susu, Telur, Madu, Jahe)….hahahahaha…!!! Boleh..boleh…mas Iwan boleh merokok, asal diluar (di Balkonia)

Sudahan ah…nanti kepanjangan, bisa didukani bu GuCan, distrap di depan kelas…Atau disuruh mijetin…..hahahahahaha….!!!

Terimakasih pengasuh BalTyRa dan anda semuanya yang selalu memberi perhatian untuk oret-oretan Dj. Terutama anda yang menantikan mencungulnya oret-oretan Dj… TARARENGKYUUUUU….!!!

Maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan ya….

Sampai bertemu kembali dioret-oretan yang akan datang….!!! Semoga Kasih dan Berkat TUHAN menyertai kita semuanya, sampai Maranatha TUHAN  DATANG….!!!

 

Salam manis dari Mainz….!!!

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

165 Comments to "Hamburger"

  1. Djoko Paisan  3 April, 2011 at 22:22

    Bung Bamby….
    Terimakasih…. sudah mampir..
    Yang jelas, kalau biki sendiri, tau apa yang kita mau makan, menurut selera masing-masing…
    Mau banyak, mau sedikit ya silahkan….
    Salam Sejahtera dari Mainz…

  2. Bamby Cahyadi  3 April, 2011 at 22:17

    Wah… jadi lapar. Kayaknya kalah tuh bigmac mcd dan whopper burger king hahaha

  3. Djoko Paisan  28 March, 2011 at 11:00

    Hallo Kinda…
    Selamat Pagi dari Mainz…
    Ya baguslah, kalau di Bandung ada sumber hidangan yang jual kesukaan Linda.
    Tapi Dj. rasa akan lebih uenak, kalau bikin sendiri, tau apa saja yang ada didalan burger tsb, menurut selera Linda.
    O ya, soal Balley, okay, jangan khawatir, disiapkan 1 botol…
    Salam manis dari Mainz….

  4. Linda Cheang  28 March, 2011 at 08:55

    aduh, satu lagi kelupaan : Oom Dj kasih aku Bailey sebotol utuh dan es krim Bailey semangkuk penuh!

  5. Linda Cheang  28 March, 2011 at 08:48

    Oom Dj : lali aku! Ternyata di Bandung sini ada Het Snoep Huis (Sumber Hidangan) yang bisa sajikan Hamburger daging B2 sesuai pesanan, hehehe. Jadi, nggak usah mahal di ongkos, cuma perlu rogoh kocek sedikit lebih dalam….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *