Catatan dari Kona (10)

Lani – Kona, Hawaii

 

10 December 2010

Seperti biasanya pagi ini menunaikan tugas pertama lari, dalam perjalanan pulang ketemu teman, baru enaknya ngobrol mak-bresssssss…….hujan turun!

Sempat melihat air laut meninggi, gelombang berkecipak menghantam pembatas, airnya muncrat meluber sampai ke jalanan.

Untung sudah dekat dari apartment, itung-itung mandi sebelum mandi beneran hahahahaa…

Sehari sebelumnya menurut ramalan cuaca, hari ini bakal hujan badai. Ternyata memang benar adanya, start jam 6 pagi hingga jam 6 sore hujan tanpa henti, acara jadi bubrah semuanya, kuingin ke farmers market belanja, batal.

Seharian manyun memandangi air hujan bak diguyur dari langit, langit gelap, air laut yang biasanya nampak indah kebiruan, jadi abu-abu, udara jadi ikut-ikutan dingin, biasanya pintu selalu kubuka lebar-lebar, tidak hari ini, semua kututup selain untuk mencegah air nyiprat dan masuk dari celah pintu kasa, juga angin semribit menggigit sampai ke tulang sumsum.

Temperature yang biasanya berkisar 70-80F, hari ini anjlog berkisar 55-60F, menggigil rasanya…….

Acara hari ini gagal semuanya, ndekem saja di dalam apartment, sambil mendengarkan jazz dari internet radio, balas email, baca Baltyra dan chatting heheheh……..

 

11 December 2010

Sambil lari pagi…….mengingat-ingat untuk bawa camera ke tempat kerja, karena jam 5 sore ada X-mas parade.

Karena banyak yang harus disiapkan untuk dibawa ke tempat kerja, kelupaan bawa camera! Sial neh..

Nampaknya pak, sodara, bang, mas, untung masih seneng berdekapan dengan diriku, my employer yang juga temanku, bawa camera.

Aku ceritakan aku lupa bawa camera, batal tidak bisa nulis artikel. Dia mengatakan: no, problem……I brought mine. I will take pictures and you can download from my chip.

Sejak jam 4 sore penonton sudah berdatangan, ada yang menggelar selimut di trotoir, ada yang membawa kursi masing-masing, atau berdiri tak kurang penonton yang selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Jalanan ditutup, suasana jadi hiruk pikuk, ramai sekali. Pawai baru dimulai jam 5:15 sore. Karena aku harus kerja, jadi hanya bisa melihat sambil berdiri, didepan toko sambil kadang melayani pembeli.

Peserta pawai mulai dari anak-anak sekolah, gereja, perwakilan dari pebisnis seluruh Kona, veteran perang, beberapa rumah sakit, pemadam kebakaran, humane society, drum band dari Kona, kontraktor bangunan, tak ketinggalan dari lembaga pemerintahan, miss Kona coffee 2010, miss Hawaii 2010, perkumpulan masyarakat jepang, Tonga, Filipin.

Aku sempat melihat rombongan wakil dari gereja Katolik St. Michael, Kona. Diwakili oleh romo John asal dari Colombia, melambaikan tangan kearah penonton sambil tertawa renyah, aku langsung menghambur menyapa dan memeluknya……

Sambil melayangkan lambaian tangan ke teman-temanku di atas anjungan mobil hias.

Pawai selesai jam 6:15 sore. Aku langsung pulang, karena toko tutup jam 6:00 sore.

 

12 December 2010

Pagi ini kusengaja tidak lari, entah mengapa tumit kakiku sebelah kiri merasa agak sakit, lebih baik istirahat daripada dipaksakan lari, aku kuatir tambah memburuk.

Jadilah kerja dengan tumit ditambal selembar koyo Jepang, yang panasnya menggigit bak Lombok habanero…… anjriiiiiiiit!

Sesampai di toko, baru selesai buka teman sebelah toko menghampiri sambil memeluk ketat, dia cewe Hawaii, muda belia 18 tahun, tapi gendutnya alamakkkkkkk! Tobatttttttt wes! Orangnya memang terkenal ramah, tapi dia giat sekali bekerja, saat ini dia bekerja didua tempat, bahkan masih ada pekerjaan ketiga part time olala……..

Namanya “N” nawari: would you like some coffee? Cookies? Karena dia kerja di coffee shop…….

Aku jawab: well, thanks anyway…. maybe later not now…….I’ve to finished to open the store first.

Heran juga pagi-pagi toko baru saja buka, customer sudah berdatangan kebanyakan turis dari berbagai tempat di Canada…..

Mereka adalah snow bird, ngungsi ke Hawaii karena di tempat mereka dingin, bersalju sampai minus sekian derajat C……

Alasan lainnya, karena dollar America merosot, bagi mereka satu keuntungan untuk berlibur ke Hawaii…..never ending sun!

Pebisnis ikut kecipratan duit mereka, hehehe……aku ikut senang!

Tak lama my employer datang, menyerahkan chip foto hasil dari X-mas parade kemarin.

Aku bawa laptop, langsung foto aku download, re-size dan kukirimkan ke Baltyra. Termasuk foto my employer, karena foto ini bukan hasil karyaku sendiri.

Nampaknya bung untung masih suka berdekatan dengan diriku, aku mendapatkan sambungan wireless internet. Jadi bisa check email kalau toko lagi sepi, mmm bonus!

Hari ini ada street fair, yang diadakan tiap hari Minggu, sebulan sekali. Jalanan ditutup, dipasang tenda, untuk jualan berbagai macam mulai dari makanan, pernak-pernik, nick-nack, jewelry, sabun dan berbagai macam aroma (parfum, body lotion), lukisan, live music didua tempat, tak ketinggalan tukang pijet, dan pertunjukkan hula dance gratis!

Jalanan ditutup dari jam 1:00-6:00 sore. Kalau sudah begini, toko jadi sepi/mati total. Karena turis jadi mengalihkan perhatian mereka kejalanan.

Akan tetapi hari ini masih dibilang menguntungkan untuk toko di tempat aku kerja, karena walau sepi masih ada pembeli, mereka membeli untuk kado Natal.

Hari ini sempat ngobrol dengan turis asal Munich dan turis asal Norway. Mereka baru pertama kali datang ke Hawaii, mereka menyewa condo selama 2 bulan.

Mereka mengatakan saya lucky, karena tidak pernah kedinginan, karena saat ini di negeri mereka salju sedang turun dengan tebalnya. Turis cowo dari Norway mengatakan: I bet you will be depressed if you live in Norway this time of the year. No sun at all maybe only an hour a day…….

Aku jawab sambil ngakak: no way! I can’t live in that kind of winter, very cold and in months!

Hari ini cuaca menyenangkan matahari cerah akan tetapi tidak panas menggigit, sangat pas di badan.

Toko tutup jam 6:00 aku pulang jalanan masih ramai, karena orang masih sibuk menurunkan tenda-tenda mereka dan mengepak barang dagangannya.

 

Sampai catatan selanjutnya…..

 

 


61 Comments to "Catatan dari Kona (10)"

  1. Lani  29 March, 2011 at 12:34

    WAHYU : mahalo udah mampir……yg memfoto??????? sapa lagi klu bukan aki buto kita wakakakak……..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.