Brezel

HennieTriana Oberst – Jerman


Paling repot mencari makanan yang diinginkan kalau sedang tidak berada di satu kota atau negara yang biasanya menyediakan makanan tersebut. Sudah seminggu berada di Shanghai, dan putriku, Chiara tiba-tiba kangen dengan snack kesukaannya (mungkin juga kesukaan anak-anak lain).

Brezel begitu sebutannya di Jerman. Roti ini banyak di kenal di daerah Jerman bagian Selatan, hampir bisa dipastikan setiap toko roti (Baekerei) pasti menjual si Brezel yang bentuknya khas tersebut. Ada beberapa jenis Brezel yang ditawarkan, tetapi yang paling banyak tersedia dan mungkin memang yang paling banyak digemari adalah jenis yang asin (di bagian atasnya ada taburan butiran garam kasar).

(foto) Jenis Brezel yang paling banyak dijual

Aku sudah hampir menyerah mencari di mana ada penjual Brezel, ketika secara kebetulan kami melintas di depan satu restoran Jerman ada di tengah-tengah pusat jajanan. Sebenarnya aku lagi nggak pingin masakan Jerman, tapi mengobati kejenuhan suami yang sudah hampir sebulan ini melahap berbagai jenis masakan setempat. Dan ternyata di restoran tersebut tersedia Brezel. Chiara akhirnya senang dan melahap Brezelnya dengan olesan mentega.

(foto) Beberapa variasi lain dari Brezel.

 

Terima kasih redaksi dan sahabat Baltyra.

Salam hangat dari Shanghai. Cerita dan foto jalan-jalannya menyusul.

 

ilustrasi Wikipedia

62 Comments to "Brezel"

  1. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 21:27

    KORNELYA, terima kasih hehehe… Ntar salamnya aku sampaikan ke Summer Palace ya, masih belum sempat jalan-jalan ke sana

  2. Kornelya  28 March, 2011 at 20:30

    Disini banyak bakery bahkan disupermarket menjual Brezel, tetapi hanya dibakery tertentu yang Brezelnya empuk, tidak legit. Selamat berlibur, salamku untuk Summer Palace. Hahaha.

  3. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 17:17

    TAMMY, iya kalau lihat tong dan bak jualannya emang agak gimana gitu hehehe…
    Makanya kalaupun beli hanya 1 aja. Paling enak kalau makan a la BBQ pasti tersedia sweet potato ini.

  4. Tammy  28 March, 2011 at 17:09

    Hennie: aku n suami juga suka makan sweet potato bakar itu, tp jarang beli. soalnya sama temanku pernah bilang kalo tong2 yg biasanya buat membakar/jualan itu bekas tong bahan kimia. gak tau bener apa gak.

  5. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 17:02

    TAMMY, iya bener banget. Mungkin kira-kira gitu ya perbandingannya. Aku juga pasti kalau lihat tukang gorengan seperti di Indonesia kalau sedang berada di luar Indonesia pastilah excited banget. Bisa-bisa diborong sampe si tukang dagangnya juga kalau bisa hehehe..
    Terima kasih sudah mampir.

  6. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 16:58

    PAMS, belinya jangan yang udah lama..pastilah alot.

  7. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 16:56

    ANOEW, wah aku belum pernah denger nama Unting-Unting Gepuk.
    Bukan yang bentuknya seperti rambut kepang itu ya, yang rasanya agak keras-keras gitu?
    Terima kasih ya.

  8. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 16:52

    LANI, hahaha…pingin lihat deh aku gigi keriting, gimana bentuknya? Keritingnya nggak sampe kribo kan?
    Aku kalau beli Brezel biasanya cukup 1 aja, cuma buat Chiara, karena aku juga nggak terlalu suka kecuali kalau masih panas atau hangat, empuk dan harum. Tapi heran banget anak-anak di Jerman kok suka banget Brezel. Tiap hari kalau diamati di Kindergarten pasti ada anak yang bekalnya Brezel hehehe.
    Mahalo, Lani (ikut-ikutan bahasanya hehehe).

  9. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 16:47

    Mas HAND, saya jadi ikut mengamati…. Bener juga ya seperti ular phyton hehehe.

  10. HennieTriana Oberst  28 March, 2011 at 16:46

    MAWAR, terima kasih banyak. Iya akan dinikmati jalan-jalan singkat di Beijing ini.
    Sempat dua hari nggak enak badan, jadi banyakan istirahat dan jalan-jalan yang deket aja.
    Anak kecil seumuran Chiara gini memang rada-rada sulit, kadang nyari yang nggak ada…hehehe..
    Salam buat keluarga di rumah ya.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.