Brezel

HennieTriana Oberst – Jerman


Paling repot mencari makanan yang diinginkan kalau sedang tidak berada di satu kota atau negara yang biasanya menyediakan makanan tersebut. Sudah seminggu berada di Shanghai, dan putriku, Chiara tiba-tiba kangen dengan snack kesukaannya (mungkin juga kesukaan anak-anak lain).

Brezel begitu sebutannya di Jerman. Roti ini banyak di kenal di daerah Jerman bagian Selatan, hampir bisa dipastikan setiap toko roti (Baekerei) pasti menjual si Brezel yang bentuknya khas tersebut. Ada beberapa jenis Brezel yang ditawarkan, tetapi yang paling banyak tersedia dan mungkin memang yang paling banyak digemari adalah jenis yang asin (di bagian atasnya ada taburan butiran garam kasar).

(foto) Jenis Brezel yang paling banyak dijual

Aku sudah hampir menyerah mencari di mana ada penjual Brezel, ketika secara kebetulan kami melintas di depan satu restoran Jerman ada di tengah-tengah pusat jajanan. Sebenarnya aku lagi nggak pingin masakan Jerman, tapi mengobati kejenuhan suami yang sudah hampir sebulan ini melahap berbagai jenis masakan setempat. Dan ternyata di restoran tersebut tersedia Brezel. Chiara akhirnya senang dan melahap Brezelnya dengan olesan mentega.

(foto) Beberapa variasi lain dari Brezel.

 

Terima kasih redaksi dan sahabat Baltyra.

Salam hangat dari Shanghai. Cerita dan foto jalan-jalannya menyusul.

 

ilustrasi Wikipedia

62 Comments to "Brezel"

  1. HennieTriana Oberst  29 March, 2011 at 21:22

    SIERLI, rasanya biasa aja menurutku. Nggak istimewa sama sekali, cuma herannya Brezel ini jajanan yang digemari anak-anak. Mungkin karena bentuk dan juga rasanya yang nggak biasa aja. Sayangnya aku nggak bisa kirim testernya nih hehehe..
    Terima kasih ya sudah mampir.

  2. Sierli  29 March, 2011 at 15:51

    Hennie, jadi penasaran rasanya seperti apa yah brezel itu..???ngarep.com..hahahaa..

  3. HennieTriana Oberst  29 March, 2011 at 14:09

    DA, aku juga kalo ke Indonesia sarapan harus yang sesuai dengan kebiasaan di sana. Rugi banget makan roti. Kalo bisa makan nasi Uduk, lontong sayur, lupis, cenit dan teman2nya.
    Jadi kangen nih ama makanan ini.

  4. HennieTriana Oberst  29 March, 2011 at 14:02

    hahaha mas DJ. mengumpamakannya seperti mulut orang Afrika… Maksudnya bibirnya tebal sensual gitu ya

  5. HennieTriana Oberst  29 March, 2011 at 14:00

    ANOEW, biasanya Brezel nggak keras, kecuali yang udah produk kemaren heheeh…

  6. HennieTriana Oberst  29 March, 2011 at 13:59

    Wah IMEII bagi-bagi Brezel… asik nih… Thank you.

  7. Dewi Aichi  29 March, 2011 at 07:17

    Hennie…wah…bangsa begituan nih ..kayak makanan raksasa kalau di Brasil, buanyaaaakkkk…banget, kelihatan lezat lezat….perutku sudah mulai enggan makan pagi dengan nasi, bukan karena roti, tapi karena malas masak nasi. Kalau di Indonesia, paling enak pagi2 sarapan nasi anget, sambel trasi, tempe goreng hmmmm…..lalap daun singkong rebus…..

  8. Djoko Paisan  28 March, 2011 at 22:49

    Mas Anuuuu….
    Lihat photo pertama sebelah kiri, kalau photo ke 2 sebelah kanan, itu aslinya brezel…..
    Yang ada belekannya, seperti mulutnya oreng afrika….

  9. anoew  28 March, 2011 at 22:41

    iya Hen bener, bentuknya mlungker2 kayak uler. Keras pulak.

  10. Imeii  28 March, 2011 at 21:40

    Hen… aku juga ngga doyan2 banget, tapi suamiku doyan, suka icip2 aja, dan biasanya suka beli yg Auntie Anne di mall2

    mau pretzel? silahkan ambil sendiri

    http://www.auntieannes.com/Products/Pretzels.aspx

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.