Resep Putu Ayu

Samantha Lie

 

Hai para pembaca setia Baltyra, kali ini Samantha ingin berbagi resep kue putu ayu. Selain membuatnya mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat murah dan keluarga pasti suka, terutama anak-anak sambil ngobrol dan ditemani minum teh hangat….

Terima kasih buat redaksi Baltyra yang sudah menampilkannya…..

Cetakan Putu Ayu :

Resep Putu Ayu

Bahan :

Telur ayam 1 butir
Gula pasir 135 gr
Ovalet ½ sdt
Tepung terigu protein rendah/ sedang 150 gr
Santan 125 ml
Kelapa parut 50 – 100 gr (dikukus terlebih dulu supaya lebih tahan lama dan diberi garam secukupnya supaya gurih  dan ditambah daun pandan secukupnya supaya wangi)
Pewarna secukupnya (warna sesuai selera hijau, coklat, merah)
Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat :

. Kocok telur, gula dan ovalet hingga mengembang dan kaku.

. Masukkan tepung terigu dan tuankan santan sedikit demi sedikit, lalu aduk rata.

. Bagi adonan menjadi 2 atau 3 bagian untuk diberi pewarna, lalu aduk rata.

. Masukkan parutan kelapa yg sudah dikukus ke dalam cetakan putu ayu yang sudah bersemir minyak goreng, lalu dipadatkan (supaya putu ayu tidak lengket setelah matang).

. Setelah itu tuang adonan di atas parutan kelapa (boleh dicampur jadi 3 warna, 2 warna/ 1 warna) sesuai selera dengan cara selang seling / diaduk dengan tusuk gigi (jadi seperti marble).

. Terakhir kukus hingga matang (selama 15 menit). Angkat keluarkan dari cetakan. Sajikan….

Tips :

Untuk panci pengukusnya sebaiknya di didihkan terlebih dulu dengan api besar, setelah mendidih baru masukkan cetakan yg sdh berisi adonan ke dalam panci dan api dikecilkan menjadi sedang. Sebaiknya tutup panci dilapisi serbet, menjaga supaya uap air tidak menetes ke adonan, karena akan mempengaruhi pengembangannya, kecuali tutup panci kerucut. Setelah adonan matang dan dikeluarkan dari cetakan, cetakan bisa dipakai lagi dan diolesi minyak kembali (bila cetakan tidak mencukupi)

 

Selamat mencoba, semoga berhasil !!!!

 

Salam manis,

Samantha Lie

34 Comments to "Resep Putu Ayu"

  1. Samantha Lie  10 April, 2011 at 10:04

    Tks bt Endang uda mampir….

    Bt Mawar tks ya bt tipsnya sbg pengganti SP…..

    Bt Lani… klo mudah kremi an …ha..ha… minum obat penangkalnya aja 6 bln sekali…… pasti hilang deh…
    tp klo utk kelapa parutnya kan udah dikukus jg pasti bakteri2 nya sdh mati…

  2. Mawar09  10 April, 2011 at 02:44

    Kalau kehabisan stock SP, suka aku ganti dengan baking powder + baking soda, kue putu ayu nya mengembang juga lho dan empuk. Biasanya cuma pakai pandan pasta, jadi warnanya hijau dan putih(kelapa parut). Salam masak !

  3. endang_batubara  6 April, 2011 at 15:09

    ijin copas yah, mau tak cobain…hehe…thansk…

  4. Lani  2 April, 2011 at 07:53

    DA hahaha…la nek yg dimakan PARUTE iso dedel duwel tuh mulut ndowerrrrrrr………kayak milik salah satu penyanyi cadas…….Mick Jagger……….

    BUTO………klu gitu kamu pesan petisku…….dan roti ku……….yg gak pakai bahan kimia ini asli………dr kelek dan pendudukanku hahahaha………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.