Resep Putu Ayu

Samantha Lie

 

Hai para pembaca setia Baltyra, kali ini Samantha ingin berbagi resep kue putu ayu. Selain membuatnya mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat murah dan keluarga pasti suka, terutama anak-anak sambil ngobrol dan ditemani minum teh hangat….

Terima kasih buat redaksi Baltyra yang sudah menampilkannya…..

Cetakan Putu Ayu :

Resep Putu Ayu

Bahan :

Telur ayam 1 butir
Gula pasir 135 gr
Ovalet ½ sdt
Tepung terigu protein rendah/ sedang 150 gr
Santan 125 ml
Kelapa parut 50 – 100 gr (dikukus terlebih dulu supaya lebih tahan lama dan diberi garam secukupnya supaya gurih  dan ditambah daun pandan secukupnya supaya wangi)
Pewarna secukupnya (warna sesuai selera hijau, coklat, merah)
Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat :

. Kocok telur, gula dan ovalet hingga mengembang dan kaku.

. Masukkan tepung terigu dan tuankan santan sedikit demi sedikit, lalu aduk rata.

. Bagi adonan menjadi 2 atau 3 bagian untuk diberi pewarna, lalu aduk rata.

. Masukkan parutan kelapa yg sudah dikukus ke dalam cetakan putu ayu yang sudah bersemir minyak goreng, lalu dipadatkan (supaya putu ayu tidak lengket setelah matang).

. Setelah itu tuang adonan di atas parutan kelapa (boleh dicampur jadi 3 warna, 2 warna/ 1 warna) sesuai selera dengan cara selang seling / diaduk dengan tusuk gigi (jadi seperti marble).

. Terakhir kukus hingga matang (selama 15 menit). Angkat keluarkan dari cetakan. Sajikan….

Tips :

Untuk panci pengukusnya sebaiknya di didihkan terlebih dulu dengan api besar, setelah mendidih baru masukkan cetakan yg sdh berisi adonan ke dalam panci dan api dikecilkan menjadi sedang. Sebaiknya tutup panci dilapisi serbet, menjaga supaya uap air tidak menetes ke adonan, karena akan mempengaruhi pengembangannya, kecuali tutup panci kerucut. Setelah adonan matang dan dikeluarkan dari cetakan, cetakan bisa dipakai lagi dan diolesi minyak kembali (bila cetakan tidak mencukupi)

 

Selamat mencoba, semoga berhasil !!!!

 

Salam manis,

Samantha Lie

34 Comments to "Resep Putu Ayu"

  1. Dewi Aichi  2 April, 2011 at 07:51

    Anoew pesan yg ga ada parutan kelapanya, dia langganan kreminen klo makan kelapa parut, bukan parutan kelapa lho ya….neh ambyar mulutnya klo makan parutan kelapa.

  2. J C  2 April, 2011 at 07:50

    Lha memang khan, untuk adonan dikau duduki, untuk bikin petis, udang dikempit kelek sudah langsung jadi petis…opo gak ciamik coba?

  3. Lani  2 April, 2011 at 07:49

    akiiiiiiii……ediaaaaaaaaan wis…….emank aku pitik kok dikongkong angkrem dijeladren roti??????

  4. J C  2 April, 2011 at 07:47

    Lani: sudah dikasi tau, keahlianmu bikin roti, kue, lumpia dsb, tidak perlu pemegar, pengempuk, dsb, cukup DILUNGGUHI (diduduki)…

  5. Lani  2 April, 2011 at 07:39

    SAMANTHA itulah ditempatku gak ada ovalet……ato bahan2 kimia utk pengempuk, pemegar, roti……..

    NEV : nah, yg jelas kamu dan kang anuuuuuuu sama2 klu makan parutan kelapa KEMRINEN kkkkkkkk

  6. Samantha Lie  2 April, 2011 at 07:38

    Oh ya bt yg tdk suka parutan kelapa ga usah dimakan gpp kan udah gurih krn ada santannya tp santannya jgn terlalu encer jg jgn terlalu kental kalau membuatnya…. Tp kelapa parutnya tetap hrs dipakai krn kalau tdk nanti lengket pd saat mau mencopotnya dr cetakan walaupun sdh di beri minyak….

  7. Samantha Lie  2 April, 2011 at 07:35

    Wah Samantha telah nih lht Baltyra nya ternyt udah byk koment utk resep putu Ayu nya.
    Maaf ya tmn2 smua soalnya aku lagi sibuk ….
    Utk smua yg sdh koment tks ya ! Iya bt smua, cara membuat putu ayu memang muda, utk mbak Lani kalau ga ada ovalet mmg agak susah jg ya krn itu utk spy putu ayu agak mengembang dan utk cetakan putu ayu bs pakai cetakan utk agar, tp klo cetakannya agak tebal maka mengukusnya hrs lbh lama krn takut kurang matang, tp kalau cetakan nya agak tipis mungkin lbh sebtr yg penting bahan plastik cetakannya aman dipakai dan tdk berbahaya…

    Iya utk kelapa parutnya lbh bgs yg muda krn tdk byk mengandung minyak, dikukus lbh dulu spy tdk mudah bau/ krn kelapa kan cpt rusak krn aku pernah ga dikukus dulu eh besoknya mau dipakai kelapanya agak kuning warnanya……

    Ok… tks bt smuanya……GBU all….

  8. nevergiveupyo  1 April, 2011 at 13:05

    waah..jangan salah subo…

    saya tidak mau makan parutan kelapanya itu sebagai tindakan preventif..soalnya males aja kalo ntar megal-megol kayak kang anu…

  9. Lani  1 April, 2011 at 13:01

    NEV……ngakak aku moco komentarmu…..jebul dikau suka kreminen klu gitu sm dgn kang Anuuuuu hahahah……pasti dadi megal-megol yo?????

  10. nevergiveupyo  1 April, 2011 at 12:58

    terimakasih resepnya..saya suka kue ini…tapi biasanya ga mau makan parutan kelapa..
    biar tidak kena cacing keremi…
    ehehe

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.