Penyederhanaan Alfabet

Gandalf The Grey – Middle Earth

 

Kemarin saat sedang membereskan folder email lama yang sudah bertahun-tahun tak pernah dibaca lagi kebetulan terlihat suatu tulisan menarik tentang penyederhanaan alfabet alias huruf-huruf abjad, jadi terciptalah artikel ini dengan menyadur dan menambahkan email kuno dari milis tadi.

Belakangan ini banyak telepon genggam hp yang memaksakan mengunakan keyboard qwerty lengkap sehingga tombolnya kecil sekali, demikian juga netbook atau laptop yang semakin kecil mungil sehingga jika huruf alfabet ini bisa disederhanakan tentu sangat membantu desain telepon genggam dan komputer. Mari kita mulai saja.

Alfabet atau huruf abjad latin yang biasa kita gunakan berjumlah 26, yaitu dari A sampai Z. Dalam bahasa Indonesia ternyata ada beberapa huruf yang sangat jarang atau malah tidak pernah digunakan, jadi sangat mudah kita gantikan atau hilangkan.

Pertama adalah huruf X, kebanyakan berupa kata serapan dari bahasa asing dan sudah biasa digantikan dengan huruf KS, misalnya maksimal, eksistensi, eksekutif dan seterusnya.

Lalu huruf Q yang serupa dengan huruf X tadi karena berupa kata serapan dari bahasa asing juga dan bisa digantikan dengan huruf K misalnya kualitas, kuadran, sekuel dan seterusnya.

Kemudian huruf Z yang bisa kita gantikan dengan huruf J, contohnya yaitu jaman, jiarah dan lain-lain.

Ketiga huruf di atas bisa kita gantikan atau tepatnya kita hilangkan tanpa terasa efeknya sama sekali bukan? Selanjutnya mari kita lihat penyederhanaan menarik berikutnya.

Huruf Y bisa digantikan dengan huruf I, seperti yang sudah sering kita baca: saya menjadi saia, maya menjadi maia, kebetulan bunii atau lafal pengucapannia memang sama.

Demikian juga dengan huruf W bisa digantikan dengan huruf U, misalnya uaktu, uarga dan seterusnia.

Kemudian huruf F dan V, dengan alasan iang sama maka dua huruf ini bisa sekaligus digantikan dengan hurup P, contohnia cukup jelas iaitu aktip, eksekutip, normatip.

Juga hurup R bisa kita ganti dengan hulup L, apalagi baniak olang iang kesulitan meniebutkan hulup telsebut.

Jadi sampai saat ini kita sudah belhasil menghilangkan 8 (delapan) hulup alpabet. OK supaia lebih jelas saia tuliskan ulutan alpabet sampai posisi ini, iaitu:
A, B, C, D, E, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, S, T, U.

Selanjutnia mali kita ganti bebelapa hulup lagi dengan belpikil sedikit lebih kelas:
Hulup S diganti dengan hurup C.
hulup B diganti dengan hulup PH
Hulup D diganti dengan hulup TH
Hulup G thiganti thengan hulup KH
Hulup J thikhanti thenkhan hulup CH

Lacania cuthah cukup untuk hulup konconan, chathi kita cuthah hilankhkan tikhaphelac hulup alpaphet, hulup iang telcica chukha tikhaphelac iaitu:
A, C, E, H, I, K, L, M, N, O, P, T, U.

Cekalankh mali kita khanti hulup pokal thimana hania atha lima hulup pokal A, I, U, O, E. Kita phica eliminaci thua hulup pokal iaitu:

Hulup I menchathi thua hulup E iaitu EE.
Lalu hulup U menchathee thua hulup O eeaeetoo OO.

Chathee total atha leemaphelac hooloop eeankh coothah keeta phooankh, hooloop eeankh telceeca teenkhkhal cephelac hooloop cacha:
A, C, E, H, K, L, M, N, O, P, T.

Looal pheeaca cekalee phookan? Phaeeankhkan penkhhematan eeankh coothah keeta lakookan, tomphol telepon khenkhkham than kompootel teethak pelloo thooa poolooh enam hooloop alpaphet lakhee tapee cookoop cephelac hooloop cacha.

Oontook lepheeh chelacneea caeea tooleeckan lakhee oolootan hooloop alpaphet aclee than hooloop alpaphet cetelah theecethelhanakan:
A = A
B = PH
C = C
D = TH
E = E
F = P
G = KH
H = H
I = EE
J = CH
K = K
L = L
M = M
N = N
O = O
P = P
Q = K
R = L
S = C
T = T
U = OO
V = P
W = U = OO
X = KS = KC
Y = I = EE
Z = J = CH

OK, ceelahkan menooleec komental thee alteekel eenee thenkhan menkhkhoonakan hooloop alpaphet eeankh coothah theecethelhanakan!

<khanthalp the khleee.meeththleealth – oooooo.phalteela.com>

 

OOpthate :

Kalena phaneeak eeankh pooceenkh than teethak pheeca nooleec komen maka caeea phooatkan plokhlam khoocooc ekccel, ceelakan thee-thooonloath than theecopha…

http://baltyra.com/wp-content/uploads/temp/11hooloop.xlsx

(download: klik kanan, save target as/save link as)

Keluarnya nanti seperti ini:

 

 

 

91 Comments to "Penyederhanaan Alfabet"

  1. Meazza  22 April, 2011 at 10:30

    hahaha, Gandalf…… bisa jadi neh.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *