Ngopi-ngopi dan ngeteh, yuuk…

Dedushka – Eurasia

 

Dear rekan-rekan Baltyra sekalian,

Kunjungan ke Turki kali ini tetap dengan misi utama memperpanjang visa Kazakh yang habis pd tgl 8 Maret, kopdar dengan teman SMA yang menikah dengan pria turki yang sudah tinggal di Adapazari selama 11 thn dan menjemput paket kecap, tapioka dll yang sudah diorder sebelumnya ;))).

Pada saat tiba di Istanbul hari Minggu, tanggal 6 Maret cuaca sangat bersahabat, tidak sedingin di Astana, namun mendapat kabar pada hari Senin akan turun salju, krn mendapat kabar tsb akhirnya pagi hari Senin langsung meluncur ke kedutaan Kazakhtan di daerah Florya, ternyata pada saat tiba mereka libur selama 2 hari (womens day), krn mempertimbangkan waktu akhirnya diputuskan memakai jasa agen untuk proses perpanjangan visanya. Selama perpanjangan visa diputuskan akan menginap di rumah mertua di Adapazari sampai tiba waktunya kembali ke Astana.

Hari pertama datang kebetulan pada saat jamnya minum kopi sekitar jam 2an siang, langsung deh tersedia kopi kental beserta pendampingnya yaitu coklat. Pertama kali mengikuti ritual minum kopi di siang hari, malamnya langsung ga bisa tidur, yang ada pagi harinya ngantuk banget ;)).

Secara garis besar acara minum kopi atau teh ini biasanya terbagi atas 2 acara yaitu biasa dan istimewa.

1. Biasa

Acara minum kopi atau teh ini biasanya berlangsung sekitar jam 2’an setelah makan pagi dan beres beres rumah, kadang mengundang keluarga terdekat biasanya dalam 1minggu selalu ada rutin acara seperti pertemuan keluarga kecil misalkan ipar mengundang mertua dan adik ipar ke rumahnya atau sebaliknya, untuk pendamping minum kopi biasanya ada cemilan coklat, permen, biskuit. Jangan salah walaupun yang mengundang keluarga dekat dress code nya tetep harus dengan baju yang rapih, ga boleh tuh pake baju seadanya ;)), jangan dikira rumahnya berjauhan, ini pengalaman pribadi untuk lantai pertama tinggal kakak ipar no 3 beserta keluarganya, lantai 2 diisi oleh mertua dan kakak ipar yang tidak menikah, lantai 3 diisi oleh kakak ipar no 4 beserta keluarganya juga.

Jadi untuk acara rutin minum kopi ini cuma beda lantai aja kita mesti bener-bener rapih. Begitu tamu tiba langsung cipika cipiki dan tanya kabar (padahal cuma beda lantai basa basinya luar biasa banget ;))) Yang diomongin biasanya masalah seputar keluarga, acara sinetron yang baru dan yang lagi trend, mode, makanan, dan yang paling seru tempat diskon terbaru alias belanja khas ibu ibu ;)). Acara berlangsung tidak lebih dari 2 jam.

 

2. Istimewa

Untuk acara non rutin minum kopi atau teh ini dinamakan istimewa karena mengundang atau diundang bukan oleh keluarga tapi tetangga, atau kerabat yang tinggalnya berjauhan. Hidangan yang tersedia biasanya borek, salad, cake, roti simit, pogaca, keju, zeytin, selai atau jam. Acara chit chat ini berlangsung minimal 2jam ;(. Bayangin aja kalo acara ini bisa selama 5jam-an, abis minum teh, makan cemilan pastry, cake, cookies, salad, keju, roti. Pokoknya selama belum bilang ga mau, teh panas manis ngalir terus diselingi dengan obrolan ini itu lalu dilanjut dengan minum kopi.

Mabok deh kl ngikutin acara ini, abla alias kakak ipar seneng banget ngajak Ded ngikutin acara seperti ini ;))), bosen karena ga gitu ngerti bahasanya yang diomongin juga ga jauh dari sinetron, diskonan, resep makanan, pokoknya segala urusan perempuan keluar semua ;)). Kadang chit chat nya dilanjutkan ke shopping mall, belanja ini itu dan makan lagi.

Menurut teman sma yang dah tinggal bertahun tahun di turki, untuk acara seperti arisan para ibu-ibu ini berdandan habis-habisan, lalu selalu ada pertanyaan seperti; ini belinya di mana, harga berapa :), mereka tanpa malu-malu lagi bertanya, kira-kira apa sama seperti di Jakarta ya? Karena waktu di Jakarta ga pernah ngikutin arisan ibu-ibu spt ini ;))

Jadi kalo ada saatnya kita ngundang atau diundang minum kopi atau teh, arisan, ga heran pake baju dan segala aksesorisnya yang terbaru, dari atas kepala sampe ujung kaki mesti matching, bagi yang tipenya sleboran , agak ribet dan terbengong bengong aja, mknya yang bertugas untuk mix and match kalo mau ada acara seperti ini adalah kakak ipar, mereka tanpa segan-segan turun tangan minjemin dan ngasi saran ataupun aksesoris untuk adik iparnya yang sleboran ini ;))

 


29 Comments to "Ngopi-ngopi dan ngeteh, yuuk…"

  1. Dedushka  18 April, 2011 at 21:22

    @linda; iyah emang ribet,mknya boring banget disana
    @Jc; ada strateginya lho kl ada mknan kyk gini,mnm teh ga pake gula,trus kl mkn dkunyah 32kali jd lama abisnya wkwkw
    @Isk; ya menyenangkan byk org byk pahalanya ya hehe

  2. IWAN SATYANEGARA KAMAH  18 April, 2011 at 20:50

    Dede fully cantik banget menyenangkan banyak orang. Resep enak2 dilihat (gak pernah nyobain). Teh dan kopi adalah ritual saya setiap hari. Dulu ditamah main truf (semacam bridge). Klop. Mantab. Ngobrol bisa sampe pagi.

  3. J C  18 April, 2011 at 09:55

    Dedushka, baca ini serasa baca Asterix Obelix… di mana-mana selalu ada pesta-pora-makan-minum-hura-hura…minus celeng panggang sama kepruk-keprukannya tapi…

    Waduuuuhhhh sereeemmm liatnya, berapa kalori itu ya…hiiii…kopi’nya sih boleh, teh juga boleh, tapi ngrumpi n penganannya….hiiiii…

  4. Linda Cheang  17 April, 2011 at 22:11

    duh, mau ngopi ajah, pake kudu tampil ribet amat, sih??

  5. Djoko Paisan  17 April, 2011 at 01:13

    dedushka Says:
    April 16th, 2011 at 14:58

    @DJ: beres om DJ ,nah menu pisgor kyknya seru tuh buat besok ngeteh disini,td brusan buat mpek mpek kapal selam,weeenaaakk

    Hahahahahaha…..
    Mpek² kapal selam…???
    Mengapa tidak bikin mpek² kapal terbeng saja….hahahahahaha….!!!
    Tadi kami juga belanja di toko Asia, dapat singkong, beli bakso, pak choy dan cabe rawit….
    Besok mau goreng singkong untuk minum teh sore hari…
    Saat ini Susi sedang bikin Cha tauge dengan dagin dada ayam…
    Salam manis ari Mainzd

  6. Dedushka  16 April, 2011 at 20:38

    @SU; sama sama teh,duh jd terharu *sambilngelapidung*kepedesan abis mkn mpek mpek hihi

  7. SU  16 April, 2011 at 20:30

    Terima kasih banyak2 buat resepnya. Dikau memang adik yang baik banget.

  8. dedushka  16 April, 2011 at 15:12

    @SU: gampang kok keliatannya bikinnya,cake mereka tuh gampang gampang,asal dikasih baking powder jg jadi deh,plg jg isinya telor,terigu,yoghurt(ini yg bikin moist),susu,minyak goreng,baking powder,garam,kentang deh yg dah direbus trus potong potong,trus dioven deh (sotoy ya sok tau bener ini huahaha)

  9. SU  16 April, 2011 at 15:05

    Tx De. Unik banget. Kelihatan sepintas sih tak pikir tekstur dan rasanya nya seperti banana cake. Kecele

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.