Tomat

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo Baltyraer…!!!

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. kali ini yang sedikit iseng-iseng saja…..

Udara di Mainz, mulai hangat, walau bisa jadi bulan Mai akan dingin lagi (katanya ), mudah-mudahan tidak demikian.

Nah ya….Seperti biasanya, setiap awal tahun, Dj. suka iseng, nanam biji tomat….

Karena kalau beli, 1 pohon tomat yang kecil saja, sudah sekitar € 2,- atau bahkan lebih. Juga kalau yang namanya iseng, ya jangan beli, nanam saja sendiri dari bijinya, jadi kelihatan tanaman sendiri dan bukan hasil beli. (Dasar kikir / pelit hahahahahaha….).

Nah ya….Kalau dipikir-pikir, memang ajaib, dari hanya satu biji tomat yang ditanam….bisa berbuah banyak….!!! Jelas Dj. tidak tanam satu biji doang, maksud Dj. walau hanya satu biji tomat saja, kalau ditanam, bisa tumbuh

jadi pohon tomat dan bahkan berbuah. Hebat kan…???  ALLAH  memang maha  besar….!!! Jelas dong (pikir anda), emang satu biji tomat akan jadi pohon durian…berbuah semangka…??? Mana mungkin….!!!

Okay…okay….!!!

Dj. tidak akan berdiskusi, apakah pohon di Sumatra lebih besar daripada pohon di Mainz, ini Dj. hanya mau oret-oret tentang pohon tomat…..!!!  (titik). Namanya juga iseng, nggak ada kerjaan kali ya….??? Bukan demikian, tapi memang Dj. orangnya suka sekali iseng, apalagi kalau ada bu GuCan…Ada Nuchan….. hahahahaha….!!!

Tu de poin aja deh, gitu aja kok repot sih….Tomat…!!! tomat….!!  siapa mau beli…??? Lho kok malah jualan tomat…???

Okay, siap…??? (tidak usah teriak  GRAAAK….lah…!!!). Santai saja…. kita tidak di medan perang bah…!!!

Lihat, anda tau apa ini…???  Kutu…??? Bukaaaaan…!!! Ini yang namanya biji TOMAAAAAT…..!!!! Dj. keringkan di atas tissue, ya jelas agar kering dan agar bisa mulai ditanam.

Sabar dong, tunggu beberapa hari… e…taunya muncul pohon-pohon yang mungil dan sangat lucu….!!! Lha kalau gemes, jangan dicubit ya… matilah ini pohon, kasihan masih kecil dan sangat lemah.

Sorry mek sorry, photonya kurang jelas, karena diambil pakai kamera di HP. tahun lalu. Tapi percaya saja, ini jujur 100% pohon tomat.

Nah kalau sudah sedikit besar, maka boleh dipindah satu persatu, Dj. gunakan gelas plastik. Jelas satu gelas satu pohon, kalau satu gelas 20 pohon, itu namanya hutan tomat…hahahahaha….!!!

Sekarang sudah terlihat mirip pohon tomat kan…???

Agar dia bisa berdiri tegak, maka perlu dibantu dengan biting (lidi) yang cukup kuat. Nah kalau sudah semakin besar, jelas memerlukan pot yang cukup besar, agar si pohonpun bertambah besar dan kuat untuk menahan buah-buah yang akan datang…

Jelas, dengan berjalannya waktu, maka si pohon tomatpun akan menjadi besar, berbunga dan berbuah….!!

Tidak percaya…??? Lihat saja sendiri, buahnya ada yang bundar dan ada yang lonjong. Benar karena bijinya juga dari tomat yang berbeda…

Daaaaaan…hasilnya, bisa untuk sarapan….

Oya…hampir lupa, ini tomat bukan yang untuk masak, ini ” PARTY  TOMAT ” Buahnya sangat mungil, hanya sebesar ibu jari…. bisa langsung diemplok…!!! Hhhhmmmm sangat segar…!! Tapi mungkin tidak juga sebesar ibu jarinya dimas Josh Chen….Dan tidak sebesar ibu jarinya bayi…..hahahahaha…!!!

Yang bulat, rasanya lebih manis daripada yang lonjong….Tidak percaya…??? Tanya saja sama mas Anuuuuu…. Benar kan mas…??? Olehnya orang Jawa wajahnya bunder-bunder dan jelas manis….!!! Yang wajahnya lonjong, biasanya agak asem…… Ups…!!! Dj. jangan dijitak ya Nuchi….!!!

Tapi yang Lonjong juga tidak kalah cantiknya dan “kelihatannya” juga manis….!!!

Tapi yang jelas, aroma tomat, sangat segar, karena dia besar dan berbuah di alam bebas dan setiap hari kena matahari yang asli.

Bukan seperti tomat yang dari Holland dikrangkeng di rumah kaca, yang tidak pernah menghirup udara segar dan matahari dari lampu. Buahnya seperti tomat, hanya sedikit aromanya, malah condong tidak ada.

Tapi bisa dimaklumi, kalau winter, mau beli tomat dimana, kalau bukan tomat dari rumah kaca….Syukur-syukur musim salju, masih bisa makan tomat, walau sedikit beraroma seperti tomaaaat…!!!

Orang Medan bilang…. Tomat tidak sehat untuk mata bah….!!! Benarkah demikian Nuchi….???  Bohong ya…?? Teman Dj. hanya bilang, coba diculekin ke mata, pasti akan bikin mata bengkak dan sangat sakit….!!! Hahahahahahahahahaha…..!!!

Udahan ah….Sebelum dijitaki oleh teman-teman di BalTyRa, lebih baik Dj. akhiri saja, supaya tidak jadi bencana tomat.

Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang mana mau menayangkan oret-oretan yang iseng ini. Maaf kalau nama-nama anda Dj. sebut di atas, hanya untuk meyakinkan saja….hahahahaha….!!!

Tolong Dj. diberi tau, kalau masih ada yang mau diiisengi…..

Wuuuuuuuuussssssst…..!!!

 

Cheriooooo….!!

Salam manis dari penjual tomat….hahahahaha….!!!

Dj. 813.

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

120 Comments to "Tomat"

  1. nurazmi  26 November, 2013 at 10:32

    hi it seems nice and easy lah sister.. i need to try.. thanks for the posting…dumai riau

  2. Djoko Paisan  26 April, 2011 at 17:00

    Amin SU….!!!!

  3. SU  26 April, 2011 at 16:54

    Betul Pak. Bu Susi itu memang an angel.

  4. Djoko Paisan  26 April, 2011 at 16:52

    HennieTriana Oberst Says:
    April 26th, 2011 at 16:23

    Mas Dj. wah bisa jadi manja ya kalau dilayani seperti itu ama mbak Susi
    Tapi yah nggak apa-apa manja sama istri sendiri, asal jangan sama istri orang lain hehehe..
    Kalau soal telpon itu kebiasaan suami saya. Di manapun dia pasti paling nggak telpon satu kali sehari. Padahal yang diomongin nggak penting hehehe..

    Hennie….
    Soal manja, itu yang malah sering bikinn Dj. sewot….
    Sepeperti hari Sabtu lalu, setelah ganti ban mobil, dari Winter ke Sommer….
    Kami langsung ke garasi dan mau menurunkan ban tersebut.
    saat Dj. buka pintu garasi dan ambil sarung tangan di lemari garasi, dia sudah molai menurunkan ban-ban tersebut, Dj. marah….
    Dia dengan tenang, malah bilang..tanganku sudah kotor, sedangkan tanganmu masih bersih.
    Gila kan…??? Semua dia mau kerjakan.
    Dai tidak bisa tenang, selalu bergerak, persis seperti alm. ayahnya.

    Soal telpon, sampai teman Dj. kenal benar, kalau HP Dj. ketingalan dirumah, maka dia telpon keswah.
    Teman Dj. sudah teriak… Dj. itu Susi….!!! hahahahahaha….!!!
    Padahal juga mau nanya…Wie gehts…?? Nanti malam mau makan apa dan dimana…???
    Ya itulah istri atau juga suami Hennie…
    walau hanya dengar suaranya saja sudah senang dan tenang….

  5. Djoko Paisan  26 April, 2011 at 16:41

    SU Says:
    April 26th, 2011 at 16:00

    Wah memang ibu Susi “ABNORMAL” tuh……dalam artian bagus ….tidak pernah marah.

    SU….
    Sudah banyak yang berkata demikian…
    Tapi dia bisa marah ke anak-anak, kalau ada yang tidak beres….
    Hanya sama Dj. belum pernah sekalipun, dia benar-benar sangat sabar….
    Pernah Dj. yang sangat marah….
    Lukisan Dj. laku dan uangnya Dj. kasikan dia, agar beli apa saja yang dia suka, untuk keperluan dia sendiri.
    Tapi dia pulang, bawa Jas untuk Dj., dan mainan untuk anak-anak..
    Jas yang cukup mahal, Dj. buang ketempat sampah…..!!!
    Dia tidak marah, dia hanya bilang…. saya kira kamu orang kristen.
    Hanya dengan kata-kata tersebut, Dj. benar-benar kena dan membuat Dj. sangat menyesal.
    Jasnya Dj., ambil dari tempat sampah dan Dj. bawa ke Binatu untuk dibersihkan….
    Ini kejadian sudah sekitar 30 tahun yang lalu, tapi tidak mudah untuk dilupakan.
    Olehnya dia sering Dj. sebut an Angel…!!!

  6. HennieTriana Oberst  26 April, 2011 at 16:23

    Mas Dj. wah bisa jadi manja ya kalau dilayani seperti itu ama mbak Susi
    Tapi yah nggak apa-apa manja sama istri sendiri, asal jangan sama istri orang lain hehehe..
    Kalau soal telpon itu kebiasaan suami saya. Di manapun dia pasti paling nggak telpon satu kali sehari. Padahal yang diomongin nggak penting hehehe..

  7. SU  26 April, 2011 at 16:00

    Wah memang ibu Susi “ABNORMAL” tuh……dalam artian bagus ….tidak pernah marah.

  8. Djoko Paisan  25 April, 2011 at 18:29

    Nah itulah yang namanya KASIH…!!!
    Automatis, ingin saling memperhatikan…..
    Jangan pernah merasa bosan, karena kalian sudah menjadi satu.
    Kalau mungkin semua dikerjakan bersama-sana….

    Susi tambah gawat lagi, makin tua makin rewel….
    Kadang Dj. dianggap seperti anak kecil, semuanya dia mau melayani.
    Kadang Dj. suka ngomel juga, Dj. bilang, sudahlah…nanti Dj. bikin sendiri, tapi kalau Dj. bicara demikian, dia ngambek. Seolah tidak dibutuhkan lagi….
    Nah…. Bangun tidur dia sudah nyalakan Lap Top Dj. dia siapkan sikat gigi dengan odolnya dan gelas dengan air hangat. Pakaian dalam dan hantuch di kamar mandi. Dia siapkan makanan sarapan dan makan siang untuk disawah. Nanti mau berangkat, dia juga yang pakaiin jacket dan sepatu Dj.
    Aneh kan, tapi itu kenyataan, dia mau buat semuanya.
    Malam, kadang dia lihat kuku-kuku Dj. dia suka potongi, juga bersihin telinga Dj.
    Padahal dia masih kerja di Taman kanak-kanak sampai sore, belum dia juga yang masak dirumah.
    Sehari paling tidak sekali telpon, hanya untuk nanya, nanti malam mau makan apa atau dimana…???
    Dia tidak pernah bisa duduk diam dan tidak bikin apa-apa, dia selalu bergerak, entah apa saja dia kerjakan, seperti papanya yang sulit diam.

    Hanya akhir-akhir ini dia tidak lagi suka stir mobil, dia lebih suka distirin.
    tapi kalau Dj. ngantuk, ya dia juga yang stir mobil.
    Nah ya, itu istri Dj. yang selalu memanjakan Dj. dan anak-anak.
    Dan yang paling aneh, selama kami hidup bersama, sebagai suami istri, dia belum pernah sekalipun marah.
    Hebat bukan…orang lain bilang Susi tidak normal…..hahahahahaha….!!!
    Saat ini dia dan Daniel sedang bikin kueh didapur….

  9. SU  25 April, 2011 at 18:10

    Sudah Pak. Dia bilang banyak kerjaan yg dia selesaikan dan ga mau dibawa kerumah( krn kemarin Jumat kan hari libur juga).

    Terima kasih ya sudah diingatkan.

    Pernah tuh saya tidur lebih cepat dr biasa, pas saya bangun jam 10 malam (hihi beneran tidurnya kepagian ya…..)dia ga ada di kamar. Cari di ruang depan juga ga ada. Sy telp, eh hpnya mati. Tak sms ga dijawab, terus pas sy telpon lagi, untung bisa masuk (memang operator dr seluler yg itu tuh suka ngaco2). Sy tanya dia dimana koq ga balas sms, dia bilang sudah balas (lama masuk tuh sms)…..ternyata dia kelaparan dan buka kulkas ga ada stok es krim lagi. Jadi malam2 keluar ke supermarket utk beli es krim. Selesai sy bicara dg dia, sms dia ternyata sdh masuk

    Ga berapa lama dia pulang sambil nyengir, “Kenapa kamu takut saya kenapa2 ya.” Dasar jahil!

  10. Djoko Paisan  25 April, 2011 at 17:56

    SU Says:
    April 25th, 2011 at 17:51

    Terima kasih Pak. Ini lg tunggu suami, belum pulang2. Salam kembali ya buat Bapak sekeluarga.

    Terimakasih sama-sama SU….
    Kalau dalam waktu satu jam , suami belum juga pulang, harus ditelpon…..
    Kasihan, kalau dia kena macet dan sendirian di mobil.
    Kalau SU telpon, setidaknya dia ada yang hibur dalam kemacetan…..
    Kalian harus saling menguatkan….!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *