Tauco pancen Eco (2): Ayam Bakar Tauco

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…

Menindaklanjuti perbincanganku dengan Silvia mengenai hidangan berbumbu tauco.. apalagi setelah diberi pengantar oleh JC dengan artikel “Tauco” nya.. mulai hari ini Peony akan bagikan resep-resep aneka sajian berbumbu tauco.. dalam serial Tauco pancen Eco (tauco memang enak).. ohya, seri pertamanya sudah ditayang di Baltyra bulan Juni 2010 lalu yaitu Cumi ca Tauco..

Hari ini Peony lanjut dengan sajian ber-tauco ala Pawon Peony berikutnya yaitu..  Ayam Bakar Tauco

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8, cuci bersih dengan air jeruk lemon
  • 12 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 5 cm jahe, kupas + keprek
  • 3 sdm tauco asin
  • 2 batang seledri, cincang halus
  • 600 ml air
  • 8 sdm kecap manis
  • merica secukupnya
  • minyak untuk menumis
  • 2 sdm mentega

Caranya:

  • Tumis jahe + bawang putih + bawang merah, sampai matang dan harum. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga ayam kaku, masukkan merica, aduk-aduk lagi, masukkan kecap manis (siram di pinggiran wajan yang panas, biar kecap manis agak terkaramel), aduk rata.
  • Masukkan tauco, aduk-aduk, kemudian tambahkan air, dan ½ bagian seledri cincang, masak hingga ayam matang dan kuah hampir kering.
    Ambil ayam, bakar diatas bara arang (diatas wajan teflon juga boleh) sambil dioles mentega dan sisa kuah tauconya.
  • Siap disajikan.

Gimana?? Tetep praktis dan gampang banget khan..

Meski Ayam bakar ini resepnya gak sengaja Peony dapatkan sebagai hasil sampingan dari kecelakaan di dapurku ini (ceritanya udah ditulis di “Blessing in Disguise @ Pawon Peony), masalah rasanya gak perlu diragukan… tetep ueennaaakkk lho (^_^)

Ohya resep ini sebenernya sih udah pernah tayang di rumah tetangga jaman baheula, tapi mungkin ada juga Sahabat Baltyra yang belom membacanya khan..

Selamat menikmati ya… Sampai jumpa diresep-resep ber-tauco berikutnya ya..

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony

Dear Redaksi Baltyra.com… terima kasih banyak ya.. juga buat Sahabat Baltyra, terima kasih banyak karena sudah meluangkan waktu membaca sajian ala Pawonku… Pawon Peony(http://pawonpeony.blogspot.com/)

 

 

 

58 Comments to "Tauco pancen Eco (2): Ayam Bakar Tauco"

  1. Peony  28 April, 2011 at 12:56

    Tanti.. makasih ya udah mampir dan juga buat apresiasinya

    Iya, memang resep ini guampanggg banget kan resep-resep ala dapurku itu pasti gampang dan hampir semuanya praktis..
    silakan mencoba ya.. smoga cocok dengan selera ya..

  2. Tanti  28 April, 2011 at 01:09

    Peony, kok resepnya gampang bgt ya, dan kebetulan semua bumbunya ada di rumah nih, thanks untuk resepnya say.

  3. Peony  27 April, 2011 at 22:58

    Mbak Saw…. sejujurnya aku juga gak mudheng lho dengan diskusi serunya Itsmi dan Nuchan

    tapi biar aja lah mereka berdiskusi, aku nonton disini

  4. Peony  27 April, 2011 at 22:56

    Nuchan, makasih ya udah mampir dan juga sudah meramaikan lapak tauco ku

    silakan kok kalo mau OOT

  5. Peony  27 April, 2011 at 22:55

    Itsmi, maaf kalo masalah sambal tauco aku gak tau karena belom pernah bikin.
    tapi kalo masalah menyimpan tauco, biasanya kalo beli tauco botolan, setelah dibuka tutup segelnya, disimpan di refrigerator. tapi kalo belinya tauco yang kental macam tauco Pekalongan (bungkus plastik) aku simpannya di freezer.

  6. Nuchan  27 April, 2011 at 20:33

    Mbak Peony cantik, maaf ya nuchan ama Itsmi lagi OOT hahhahhaa
    Tuch kasihan yg atheis ya Mbak Peony..kasih tahu tuch caranya sama si Itsmi hahhahaa….
    Kalo bisa bilang ama Itsmi ..kalau bertanya dan ada jawabnya harus bayar hahhahhaa..

  7. Nuchan  27 April, 2011 at 15:06

    Itsmi Says:
    April 27th, 2011 at 14:41

    Nuchan, kamu payah, masih masih pakai celana dalam sedangkan kita sudah di tahun 2011, aduh gimana kau…..laki lakipun sudah duduk….. tanya si JC, dia tau skali…..memang, otakmu masih berkarat……..

    Dasar Atheis!!! Awas ada Atheis lewat. Ini gimana sich apa hubungannya tauco ama celana dalam ama laki lakipun sudah duduk????? ( coba kasih penjelasan buat nuchan….Ini siapa yg error yah???)

    Gimana sich???

  8. saw  27 April, 2011 at 14:51

    iki sakjane Itsme sana Nuchan pada ngomongin apa seh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.