Paskah dan Telur

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo Baltyraer…!!!

Saat oret-oretan ini tayang, mungkin Paskah sudah lewat ya…. (atau mungkin pas waktunya ???). Tidak jadi soal, karena bagi orang Kristen, mereka tau apa itu Paskah….Hari Raya yang paling berarti untuk umat Kristiani….

Di mana TUHAN  JESUS  TELAH  BANGKIT….!!! Dan telah mengalahkan maut…!!!

Maaf Dj. tidak akan membicarakan soal kebangkitan…Dj. hanya ingin mengajak anda semua, sedikit mengetahui (mungkin juga sudah tau ya), bahwa menjelang hari Raya Paskah, bukan hanya umat Kristiani saja yang sibuk mempersiapkannya.

Seperti halnya tentang Natal, dimana sampai orang Jepang yang tidak mengerti makna Natal, juga ikutan merayakan dangan sangat meriah… (ingat cerita Cak Doel di BalTyRa).

Bahkan hal ini banyak diambil sisi lain, untuk berkomersil, menjual apa saja yang bisa diuangkan…

Demikian juga dengan Paskah, walau banyak orang Jerman yang tidak percaya dengan Hari Raya Paskah ini. Tapi di mana-mana, terlebih ditoko-toko, banyak dihias untuk menyambut Paskah. Entah kalau di Indonesia ya, mungkin tidak demikian.

Mungkin orang Kristen di Indonesia, lebih hikmat merayakannya, mereka pergi ke Persekutuan, ke KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) atau bahkan bersama Jemaat ikut Retreat di hutan atau di mana selama beberapa hari….

Nah ….beberapa hari yang lalu, Dj. dengar dari Radio, bahwa di salah satu desa, ada pusat perbelanjaan yang buka di hari Minggu…!!! Apa anehnya, di Indonesia, setiap hari Minggu, malah makin rame kan… Banyak Mal yang buka…

Tidak demikian dengan hari Minggu di Jerman, biasanya toko tutup semua, jadi cukup heran kalau ada Mal, atau pusat perbelanjaan yang buka, pasti sangat rame dikunjungi oleh banyak manusia…

Nah sesampainya di sana, benar saja, semua jalanan macet, mana mungkin dapat tempat parkir…Pikir Dj. dapat syukur, tidak dapat ya pulang lah….

Malah Susi sempat buka bicara, ini satu keajaiban kalau bisa dapat tempat parkir….

E…entah memang keajaiban, kok saat Dj. lihat ke kiri, ada tempat kosong dan anehnya mobil-mobil di depan mobil Dj. kok tidak ada yang lihat….???  Aneh….!!! Tapi nyata….!!! Puji TUHAN….!!!

Akhirnya dapat tempat parkir juga….. Dan dari tempat parkir, jalan sedikit sudah sampai di tengah pusat perbalanjaan, dan ini hasilnya, apa yang kami lihat, di mana-mana bergelantungan hiasan dengan telur….

Di antara toko-toko, ada dibikin taman-taman dan dengan pepohonan yang bergelantungan telur berwarna-warni dan macam-macam bentuknya…

Telur-telur ini dibuat oleh anak-anak sekolah yang mendapatkan tugas giliran dari pusat perbelanjaan tersebut. Jelas mereka mendapat honor (uang) tapi bukan untuk pribadi, melainkan untuk kass sekolahannya. Mengapa telur…??? Sebenarnya bukan hanya telur saja, ada juga kelinci dan anak ayam juga….Telur melambangkan kehidupan yang akan dimulai, (yang baru…..!!!)

Seperti Dj. tulis di atas, ada juga kelinci…

Malah kelinci yang ke sekolah… sebesar tubuh manusia…

Bunga ini disebut Narzissen (Osterglocken = Lonceng Paskah) yang masih kuncup.

Dan yang sudah mekar….

Banyak lagi dekorasi tanaman dan bunga-bunga di taman mini, di antara orang-orang yang berjalan kaki.

Ada orang yang berpakaian kelinci dan membagi-bagikan mainan anak ayam ke anak-anak…

Saat kami sedang duduk-duduk di Starbucks Cafe, si Dewi dihadiahi satu, jelas dia sangat hepi….!!!

Benar sekali, Dewi dan Susi keluar masuk toko, Dj. nunggu di luar sambil jepret kiri-kanan dan juga atas. Seperti jepret burung gereja di atas pohon yang pendek di taman di tengah pusat perbelanjaan…Dengan membusungkan dada, bersiul sepanjang hari….!!!

Baru 4 jam, ternyata mereka sudah menyerah dan merasa sudah lapar…

Olehnya kami melanjutkan perjalanan ke Frankfurt untuk cari makanan (makan malam). Dj. sudah penasaran ingin ambil photo makanannya, tapi karena cara menghidangkannya kurang bagus, olehnya Dj. batalkan untuk menjepretnya….

Walau rasanya tidak kalah dengan yang di PvJ di Bandung….

Kami juga pesan 1/2 bebek panggang dan Pa Choy dengan tahu dan juga cumi tauco jelas lebih besar dari photo di bawah ini.

Ini photo saat di Bandung makan bersama Linda di Paris van Java… (hanya sebagai contoh saja).

Okay…Dj. yakin Hennie dengan Chiara juga sibuk cari telur di taman ya….

Karena setau Dj. semua Taman Kanak-kanak selalu merayakan Paskah dengan mencari telur di taman, di antara pepohonan yang rindang atau di rumput….

Dan yang sangat indah untuk dilhat, tidak hanya taman kanak-kanak Kristen saja yang merayakannya. Taman Kanak-kanak negara juga merayakannya, dimana tidak hanya anak-anaknya orang Kristen saja, tapi juga anak-anak orang yang beragama lain. Nah di situlah keindahan anak-anak yang tidak memandang agama sebagai miliknya pribadi…..

Masih bisa bermain dan mencari telur bersama-sama….. Anak-anak akan merasa sangat senang dan tegang saat mencari telur yang disembunyikan oleh orang tua atau guru-guru di Taman Kanak-kanak…

Terimakasih untuk kesabaran anda semua, terutama kebaikan pengasuh BalTyRa yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati anda….

Selamat merayakan Hari Raya Paskah, bagi anda semua yang merayakannya…

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN menyertai kita semuanya…..!!!

 

Salam manis dari Mainz….

Dj. 813

 

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

44 Comments to "Paskah dan Telur"

  1. Djoko Paisan  26 April, 2011 at 01:11

    Tukang papayanya jauh nggak…..
    Papaya yang masih gemadung, enak dmakan dengan sambel rujak…..
    Kalau kacang, Dj. milih yang direbus, anget dan sehat…..!!!

  2. anoew  26 April, 2011 at 00:29

    Nah Pakdhe, mengikuti petunjuk pembimbing, sekarang saya mau nyusul ke tukang pepaya dan kacang, siapa tau masih dapet jatah makan malam..

  3. Djoko Paisan  25 April, 2011 at 23:50

    Mas Anuuuuu…..
    Ini hanya hal kebiasaan saja…..
    Kalau sudah biasa dilatih, maka dia akan selalu siap terbang…..
    Ada waktu terbang dan ada waktu leyeh-leyeh….hahahahahaha….!!!

  4. anoew  25 April, 2011 at 22:14

    Pakdhe, benar sekali, sehat dan cenderung mau terbang terus. Mungkin gara-gara kemarin sorenya disuapin kacang-kacangan ya?! Kalau menu siang tadi sudah dikasih pepaya, dua (Semoga Lani gk baca).

    sedang leyeh-leyeh dan pasti mengelus-elus burungnya, agar besok pagi mau berkicau lagi

    Pakdhe kok tau betul ya jam-jam memanjakan burung??

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *