Pelatihan Kewirausahaan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba

Ratman Aspari

 

Kurang lebih 30 orang pemuda-pemudi korban eks penyalahgunaan narkoba se-Kota Depok mendapat pembinaan kewirausahaan, pelatihan tehnik sablon dan percetakan. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11 – 13 April 2011, bertempat di workshop CV. Garuda Studio, Kukusan, Kota Depok.

Menurut Ketua Pelaksana, H. Afredy, S.Pd bahwa para pemuda – pemudi yang mengikuti pelatihan ini merupakan bekas korban penyalahgunaan narkoba yang berasal dari masing-masing kecamatan di Kota Depok. Hal ini lanjut ketua pelaksana, sebagai bentuk pembinaan dan wujud kepedulian Badan Narkotika (BNK) Kota Depok bekerjasama dengan ormas dan LSM yang selama ini konsen pada permasalahan penyalahgunaan narkoba.

Senada dengan ketua pelaksana, Ir.Welman Naipospos, MM selaku Sekertaris BNK Kota Depok juga menegaskan, bahwa ini merupakan angkatan ketiga dari program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BNK Kota Depok, dengan fokus pelatihan teknik sablon dan percetakan, mengingat usaha sablon dan percetakan ini prospeknya cukup menjanjikan. Kami mendapat support dari CV. Garuda Studio, pimpinan Roni Mariyanto yang selama ini telah memiliki pengalaman luas dalam bidang usaha sablon dan percetakan ini.

“Kami dari BNK melihat bahwa mereka bukanlan pelaku kejahatan, tetapi korban dari penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu, agar tidak termarjinalkan mereka kita bekali dengan pengetahuan kewirausahaan, agar bisa mandiri natinya,” tegas Welman.

Di samping itu lanjut Welman, setelah mendapat pelatihan ini, mereka akan di kita perdayakan dalam bentuk Kelompok Kerja Usaha Bersama (KUBE), kegiatan kali ini sudah masuk angkatan ketiga. Untuk angkatan kesatu dan kedua telah menghasilkan sebelas Kelompok Kerja Usaha Bersama (KKUB). Melalui pelatihan seperti ini,ujar sekertaris BNK Kota Depok secara tidak langsung membekali mereka ketrampilan sekaligus mendorong untuk menjadi seorang pengusaha mandiri.

Harapan kedepan melalui pelatihan ini agar para pemuda –pemudi yang selama ini terlanjur menjadi korban penyalahgunaan narkoba bisa menjani kehidupan yang normal, memiliki bekal kewirausahaan yang memadai, sehingga bisa memberi manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya. * (ratman)

 


9 Comments to "Pelatihan Kewirausahaan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba"

  1. ratman aspari  27 April, 2011 at 07:54

    Terima kasih atas suport dan dukungannya dari rekan-2 semua melalui komentarnya,shngga menambah semangat untuk selalu mengbarkan berbagai hal di Baltyra.com ini, Tetap semangat untuk Badan Narkotika Kota Depok dan juga rekan-rekan LSM yang selama ini komitmen pada penyalahgunaan narkoba,dari semangat merekalah kegiatan ini bisa terwujud……..tetap semangat, jauhi narkoba………

  2. EA.Inakawa  27 April, 2011 at 04:21

    Sebuah langkah yang terpuji & positive …… dan sebaiknya langkah ini harus senantiasa ditindak lanjuti dengan berbagai kegiatan agama juga,biasanya mereka ini masih rentan dan berkemungkinan untuk kembali sebagai pemakai. Terima kasih mas atas artikelnya,salam sejuk

  3. Dewi Aichi  26 April, 2011 at 21:53

    Wah…di Brasil ngga mempan nih….penghuni LP saja masih bisa menjadi boss narkoba.

  4. Djoko Paisan  26 April, 2011 at 17:44

    Pak Ratman….
    Satu usaha yang sangat bagus…
    Mudah-mudahan, mereka yang ditolong juga bersemangat, agar masa depan mereka juga akan ada artinya.
    Terimaksih untuk artikelnya….!!!

  5. Handoko Widagdo  26 April, 2011 at 17:35

    Upaya seperti ini yang perlu ditiru. Tindak-lanjut pembimbingan usaha perlu dilakukan. Sebab training saja tidak akan memadai untuk membuat mereka jadi pengusaha yang sukses. Selamat Pak Ratman.

  6. J C  26 April, 2011 at 16:26

    Seandainya di LP-LP ada seperti ini semua…

    Kalau di Indonesia, boss/mafia narkoba malah mengendalikan bisnisnya di LP…

  7. SU  26 April, 2011 at 11:07

    Jempol buat usaha ini.

  8. Kornelya  26 April, 2011 at 10:02

    Pa Ratman, luar biasa, bentuk pelatihan seperti ini mempunyai dampak langsung pada perbaikan kehidupan mereka. Semoga usaha yang tulus ini akan berkesinambungan dan mendapat perhatian dari pemerintah. Salam.

  9. Lani  26 April, 2011 at 09:02

    satuuuuuuuuuu

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.