Anita Cemerlang Edisi 304

Ana Mustamin

 

SEMALAM bongkar-bongkar majalah lama. Ketemu Anita edisi 304 ini. Lalu ingat Mas Cahya Sadar yang memulai memosting Anita jadul (kok gak ada kelanjutannya, mas?). Ini mungkin satu-satunya Anita yang saya punya. Karena kebetulan aja cerita utamanya memuat cerpen saya. Anita yang lain, saya gak tahu nasibnya….

Sekadar berbagi, siapa tahu ada yang mau bernostalgia juga dengan edisi ini:

Ini FIKSI-nya:

– Ketsia (Yatti Harjiyo)

– Rahasia Hati Utari (Ryana Mustamin)

– Lala (Giyarno Emha)

– Sang Penawar Cinta – Bag III (Pipiet A. Zaparra)

– Monarisa (Rina G. Sanusi)

– Ketika Ranting Patah (Kie Hwee)

– Mami Unjuk Rasa (Cahya Sadar)

– Senyum Potretmu, Rio! (Mimin Suryati)

– Awal Musim Bunga (Rudi Setyawan)

– Nyanyian Dua Benua – Bag IV (Nanny S)

– Bahwa Aku Sayang Kamu (Mala Yk)

– Hati yang Sunyi (Nevi Maizar Maasin)

– Andai Mawar itu Tak Berduri (Witri Kartindari)

 

Penyumbang ILLUSTRASI

– Deddy S

– August

– Dein

– Rien Bachtiar

– David

– Paul

– Ken Bangun

 

* Cerpenku (Rahasia Hati Utari), illustrasinya dibuat Mas August (keren deh!)

Oya, satu lagi, cerpen “Rahasia Hati Utari” ditafsir kembali menjadi PUISI oleh Mas Kurnia Effendi. Ini puisinya:

 

 

RAHASIA HATI UTARI

(dari cerpen Ryana Mustamin)

Aku seperti pernah membaca kisah itu
Jauh beratus hari lalu, entah di mana
Engkau dengan rahasia yang terkunci
meletakkan selembar silet tipis pada batinku
Namun aku harus menjadi lautan, yang
rela menerima seluruh jumlah garam
pada celah-celah lukaku. Dan menyimpannya

menjadi warna biru

Kita adalah sebuah jiwa yang dibelah
Engkau diletakkan dalam almari kaca, karena
pandai memikat mata rabun mereka
Dan aku terlempar ke tengah jalan, yang
berisi dengan pertarungan watak manusia sesungguhnya
Hanya gelap malam sanggup memahamiku

Kini tak kudengar lagi suaramu yang memercikkan
pertengkaran. Kita telah berpisah oleh garis Waktu
Kini, di kamarmu, airmataku membasahi kejujuranmu

***

 

 

15 Comments to "Anita Cemerlang Edisi 304"

  1. Dewi Aichi  5 May, 2011 at 22:01

    Ini bacaan ya waktu masih agak remaja he he he…suka saling pinjam, aku kan berempat sama teman, satu anak beli satu, trus tukeran…memang AC merupakan kenangan tersendiri di jaman seangkatanku.m

  2. HennieTriana Oberst  5 May, 2011 at 20:31

    Bacaan jaman remaja dulu….

  3. Djoko Paisan  5 May, 2011 at 20:16

    Dj. hanya tau Anta Soebroto ( anak Jendral Soebroto ), pacar Dj. saat di SMP….hahahahahaha…!!!!

  4. Kornelya  5 May, 2011 at 19:50

    Anita Cemerlang, membawa memory masa lalu. Gaya bahasa majalah ini ringan, bernuansa sastra dan tetap menggunakan pakem EYD. Selamat ya Ana.

  5. Silvia U  5 May, 2011 at 19:04

    Saya tahu Anita Cemerlang karena sepupu perempuan saya. Dia sukaaaaaaaaaaaaaa banget sama AC. Ya kalau bacaan sy sudah habis, saya pinjam juga…..Soalnya memang suka baca sih…..iklan dan berita duka cita saja saya bacain. Pernah ketemuan sama teman lama yg sudah tidak ketemu, gara2 pas di Jkt saya baca surat kabar dan di kolom berita duka cita itu saya tahu itu pamannya teman saya, jadi saya muncul saja di rumah duka. Teman saya sampai kaget. Karena kami sudah lama sekali tidak berjumpa dan kehilangan kontak karena jaman dulu kan belum ada internet dan karena banyak hal kami kehilangan kontak.

  6. kembangnanas  5 May, 2011 at 12:39

    ya ampyunn, anita cemerlang jaman jadul bener, itu terbitan tahun berapa ya? aku baca anita cemerlang baru sktr thn 1994 pas lulus smp.

  7. [email protected]  5 May, 2011 at 10:39

    waaah… harus jujur, gak pernah baca ini buku… bacanya bobo dan donal bebek

  8. oktalola  5 May, 2011 at 09:31

    Ana Mustamin, dalam khasanah sastra kayaknya hal ini disebut intertekstualitas ya. Anita Cemerlang, aduh, masa lalu yang indah.

  9. Handoko Widagdo  5 May, 2011 at 09:10

    Mengoleksi tulisan-tulisan kita yang muncul di surat khabar itu asyik ya.

  10. Lani  5 May, 2011 at 09:08

    satuuuuuuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.