Ketlisut

Fire – Yogyakarta

 

Ketlisut bisa bikin tampang jadi kusut. Kening berkerut. Bibir makin cemberut. Bagai kelapa lupa diparut, bagai pensil belum diserut. Mulut ditekuk sampai lidah salah urut. Pikiran jadi carut marut.

Ketlisut adalah kondisi “antara ada dan tiada”, wah keren ya bahasanya kayak di lagu aja ….. Jadi sebenarnya ada tapi entah dimana letaknya secara akurat tidak diketahui. Jadi kalau ada counter atau bagian di suatu tempat bertandakan “Lost and Found”, ya itu sama artinya “counter ketlisut”. Teman dari ketlisut (atau ada yang menyebutnya “ketlingsut”) adalah “kesingsal”. Sebenarnya ketlisut itu sifatnya temporer, tapi kalo terlanjur lama ya bisa permanen.

Dulu waktu sekolah, pernah raporku ketlisut. Padahal sudah diserahkan sama ortu, dan biasanya disimpan di lemari baik-baik, untuk nanti tahun ajaran berikutnya, dikumpulkan lagi setelah masuk ke sekolah. Sampai bingung dicari ke semua posisi yang memungkinkan. Dirunut satu-satu, sampai akhirnya memberanikan diri lapor Bu Guru. Untunglah secara tak sengaja beberapa minggu sebelum akan benar-benar diganti rapot, akhirnya ketemu juga.

Paling deg-deg-an memang kalo PR kita atau tugas kita ketlisut dimana. Sudah bersusah payah mengerjakan padahal. Ingatnya sih sudah dibawa ke sekolah, tapi kok belum ketemu juga. Jebulnya cuman “bersembunyi” aja di antara tumpukan buku yang dibawa. Kayaknya makin dicari kok makin ngumpet ….

Kadang memang aneh juga masalah ketlisut ini. Barang yang bila tidak diperlukan nampak terus, tetapi saat lagi sedang dibutuhkan sekali, eh malah ngilang nggak ketauan juntrungannya. Tapi konon sih, ada yang dengan cara hipnotis bisa menemukan mengingat secara presisi dimana barangnya yang hilang, mungkin kronologisnya jadi ingat, tadi kemana aja, ditaruh dimana. Konon bawah sadar kita bisa mengingat hal yang kita sendiri merasa lupa. Jadi mungkin untuk masalah ketlisut bisa minta bantuan Uya Kuya atau Rommy Rafael ya…. hihihi

Ada orang yang punya kacamata tak cukup sebiji. Pokok masalahnya, karena sering sekali kacamatanya ketlisut entah dimana. Apalagi kalo sedang buru-buru makin kemrungsung dicari biasanya makin susah ketemu, kayak ada tuyul yang hobi ngumpetin barang aja. Entar kalo nggak dicari kan malah ketemu dengan sendirinya …

Sebel nggak rasanya sudah rapi-rapi mau pada berangkat, eh terakhir cari-cari kunci kendaraan nggak ketemu dimana. Makanya saya pernah dengar ada inovasi orang bikin gantungan kunci, dimana keunikannya, bila ada yang tepuk tangan maka dia bisa berbunyi. Jadi kalo kelupaan naruhnya kunci dimana, tinggal tepuk tangan aja.

Bukan cuma barang yang bisa ketlisut. Lha itu di pilem Home Alone, yang namanya Macaulay Culkin bisa ketlisut sampai tiga kali, iya kan di Home Alone 1-3, kalau Home Alone 4 ganti bintangnya. Kalo maen ke tempat seperti bonbin Gembira Loka, ada saja pengumuman, “Perhatian … perhatian … ditemukan seorang anak …….dst …” Lho kepriben wong tuwone kok anake bisa ketlisut kayak mengkono ……?

Apalagi yang bisa ketlisut? Duh, dulu waktu SMP, pernah punya teman cewek, lain kelas, cantik banget kayak artis. Makanya sering banyak yang nggodain. Entah kenapa banyak cowok yang kalo berada di hadapannya jadi serba salah tingkah bagaikan hatinya ketlisut dimana gerangan. Makanya, biar hatinya nggak ketlisut ya simpan baik-baik, dikaretin ya .. hihihi ….

Resminya sih ketlisut itu tidak disengaja. Tapi ada juga sih yang disengaja pura-pura ketlisut. Misal, kalo barangnya mau dipinjem teman, atau lagi males, terus pura-puranya ketlisut. Yang nyebelin memang kalo udah minjem barang, begitu si empunya barang lagi perlu, eh belum dikembaliin karena katanya ketlisut.

Tapi, sebenarnya salah satu moment paling menjengkelkan berkaitan dengan ketlisut ini kalo lagi berurusan dengan administrasi atau birokrasi. Sudah capek-capek melengkapkan berkas, kadang mesti bolak-balik berulang kali bila masih belum “kepeneran”, eh setelah ditunggu lama berhari berminggu berbulan, ditengok lagi, cuman dengan entengnya dijawab, “Maaf, berkasnya ketlisut ….” Wooooo ….. ketlisut untumu …. njaluk dibalang teklek sisan …….

Baiklah teman-teman, kalo artikel yang panjenengan kirim sudah berbulan-bulan belum juga nongol, mungkin saja ketlisut di meja redaksi Baltyra … hihihi …. mungkin disambi dolanan karambol opo bekelan …..wakakak …

 

 

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

29 Comments to "Ketlisut"

  1. Lani  27 May, 2011 at 11:12

    KANG ANUUUUUUU…….wah, pie nek aku tambahi……ngemuuuuuuut botol susu wae? hehehe

  2. anoew  21 May, 2011 at 22:46

    Lan, aku gk suka ngremet. Lebih suka ngggrumut.

  3. Lani  21 May, 2011 at 22:39

    KANG ANUUUUU gak usah tanya, dikau plg hafal soal REMET MEREMET……remet2-an……..di remet2…….hahahaha

  4. anoew  21 May, 2011 at 22:35

    Fay, dompetku ketlisut. Kalau ketemu pek’en kabeh wis.

    @Lani: opo kiy kok remet-remetan?

  5. Daisy  20 May, 2011 at 21:14

    paling sering langganan karcis parkir ketlisut

  6. Lani  20 May, 2011 at 09:30

    KANG GENI Indomie diremet????? rak yo ajurrrrrr murmur to yooooo kkkkkk…….

  7. Fire  20 May, 2011 at 09:28

    ……………….. ngremet indomie ae …….. arep gawe mie rebus ….hihihih ….

  8. Lani  20 May, 2011 at 09:25

    KANG GENI apane sing DIREMET???? waaaaah bahaya klu kang Anuuuuuu moco hehehe…..

    KORNEL subo Lani ndak ketlisut……..akan ttp metlisutkan diri dgn sengaja wakakakak……

  9. Fire  20 May, 2011 at 09:02

    pakdhe inakawwa ….. nilai ulangannya ketlingsut jadi banyak merah rapornya tuhhh ….

    yuppp….. tante aichi….
    tante probo: kelimput opo tooooo …. kok akhirane nganggo mput ….
    maturnuwun pak josh … ora sido ketlisut, ditutuhke dolanan bekelanne …hihihi ……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.