PepesMania (5): Pepes Udang

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…

Weekend kemarin ada udang ditawarkan dengan harga spesial, jadi tanpa ragu Peony beli agak banyakan, selain dimasak Brokoli ca Udang, sebagian besar udang-nya Peony masak jadi Pepes Udang yang tentunya ala Pawon Peony..

Pepes Udang ini sangat mudah diolah, yang perlu kita siapkan adalah…

  • 1 kg udang AK60, kupas kulitnya
  • 300 gr bawang merah kupas
  • 20 butir kemiri, sangrai
  • 10 buah cabe merah besar
  • 2 cm kunyit, kupas dan sangrai
  • 10 batang serai, ambil bagian bonggolnya, keprek
  • 10 lembar daun salam
  • gula dan garam secukupnya
  • daun pisang untuk bungkus pepes

Kemudian…

  • Giling halus: bawang merah + kemiri + kunyit + cabe merah.
  • Campurkan bumbu halus dan udang kupas, aduk hingga merata.
  • Bagi adonan pepes jadi 10 bagian, dan masing-masing bagian dibungkus dengan daun pisang, dengan disertakan masing-masing 1 batang serai dan 1 lembar daun salam.
  • Kukus pepes hingga daun pisang berubah warna.
  • Bakar pepes diatas bara arang atau diatas kompor atau dimasukkan dalam oven, hingga daun mengering.
  • Pepes udang siap disajikan untuk menemani sepiring nasi putih pulen..

Beneran gampang dan praktis kan ya???

Jadi.. selamat mencoba, siapa tau cocok dengan selera..

Sampai ketemu lagi di resep-resep berikutnya ya…

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony

 

Dear Redaksi Baltyra, terima kasih ya udah ditayang…

Sahabat Baltyra, terima kasih ya udah membaca resep-resep ala dapurku, Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)

 

 

58 Comments to "PepesMania (5): Pepes Udang"

  1. Peony  7 June, 2011 at 23:29

    Phie, makasih ya udah mampir dan jg buat apresiasinya

    Makasih juga udah mau nyobain pepes udang ala dapurku
    Gak masalah sih gak pake bungkus daun pisang, tetep enak kan

  2. phie  7 June, 2011 at 22:30

    jeng peony, udh kubikin kmrn sore….makan sama sambel trasi kiriman mpok imei dan pake ayam goreng skalian hehehe….ga pake daun pisang lg blm ke asian store, pake foil aja di-bake. manteeeeppp laaahh….hanya ga ada bau daun pisang bakar aja sih. thx ya resepnya

  3. Peony  7 June, 2011 at 21:21

    Lida, makasih ya udah mampir dan jg buat apresiasinya

    Pesan antar? Boleh

  4. lida  7 June, 2011 at 17:21

    pesan antar bisa gak ya

  5. Lani  7 June, 2011 at 13:53

    PEO la yaitu……..kan ada tuh org macam begitu…….hehehe…….nanti klu udah merasakan sendiri, baru bisa bilang jebule yo mmg bener……

  6. Peony  6 June, 2011 at 22:57

    Ci Lani, bener banget, yg belom ngerasain kadang bisanya cuma maido

  7. Peony  6 June, 2011 at 22:53

    ilham, makasih ya udah mampir dan jg buat apresiasinya

    Pepes udang emang enak Ham, ya kalo makan udangnya jarang2 masih boleh lah
    Silakan dicobain ya

  8. ilhampst  6 June, 2011 at 15:40

    Aku gak boleh banyak2 makan udang, tapi sedikit juga oke lah. Kayaknya enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.