Indahnya Mawar

Nunuk Pulandari

 

Rozen zijn so powerfull

“Roses are red my love,  Violets are blue
Honey is sweet my love, but not as sweet as you
…………………………………..”

Salah satu petikan lagu dalam bahasa Inggris dengan tema bunga mawar. Juga dalam bahasa Indonesia kita jumpai sejumlah lagu yang bertema sama.

Berbicara tentang bunga Mawar, tidak akan pernah ada habis-habisnya. Keindahan dan keunikan yang terpancar melalui warna, bentuk bunga dan daunnya serta  keharumannya sudah kita kenal. Juga bervariasinya fungsi bunga mawar dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri. Hanya sayangnya pemeliharaan yang cukup menyita waktu dan harga yang “agak” menguras kantong (untuk teman-teman yang tinggal di negeri dingin  terutama) membuat kita harus berfikir keras untuk menanamnya dan menatanya di dalam vaas bunga….

Sebelum dilanjutkan, diharapkan anda semua tidak bosan dan sebel dengan tulisan tentang bunga Mawar ini.  “Kebetulan” di kebun belakang dan depan rumah,  bunga-bunga Mawar  sedang bermekaran. Dan bentuknya sangat besar-besar.…

Hmmm….Sangat asyiiik untuk mengagumi salah satu persembahan alam , walaupun tidak gratisan, yang ada di sekitar kita…. Saat ini dari totaal sekitar 40 jenis bunga yang ada belum semuanya berkembang. Sebagian jenis bunga mawar yang sedang menunjukkan keindahan dan keunikannya saya kirimkan sebagai obat kangen dari Negeri Kincir Angin untuk anda semua.

Permainan nuansa warna dalam bunga Mawar tampak dalam berbagai jenis mawar yang ada di bawah ini. Sayang Mawar ungu dan Mawar kombinasi merah-putihnya belum mekar.

Sayang sekali tidak setiap bunga Mawar menebarkan keharumannya. Salah satu Mawar  dari Inggris dengan harumnya yang lembut.

Bunga mawar dengan lidah-lidahnya yang menyerupai kain “beludru”. Juga harumnya semerbak mewangi. Meskipun bunga-bunga Mawar diatas berwarna merah,  terutama nuansa perbedaan warnanya sangat menarik untuk dinikmati.

Karena harumnya yang agak keras, di dalam bunga dihinggapi lebah (lihat benda hitam/coklat di dalam bunga).

Dari bunga-bunga yang sedang bermekaran sering  terlihat  keunikannya kalau kita melihatnya dari nuansa warna dan bentuk “lidah-lidah” yang membentuk bunga itu sendiri.

Untuk menghasilkan tanaman Mawar yang subur dengan  bunganya yang indah, saya  hanya menggunakan tanah khusus  untuk mawar yang setiap 6 bulan sekali ditambahkan disekitar “bonggol” nya.

Untuk pupuknya kadang saya menggunakan  yang berbentuk butiran (korrel) atau cairan. Untuk yang butiran, sebelumnya saya endapkan dulu semalam sebelumnya,  dalam air di  ember besar . Keesokan harinya baru aya siramkan.  Untuk pupuk dalam bentuk cairan, saya hanya mencampurkannya dalam air sebelum saya siramkan, menurut aturan yang ada.

Dari semua bunga Mawar yang ada, bunga Mawar kuning ini yang paling semerbak harum bunganya. Dari kejauhan bisa tercium harum bunganya.

Salah satu dari beberapa  bunga  Mawar yang “lidah” bunganya menyerupai kain “beludru” (halus dan empuk), seperti bunga mawar merah dalam salah satu foto di atas.

Banyak tetangga yang turut mengagumi bunga-bunga  Mawar putih yang kali ini cukup “super” besar dan  bermekaran dengan indahnya….

Tot weer schrijven en kus, kus, kus…..Nu2k

 

 

105 Comments to "Indahnya Mawar"

  1. Osorio Magno Sarmento  11 January, 2018 at 09:44

    Aku sangat menykuai memelihara bunga Mawar. dimanakah aku dapat memiliki bebagai warna Mawar? bagi siapa yang hendak membantu, aku akan sangat berterima kasih.

  2. agus tresnanto  6 July, 2011 at 19:46

    bagus bagus bener bunga mawarnya…… terutama kombinasi warna dan macam warnanya……dibandingkan tulip..kira bagusan mana mbak ?

  3. Lani  28 June, 2011 at 08:13

    MBAK NUK ya, rak usah nabrak2 to mbak…….mengko babak bundhassssssss………..hahaha

  4. nu2k  28 June, 2011 at 05:36

    Lhoo kok dikasih selamat segala itu lhooo… Menang tabunganné dhewe, ngono toch maksud é… ha, ha, haaaa

    Aq nyuwun pamit sik ach… Wis jam setengah siji tengah wengi lho jeng… Aq jik tetep melek terussss… Lha sesuk rak ketelatan…..Teruuus, gedubrag gedubrug nabrak gedeg é kamar…….Ha, ha, haaaa..

    Werkt ze yo jeng… Nu2k

  5. Lani  28 June, 2011 at 03:05

    MBAK NUK selamat wesssssss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.