Dragon Boat Festival Vancouver 2011

Kanakin – Canada

 

Membaca tulisan JC mengenai lomba dayung sampan, di Vancouver juga tiap tahun diadakan Dragon Boat Festival dan tempatnya sama yaitu di daerah Science World di Vancouver.

Berbeda dengan yang di Indonesia, Dragon Boat festival selalu diadakan Sabtu dan Minggu dekat-dekat hari Pe Cun, dan ini sudah merupakan semacam olah raga dimana setiap orang, perusahaan bisa ikut (mesti bayar/sumbang).

Tahun ini sponsor utamanya adalah beberapa perusahaan besar terutama Rio Tinto Alcan, perusahaan tambang besar yang based di UK. Karena tidak langsung berkaitan dengan perayaan Chinese, maka tidak ada barongsai, naga, silat seperti di Teluk Naga.

Beberapa foto di bawah ini mudah2an memberi gambaran tentang suasana Festival tersebut.

Lokasi pertandingan

 

Latihan pemanasan. Semua regu biasanya melakukan pemanasan dulu sebelum bertanding supaya tidak kram.

 

Promosi, seperti biasa, setiap event selalu dimanfaatkan untuk promosi dan jualan barang

Di tempat pembuangan sampah ada anggota-anggot volunteer yang akan membantu mengarahkan supaya sampah-sampah dibagi secara group agar gampang direcycle kembali.

 

Camp tempat istirahat.

Sejak pagi-pagi sekali setiap regu sudah disediakan tempat terisolir untuk mereka buat tenda bagi anggota-anggotanya berkumpul dan bisa beristirahat sambil makan (mungkin juga tidur pakai sleeping back) karena setiap regu yang menang akan berlomba berkali-kali.

Lain kalau kita lihat regu Bapak-bapak dan Ibu-ibu tua yang biasanya hanya bertanding 1 kali sudah kalah, mereka enjoy bisa ikut dan sambil berolahraga.

Mau pijat, mesti bayar, anda bisa melihat tarif nya yang untuk Indonesia lumayan mahal karena hitungnya per menit.

Menuju ke tempat pertandingan. Dari tempat berkumpul, regu-regu bisa melihat jadwal mereka dan mendekati jam bertanding mereka berkumpul sesuai dengan yang sudah ditentukan. Kemudian mereka mendayung ke tempat start dan mendayung ke lokasi semula, selama bertanding, ada beberapa speed boat yang selalu menjaga kalau-kalau ada kecelakaan yang perlu pertolongan segera karena tidak semua peserta bisa berenang.

 

Jualan

 

Sampling

Biasanya event-event seperti ini banyak yang bagi-bagi sample gratis, kalau mau keliling semua biasanya ngak usah makan siang lagi karena di sini kalau bagi-bagi sample biasanya mereka cukup royal dengan porsi-porsi besar.

 

Juga ada panggung hiburan yang sambil makan bisa menikmati musik di sekitar lokasi pertandingan.

 

Isi botol minum gratis. Minum air adalah sesuatu yang penting disini, hampir semua oraang bawa botol air minum dan disediakan tempat mengisi air minum yang gratis.

 

Bertanding

 

Foto gratis

 

 

13 Comments to "Dragon Boat Festival Vancouver 2011"

  1. Dewi Aichi  20 June, 2011 at 08:01

    Baru membuka yang ini..Pak Kanakin..wah acaranya sangat menarik ya….!

  2. Lani  17 June, 2011 at 05:34

    PAK KANAKIN……mmmm, sampling paling seneeeeeeeeeeng……..pokok-e gratis, enak itu hal yg utama tp mmg betooooooooool kata aki buto klu hal ini di Indonesia bs 1000 kali gaswatttttttttttttt!

    bs2 sak kampung keluar semua bawa jerigen bawa yg kosong diisi semuanya amblassssss……..hahahha

  3. Kanakin  17 June, 2011 at 03:33

    JC,Sirpa,Handoko,MU ammar,Atite,
    Thanks for visit, sayang juga saya tidak “menonton” riot semalam, kalau nonton kan bisa buat reportase ke Baltyra. Namanya huru hara, mau dimana sama saja, bakar2 (termasuk 2 mobil polisi), merampok barang2 di dalam shopping center, lempar2an, dan saling pukul. Polisi sudah menghimbau supaya foto2 dari kamera2 pribadi dikirim ke mereka, satu persatu mereka akan dideteksi dan dihukum sesuai dengan perbuatan mereka. Tadi malam semua dokter, perawat2 dan petugas2 rumah sakit disekitar itu begitu mendapat kabar langsung ke posisi mereka dan membantu, pagi ini banyak relawan yang menuju ke lokasi untuk ikut membersihkan puing2.
    Berita2 bisa diikui di http://www.vancouversun.com.
    Ya, disini kalau sampling lumayan qualitasnya, dan exclusive karena tidak bisa dibeli diluar karena ada logo perusahaannya.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.