Dragon Boat Festival Vancouver 2011

Kanakin – Canada

 

Membaca tulisan JC mengenai lomba dayung sampan, di Vancouver juga tiap tahun diadakan Dragon Boat Festival dan tempatnya sama yaitu di daerah Science World di Vancouver.

Berbeda dengan yang di Indonesia, Dragon Boat festival selalu diadakan Sabtu dan Minggu dekat-dekat hari Pe Cun, dan ini sudah merupakan semacam olah raga dimana setiap orang, perusahaan bisa ikut (mesti bayar/sumbang).

Tahun ini sponsor utamanya adalah beberapa perusahaan besar terutama Rio Tinto Alcan, perusahaan tambang besar yang based di UK. Karena tidak langsung berkaitan dengan perayaan Chinese, maka tidak ada barongsai, naga, silat seperti di Teluk Naga.

Beberapa foto di bawah ini mudah2an memberi gambaran tentang suasana Festival tersebut.

Lokasi pertandingan

 

Latihan pemanasan. Semua regu biasanya melakukan pemanasan dulu sebelum bertanding supaya tidak kram.

 

Promosi, seperti biasa, setiap event selalu dimanfaatkan untuk promosi dan jualan barang

Di tempat pembuangan sampah ada anggota-anggot volunteer yang akan membantu mengarahkan supaya sampah-sampah dibagi secara group agar gampang direcycle kembali.

 

Camp tempat istirahat.

Sejak pagi-pagi sekali setiap regu sudah disediakan tempat terisolir untuk mereka buat tenda bagi anggota-anggotanya berkumpul dan bisa beristirahat sambil makan (mungkin juga tidur pakai sleeping back) karena setiap regu yang menang akan berlomba berkali-kali.

Lain kalau kita lihat regu Bapak-bapak dan Ibu-ibu tua yang biasanya hanya bertanding 1 kali sudah kalah, mereka enjoy bisa ikut dan sambil berolahraga.

Mau pijat, mesti bayar, anda bisa melihat tarif nya yang untuk Indonesia lumayan mahal karena hitungnya per menit.

Menuju ke tempat pertandingan. Dari tempat berkumpul, regu-regu bisa melihat jadwal mereka dan mendekati jam bertanding mereka berkumpul sesuai dengan yang sudah ditentukan. Kemudian mereka mendayung ke tempat start dan mendayung ke lokasi semula, selama bertanding, ada beberapa speed boat yang selalu menjaga kalau-kalau ada kecelakaan yang perlu pertolongan segera karena tidak semua peserta bisa berenang.

 

Jualan

 

Sampling

Biasanya event-event seperti ini banyak yang bagi-bagi sample gratis, kalau mau keliling semua biasanya ngak usah makan siang lagi karena di sini kalau bagi-bagi sample biasanya mereka cukup royal dengan porsi-porsi besar.

 

Juga ada panggung hiburan yang sambil makan bisa menikmati musik di sekitar lokasi pertandingan.

 

Isi botol minum gratis. Minum air adalah sesuatu yang penting disini, hampir semua oraang bawa botol air minum dan disediakan tempat mengisi air minum yang gratis.

 

Bertanding

 

Foto gratis

 

 

13 Comments to "Dragon Boat Festival Vancouver 2011"

  1. J C  16 June, 2011 at 23:36

    Pak Kanakin…waaaahhhh reportase dari Dragon Boat Festivalnya asik banget. Sepertinya masih sedikit di Indonesia yang memberikan sample gratis dan botol minum bagus gratisan seperti di artikel ini. bisa gawat nanti, satu RT datang bawa jeriken ngisi minumannya, dan gantian seluruh anggota keluarganya ngantre minta botol gratis…

    Dengar kabar barusan Vancouver riot ya, pak? Waduh, semoga semua baik-baik saja. Ternyata riot bukan hanya bisa terjadi di Indonesia saja, di negara maju yang biasanya tenang seperti Canada toh bisa terjadi riot dan penjarahan juga. Semoga semunya baik-baik saja di sana…

  2. Sirpa  16 June, 2011 at 22:39

    Ikutan sama Mbak Hennie … ya kangen juga ama Vancouver ( waktu itu nembus ke Campbell River cuman mau mancing ikan ) …. Salam !

  3. Handoko Widagdo  16 June, 2011 at 18:55

    Maturtengyu ya Kanakin. Aku seakan ikut menyaksikan pestanya

  4. Mu ammar  16 June, 2011 at 18:08

    Wah, kalo diindo mana ada tempat buat air minum gratis, semua serba bayar.

  5. atite  16 June, 2011 at 13:22

    wah kayaknya asik jg membentuk otot dg berdayung, drpd di gym boring & tdk inpiratif, he3x…
    salam… ngos…ngos…

  6. Kanakin  16 June, 2011 at 11:35

    Pak Djoko, Bu Hennie, Kornelya dan Daisy,
    Terima kasih sudah mampir, saya suka mampir di event2 seperti ini karena biasanya banyak sample2 exclusive yang bisa di collect, kali ini saya dapat botol minum aluminium exclusive seperti terlihat dimeja pada “foto gratis”.
    Salam,

  7. Djoko Paisan  16 June, 2011 at 11:21

    Terimakasih bung Kanakin….
    Dj. kira sambungan ceritanya dimas J.C.

    ( Lain kalau kita lihat regu Bapak-bapak dan Ibu-ibu tua yang biasanya hanya bertanding 1 kali sudah kalah, mereka enjoy bisa ikut dan sambil berolahraga. )

    Dabei sein ist alles ( ini kata orangf Jerman ) = ikutan saja sudah segalanya.
    Ini mota banyak orang Jerman, walau tidak menang, tapi sudah ikutan, jadi ada pengalaman.

    Salam Sejahtera dari Mainz.

  8. HennieTriana Oberst  16 June, 2011 at 10:49

    Jadi kangen Vancouver. Seru banget lomba perahunya.

  9. Kornelya  16 June, 2011 at 09:47

    Kanakin, lihat fotonya , rasanya pingin ikut jadi peserta, kayaknya seru banget. Salam.

  10. Daisy  16 June, 2011 at 08:20

    Di tempat pembuangan sampah ada anggota-anggot volunteer yang akan membantu mengarahkan supaya sampah-sampah dibagi secara group agar gampang direcycle kembali.
    _____________________

    Wah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.