Zainuddin MZ, Memang Zainuddin

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

DIA adalah penceramah agama yang paling populer di Indonesia. Dia bisa berbicara kepada siapa pun dengan bahasa dan sudut pandang mereka. Namun sebuah taboo bagai seorang penceramah adalah memasuki dunia politik, sebuah lapangan yang mengharus orang sulit berdiri di semua pihak. Kepergian seorang Zainuddin MZ, penceramah kondang dengan julukan da’i “Sejuta Umat”, menandakan bahwa tidak mudah berbicara kepada orang banyak dan hanya bisa dilakukan dengan sudut pandang dan perasaan mereka.

 

95 Comments to "Zainuddin MZ, Memang Zainuddin"

  1. IWAN SATYANEGARA KAMAH  8 August, 2011 at 12:01

    Terima kasih Inakawa atas apresiasinya terhadap Da’i ZMZ. Memang benar sekitar 13 tahun silam beliau menjadi iklan TV Mie Karomah. Saya juga mengetahui bahwa ada tujuan substansial dibalik pemunculan sebagai bintang iklan. Bahkan sempat ada selentingan dari iklan tersebtu bahwa Da’i Zainuddin MZ adalah adik kandung Rhoma Irama. Alasannya, Da’i menyebut mie instan tersebut milik kakaknya, Kak Rhoma (Ka Romah).

    Salam Jakarta untuk Alarobia

  2. EA.Inakawa  7 August, 2011 at 03:31

    Assalam Pak Iwan……maaf baru sempat terbaca,saya pernah bersanding dengan beliau Pak pd tahun 1996 – 1998,waktu beliau duduk dalam struktur komisari PT.Karomatul Ummah yang bekerjasama dengan Yayasan Kartika Eka Paksi Bapak Agum Gumelar,waktu itu kami meluncurkan Mie Instan KAROMAH dan beliau langsung turun sebagai Bintang Iklannya,saya menemani beliau dalam Tabliq Akbar nya di Medan. Kebetulan waktu itu saya sebagai Area Sales & Promotion Manager Sumatera. Saya salut ketika itu dengan Konsef beliau yang ingin mencerdaskan Kehidupan Ummat ber Agama dari sisi Ekonomi kecil kerakyatannya. Ya bagaimanapun kita kehilangan sosok seorang ULAMA yang Luar Biasa Cerdas dalam setiap dakwahnya…..Almarhum memang sempat terpeleset keranah Politik dan semoga Allah SWT mengapuni khilafnya,menempatkannya kedalam golongan ahli syurga.
    Salam Hormat dari Antananarivo

  3. IWAN SATYANEGARA KAMAH  23 July, 2011 at 05:45

    Terima kasih kembangnanas…. Amiin….

    Lebih bagus mendoakan orang daripada menyumpahi orang…

    Salam dari Iwan MZ

  4. IWAN SATYANEGARA KAMAH  23 July, 2011 at 05:44

    Mas Bagong, ZMZ dijuluki Da’i sejuta umat karena memang pengagumnya yang terdafatr cuma sejuta orang..
    Matur nuwun sanget, udah mampir denger ceramahnya.

  5. IWAN SATYANEGARA KAMAH  23 July, 2011 at 05:42

    Lieber Hennie….sayang si ZMZ belum sehebat yang saya kira. Dia belum pernah ceramah di Tubingen..

    Terima kasih..

    4-3

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.