Soekarno Loves Disneyland: the first president who have visited Disneyland

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

TANGGAL 17 Juli 2011 Disneyland genap 56 tahun setelah dibuka pertama kali pada tahun 1955 oleh pendirinya Walt Disney. Presiden RI Soekarno tercatat sebagai ‘the first president who have visited Disneyland ketika pada 4 Juni 1956, dia bersama putranya Guntur disambut langsung oleh Walt Disney. Seperti plakat yang dipasang dalam Magic Kingdom itu oleh Walt Disney, siapapun yang masuk ke Disneyland mereka  telah meninggalkan masa kini dan masuk ke masa silam serta masa datang dan alam fantasi. Setelah dari Disneyland, Soekarno selalu dijejali pikirannya untuk membangun kejayaan Indonesia dengan memakai kehebatan masa silam untuk dibentangkan jauuuuh…ke masa depan.

 

 

69 Comments to "Soekarno Loves Disneyland: the first president who have visited Disneyland"

  1. Cak Waw  9 June, 2013 at 19:33

    Mungkin ada kesimpang siuran sedikit mengenai tahun persisnya. Data ini aku ketahui dari berita sejarah animasi Indonesia. di internet rata-rata menuliskan ini untuk sejarah animasi Indonesia

  2. IWAN SATYANEGARA KAMAH  9 June, 2013 at 19:15

    Hallo Cak Saw,

    Sangat tertarik dengan informasi tentang ini. Mungkin di masa mendatang kami akan cari lebih rinci lagi tentang hal ini. Sebelumnya tidak ada informasi tentang ini.

    Sekali lagi terima kasih banyak atas informasi dan apresiasinya.

    Sama.

  3. Cak Waw  9 June, 2013 at 18:27

    Jadi pada tahun 50an. Kabarnya sih 1955, mungkin setelah kunjungan ini. Bung Karno mengirim Dukut Hendronoto atau Pak Ooq ke Walt Disney untuk belajar animasi. Setelah kembalinya dari sana, Pak Ooq membuat iklan politik dengan tampilan animasi berjudul “Si Doel Memilih”. Tayang di TVRI tahun 60-an. Sayangnya iklan itu sekarang dikabarkan hilang. Itu adalah animasi pertama Indonesia.

  4. IWAN SATYANEGARA KAMAH  5 June, 2013 at 05:32

    Trima kasih Cak Waw. Saya bahkan baru mengetahui bahwa Soekarno pernah mengirimkan seseorang ke Disneyland. Bila ada kisahnya, sangat menarik untuk diketahui masyarakat.

    Masalah banyak angan-angannya yang tak tersampaikan sudah menjadi hal lumrah.

    Salam.

  5. Cak Waw  4 June, 2013 at 17:41

    Terimakasih bang.. kalo aku liat sih, mungkin lho. ini imajinasi saya, Bung Karno berharap Indonesia memiliki kreatifitas animasi. mengingat beliau sampai mengirim orang belajar langsung di Disney. tahun segitu langka saja seorang pemimpin mengirim seseorang hanya untuk belajar seni animasi. yang kalau dipikir jauh dari ideologi bangsa saat itu yang lagi puyeng. Dan Bung Karno apresiasinya besar sekali untuk seni. Di Surabaya beliau sempat merencanakan membangun pusat seni pada satu area besar, namun gagal karena keduluan lengser. semoga ada informasi lagi untuk sejarah animasi Indonesia..

  6. IWAN SATYANEGARA KAMAH  4 June, 2013 at 06:45

    Silahkan Mas Cak Waw.

  7. Cak Waw  4 June, 2013 at 06:34

    Wahhhh ini lebih lengkap informasinya, kenapa Bung Karno menyukai film kartun dan mengirim pak Ooq ke Disney… dan foto Presiden Soekarno bersama Walt itu langka! Aku ijin share di blog ku ya bang kalo boleh

  8. IWAN SATYANEGARA KAMAH  5 December, 2012 at 07:45

    Happy Birthda Walt Disney.

  9. IWAN SATYANEGARA KAMAH  29 July, 2011 at 07:40

    KELUARGA BESAR DISNEY MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.