Kolaaakkk…!!!

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SAHABAT – SAHABAT BALTYRA…..

Kali ini, Dj. hanya ingin pamer ” KOLAK ” ala mbok Susi…..Jelas Kolak di Indonesia yang dibikin oleh orang Indonesia, Dj. akui lain….Tapi Dj. sangat bangga, karena mbok “bule” satu ini masih mau bikinkan kolak untuk Dj.

Nah…ini dia kolak ala mbok Susi….

Dj. yakin apa yang akan anda lihat, akan membuat anda “mungkin” tertawa, karena cara yang aneh di mata anda…. tapi tidak jadi masalah. Bila ada di antara anda yang jauh lebih Profisional, silahkan beri advis untuk kami. Hanya cara inilah yang kami kenal dan yang biasa kami gunakan dan sangat uenaaaaak…!!! Hahahahahaha….!!!

Anda sudah bisa lihat, cara mbok Susi mengupas singkong (pohung atau ketela pohon) sudah lain. Dj. pernah ajari cara orang Indonesia mengupasnya, tapi dia bilang so kompliziert (terlalu rumit).

Kalau hanya untuk sekedar dimakan begitu saja dengan sambel, biasanya dia kukus. Tapi untuk dibikin kolak, maka singkong dia rebus dengan air, emang mau direbus dengan wein…??? Hahahahahahahahaha….!!!!

Saat singkong direbus, maka Susi mengupas pisang tanduk dan menyiapkan yang lainnya.

Anda bisa lihat, di samping pisang tanduk, ada juga daun pandan, kolang-kaling dan gula jawa…Kok disebut “gula jawa”..??? Mengapa tidak gula batak atau gula bali….??? Jangan-jangan Nuchi protest lagi nih…..hahahahahaha…!!! Gula batak…gula batak…!!!

Saatnya merebus gula jawa, juga dengan air…

Setelah gula jawa larut dalam air, saat direbus, jangan lupa gula jawa disaring. Anda bisa lihat banyak kotoran yang ada di dalam gula jawa, kalau gula batak, mungkin bersih ya…. Tapi untuk meyakinkan, lebih baik disaring, tapi kotoran seperti photo di bawah ini, jangan dimasukan ke panci lagi. Ya percuma saja disaring…..hahahahahahaha….!!!

Dj, bertanya, kok daun pandannya tidak dipotong-potong Yang….Dia jawab, tokh nanti kalau menyajikan juga tanpa daun pandan…. Nah ya….

Singkong rebus…???? SIAAAAAP…!!! Tanpa dibikin kolak, ini singkong juga sudah ueeeenaaaak….!!! Hahahahahaha…!!!

Kolang kaling….??? SIAAAAP….!!!

Bananne….??? SIAAAAP….!!!! Pluuuung…..!!!

Di sini anda lihat ada pisang tanduk yang sudah sedikit tua dan ada yang masih keras. Susi hanya ingin tau, kalau sudah jadi nanti, mana yang enak, yang muda atau yang tua….

Singkong siaaaap….!!!! Pluuuung…!!!

Kolang-kaling….. pluuuung….!!! pluuuung…!!!

Selesai Yang….???

Susi jawab….belum dong…. tunggu besok baru selesai, supaya bumbunya meresap, maka akan terasa lebih uenak. Dan kalau besok dibubuhi santennya baru selesai…..Dj….. Hhhhhmmmmmm….. mesti nunggu sampai besuk….???

Okay…..

Satu yang ingin Dj. jelaskan, bahwa semua bahan bisa dibeli di toko Asia di Mainz….Kolang-kalingnya bukan yang segar, tapi sudah dibotol kecil, tapi rasanya tidak kalah dengan yang segar…Juga ada kelapa muda di botol, Cing chao di kaleng, kami sering bikin es campur dengan sirup mawar (Rosen sirup).

Hhhhhmmmmmm….!!!! Kalau udara di luar sangat terik, maka makan es campurnya mbok Susi, bisa menyegarkan tenggorokan.

Okay….sampai besok ya…..

 

Hallo…hallo….Maaf kemarin saat kolaknya sudah jadi, pas ada tamu keponakan Dj. sekeluarga dari Indonesia. Mereka juga puas dan bahkan heran, di Eropa masih ketemu kolak…..Saking asyiknya ngobrol, Dj. malah lupa ambil photo, sialaaaaaan…!!!

Tadi pagi, Dj. tanya Susi, apa kolaknya sudah habis….???Dia jawab, yang kemarin dihidangkan ya sudah habis, semua doyan….Dj. sangat kecewa karena tidak sempat ambil photo, taunya Susi senyum, Dj. heran….

Dia bilang, yang untuk BalTyRa, masih disediakan dan belum dibubuhi santan…Dj. jadi semangat lagi, langsung Susi keluarkan dari Koolkaas dan dia rebus dan dia bubuhi santan.

Puji TUHAN….!!! HALELUYA….!!!! Memang istri satu ini , sangat istimewa dan selalu tau saja apa yang suaminya inginkan, bahkan ingat untuk BalTyRa….hahahahaha…!!!

Nah ini dia kolak yang mbok Susi bikin, silahkan coba, mau di mangkok besar….??? Silahkan….!!!

Mau mangkok yang kecil dulu, juga ada, siapa tau tidak doyan kan….hahahahahahahaha….!!!! Silahkan dan jangan sungkan-sungkan…

Okay….Kalau sudah kenyang, cuci mangkoknya masing-masing ya….Dj. mau antar Susi ke salon dulu, kalau masih betah di rumah Dj. , mau tiduran di sofa juga boleh, asal jangan ngiler ya…Hahahahahahahaha….!!!Sampai jumpa di lain kesempatan dengan oret-retan Dj.

Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang tentu sangat cape ngurusin oret-oretan Dj. mulu, silahkan ambil kolaknya yang banyak. Terimakasih untuk kesabaran anda semua, yang telah membaca atau memakan kolak Dj….hahahahaha….!!!

Dj. mohon maaf bila ada (banyak) kata-kata yang Dj. tulis dan tidak berkenan di hati anda…

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz

Dj. 813

***

Mas Iwan pesen kolak berapa mangkok ???

Pakai santen atau pakai susu mas…???

O…susunya mau meras sendiri, ya silahkan…..

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

196 Comments to "Kolaaakkk…!!!"

  1. Dj.  29 August, 2011 at 00:43

    Bung Wahnam….

    Terimakasih sudah mampir….
    Jujur, memang enak kok, apalagi dimakan untuk bka puasa, papsti nendang deh….
    Hahahahahahaha….!!!
    Salam Sejahtera dari Mainz….

  2. Wahnam  28 August, 2011 at 20:49

    waw.. OK punya nih Pak DJ. hmmm..lagi ngebayangkan makan Kolak pisangnya made in Pak Dj dan mbak Susi. Pasti sedap..!! ha ha ha ha…

  3. Dj.  25 August, 2011 at 00:40

    Mbak Saras….
    Terimakasih ya, sudah mampir….
    Nah itu ken ngobrol ditelpon dengan mas Iwan, yang mungkin tidak suka santan dan
    beliau suka meras susu, entah susunya siapa yang akan beliau perah…..hahahahahaha….!!!
    Ups…. maaf…Jokes…!!!
    Salam manis dari Mainz…

  4. Saras Jelita  25 August, 2011 at 00:05

    Mas Dj…emangnya ada gitu Kolak pake susu? udah gitu disuruh merah sendiri lagi susunya….Emangnya makan Kolak di Kandang Sapi…wakakkakakakkkk…aya..aya…wae neehhhhh )

  5. Dj.  10 August, 2011 at 00:36

    Imeii….
    Terimakasih ya…
    Benar memang, tapi oret-oretan Dj. yang seminggu sekali, terlalu banyak menyikat waktu Dj.
    Mungkin dua minggu sekali atau sebulan sekali, untuk masa yang akan datang.
    Atau kalau ada idee ya nulis, entah 1 , 2, 3 atau 4 minggu sekali.
    Yang jelas, walau tidak bikin oret-oretan, tapi selalu hadir di BalTyRa….
    Kemarin, dengerin David nyanyi lagu dalam bahasa Slowakia, sangat lucu…
    Dia mau ajari opanya, tapi Dj. sulit untuk menghapal kata-kata yang tidak Dj. kenal.
    Malah kalau salah mengucapkan, dia tertawa….hahahahaha….!!!

  6. Imeii  10 August, 2011 at 00:29

    ye Om.. pantesan dari semalam bolak balik kemain page, kok ada yang kurang, kemudian ingat biasanya hari selasa artikel om muncul… ditunggu ya om.. musti ajak bu Susi atau David jalan2 untuk dapat ide tulisan haha

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.