Rapa Nui

Mpek Dul – Belanda

 

Luas wilayah 164 km2 penduduk 3800 orang.

Dalam bahasa Spanyol negara ini bernama Isla de Pascua, atau Rapa Nui adalah satu pulau termasuk grup Polynesia, tetapi adalah satu propinsi dari negera Chili, didalam regio Valparaíso.

Gubernur dari pulau ini adalah seorang Chili yang berasal dari pulau Melania Carolina Hotu Hey.

Luas wilayah 164 km2 dan penduduk berjumlah sekitar 3800 orang.

Ibu kota Hanga Roa, dipulau yang utama.

Bahasa resmi yang dipakai pada umumnya Spanyol seperti hampir disemua benua Amerika Selatan, disamping bahasa mereka sendiri: Rapa Nui.

Rapa Nui adalah salah satu pulau yang paling terkucil di dunia, dan hanya dapat dicapai dari Santiago de Chile, Chili.

Rapa Nui berarti Karang besar (rapa= karang, nui = besar), satu nama yang diberikan oleh pelaut2 dari Tahiti pada tahun 1863, sedangkan seorang kapten pelaut Belanda Jacob Roggeveen menamakan pulau ini Paaseiland atau Easter Island, dalam bahasa Spanyol Isla de Pascua (baca paskua) yang berarti “Pulau Paskah” (Isla=pulau, Pascua=paskah), karena dia mendarat di sini pada hari minggu paskah tanggal 5 April 1722.

 

 

 

12 Comments to "Rapa Nui"

  1. Lani  29 August, 2011 at 02:15

    MPEK DUL : Kalo Hawaii itu wadooh, do-it do-it mata do-it melulu, semua komersial, sial buat kantong, makanya orangnya kaya balon, lebar2 dan gendut2 gembur2, pinggulnya setampah (tante Lani itu kecualian).
    +++++
    Jelas dunk mpek, Q ndak gembur dan selebar tampah….mpek kan udah tau sendiri hehehe
    Nanti senep diliat klu melegar kekiri dan kekanan dunk mpek.
    +++++++++
    Lho tante Lani itu gimana sih Rapa Nui itu kan dekat Chili, bukan dekat New Zealand. Gimana sih ilmu buminya? Payah payah ruwet, wa-ak. Chili negara nya nggak lebar tetapi panjang, meski begitu luasnya hampir 1,5 kali seluruh pulau Kalimantan dan penduduknya belon ada 20 juta !
    ++++++++
    Sori de mori mpek, krn udah lama ndak bukak peta wakakaka……
    Klu chili neg memanjang Q msh eling mpek, tp setauku rapa nui itu jg nama sebuah pantai di NZ, klu salah lagi ya apesssss
    +++++++
    Tante Lani, akibuto iku sopo mbak? Sll disenggolnya? Apane sing disenggol? Wakakak itu apa kacoak dari Hawaii? Wah Kailua Pier itu denger2nya banjir, jadi kapal dari Hilo mungkin langsung ke arah selatan menuju ke Australia. Tahun lalu Diamond Princess mpek juga rencana mau ngendok di Pattaya Tahiland 2 malam tapi banjir jadi terus berlayar ke Vietnam, Nha Trang nggak tahunya disana juga hujan banjir.
    ++++++++
    Mpek sebentar lagi ketemuan ama aki buto jd bs tau sapa dia hehehe
    Sapa bilang Kailua pier banjir mpek?
    ++++++++++
    Waktu dengan Carnival Magic di Dubrovnik Croatia juga dihujani terus, malah dipotret dari langit pake lampu cepret cepret gludug, jadi akirnya ya nggak bisa banyak liat. Selalu kalau cruise di hujani, jadi kali ini Kailua Kona sebaeknya dilewati saja kalo oh banjir. Wa-ak wa-ak
    ++++++++
    Mosok banjir terus2-an ya ndak to mpek, nanti klelep njur aku gimana?
    +++++++++++
    Lani, mahalo nui loa itu kok kedengarannya seperti memangnya kamu ini tukang loak? Eeh buseet mpek bukan tukang loak, tapi turis yg ikut baris kalo keluar kapal. Strange people are the Hawaiian! Masa turis disangka tukang loak.
    +++++++++
    Wakakak…….mpek iki lo ada2 aja, turis=tukang loak?
    Apalagi turis macam mpek ya jauuuuuuh dunk dr tukang loak.
    +++++++++++
    Ok guys, nanti lain kali mpek coba ajak berlayar lewat tulisan dengan Diamond Princess (milik Carnival), Oasis of the Seas (Royal Caribbean), Carnival Magic, Holland America Line (juga milik Carnival), MSC Cruises (Italian: MSC Crociere S.p.A.), Cunard (Queen Elisabeth cruiseships).
    Sementara ini mpek absen dulu ya, sebab minggu depan mau pergi lagi sampe awal oktober, jadi pamit dulu jangan dicari kalo tidak sempet beri jawab dan komentar kalian. Pesan mpek, yg rukun2 saja, jangan ribut2 ya selama mpek nggak ada di pondokan.
    +++++++++++
    Mpek, suwe nemen perginya? Emank ndak bawa laptop ya? Jd ndak bs ngirim email?
    Ok, selamat berjuang lo kok berjuang, maksudnya menikmati travel jgn lupa nanti artikelnya dikirim kesini ya
    Adios……ciao

  2. mpek dul  27 August, 2011 at 03:57

    August 26th, 2011 at 23:56 atite Says:
    waaah keren… ini salah satu tujuan wisata sy yg entah kapan… Easter Island memang namanya saja yg sama dg pulau d New Zeland…
    mpek Doel seneng jalan2 ke tempat2 terpencil? berhubung mpek skrg yg punya uang, coba jalan2 ke Yemen nanti cerita2 ke saya, di sana ada pulau Socotra yg bener2 seperti ‘dunia lain’ dg pohon2 purbanya, mungkin seumur dg mpek Doel….(just kidding, mpek!) cita2 sy pingin nyampe k sana soalnya, hi3x…

    Atite, kalo mau petualangan itu nggak usah punya banyak do-it, tapi juga jangan tidur dihotel 5* dan makan di restoran, naik mobil mewah. Seni nya orang bepergian begini ini harus berani kesepian, jangan takut, makan seadanya, ikut ndompleng cuma2 diatas truk yang muat kambing atau ayam, konfrontasi kan diri kita dengan hidup apa yg diberikan alam. Ada roti ya beberapa hari makan roti melulu atau ketela rambat, Jangan mesti harus makan nasi, apalagi yang mewah2, tidur dirumah penduduk setempat. Mandi 2 atau 3 hari sekali. Di Yemen yg mau dicari itu apa, semua serba tertutup? Juga mau jalan2 ke Arab Saudi tidak mungkin, sebab tertutup untuk turis. Dubai, Oman itu bebas dan demokratis.
    Agama2 lain diperkenankan dan tidak dipersoalkan. Nah tujuan selanjutnya adalah Palau, jadi ikuti saja tulisan selanjutnya, habis itu nyebrang ke Caribbean, Aruba St. Martin, Barbados, Bahama, Costa Rica, terus ke Afrika Selatan, Mauritius, Gambia, eeeeh Ini pengalaman yang tidak ternilai harganya, dan tidak bisa dibayar dengan do-it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.