Ikut Merayakan Lebaran

Mawar

 

Hallo teman-teman semua, apakabar? Sudah agak lama saya ngga mengirim artikel, alasannya antara malas nulis dan sibuk. Kali ini saya ini berbagi cerita soal meneruskan kebiasaan Mamaku untuk ikutan merayakan Lebaran dengan membuat hidangan lengkap berupa ketupat beserta lauk-pauknya.

Dulu waktu kami semua masih tinggal bersama orang tua, ya enak banget kalau Lebaran soalnya banyak makanan dan kue-kue. Selain banyak tetangga yang mengirimkan rantang, Mama juga membuatnya. Setelah mama berpulang, kebiasaan itu kami teruskan…… walau tidak selengkap biasanya. Setelah aku pindah ke rumah sendiri di Jakartapun, kebiasaan itu aku dan adikku beserta ipar-ipar meneruskan kebiasaan itu.

Waktu tahun pertama tinggal di luar negeri, saya ngga bikin karena masih susah untuk mencari bahan-bahannya, di samping itu malas juga karena kurang seru. Tahun ketiga aku mulai bikin masakan untuk ketupat dan disantap dengan nasi saja karena ngga ada sarung ketupat di sini dan belajar bikin lontong ngga berhasil dengan bagus, tapi tetap aku bikin setiap tahun.

Kira-kira 2 tahun yang lalu aku mengenal yang namanya ketupat Instant buatan negeri Jiran (terima kasih ya Imeii telah mengenalkannya padaku). Berhubung belum ada yang menjualnya di toko Asia dikota tempatku tinggal, setiap keluar kota yang ada Supermarket Asia yang besar pasti aku beli buat stock. Beruntung banget tahun ini Toko Asia di kotaku sudah mulai jual ketupat instant tersebut.

Selesai belanja langsung laporan ke suami gimana senangnya waktu yang empunya toko menunjukkan padaku bungkusan ketupat tersebut sewaktu aku tanya ke dia, bukan saja itu….. dia juga menunjukkan rak tempat makanan kering dari Indonesia.

Berikut di bawah ini adalah hidangan yang saya bikin tahun ini:

1. Ketupat instant yang sudah matang (direbus selama 1 jam)

2. Ayam Asam Pedas ala Mawar

Bahan-bahannya:

3 butir Bawang merah/shallot (kalau besar banget cukup 1)
Seruas Kunyit (bisa diganti dengan 1 sendok teh kunyit bubuk)
Seruas Lengkuas
5 butir Kemiri
Cabe merah (saya pakai bubuk cabe merah)
Seruas jari asam jawa (tambahkan air secukupnya dan remas)
Garam dan lada secukupnya
7 paha ayam (bagian bawah/drumstick) tanpa kulit, potong sesuai selera

Caranya:

a. Haluskan semua bahan bumbu, kecuali garam dan lada lalu tumis dengan minyak sampai agak kuning dan harum, lalu masukkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna, tambahkan garam dan lada.

b. Tambahkan air sampai menutupi permukaan ayam, masak sampai ayam empuk dan kuah tinggal sedikit. Tambahkan air asam dan cicip apa sudah cukup rasanya. Angkat dan sajikan di mangkuk.

 

3. Rendang Tahu dengan Telur

Untuk rendang ini saya pakai bumbu yang sudah jadi, sehingga rincian resepnya tidak diperlukan di sini. Untuk santannya, saya pakai Santan Encer kalengan, dan satu kaleng santan encer ini bisa buat 4 kali masak (bukan pelit ya, tapi demi kesehatan saja).

 

4. Sayuran dengan Kuah Santan ala Mawar

Untuk bumbunya sama seperti bumbu untuk ayam tapi tanpa asam jawa, cuma ditambah ketumbar bubuk 1 sendok teh, 2 siung bawang putih , santan encer, 1 sendok makan ebi yang sudah direndang dan ditumbuk kasar. Untuk sayurannya saya pakai kacang panjang dan wortel (potong/iris sesuai selera).

Cara masaknya sangat gampang;

Tumis bumbu halus dengan minyak sampai harum dan kuning kecoklatan, masukkan ebi tumis sampai harum, lalu masukkan santan encer plus air secukupnya. Tunggu sampai mendidih (harus sering diaduk supaya santan ngga pecah), masukkan sayuran dan masak sampai sayuran agak empuk kemudian tambahkan garam dan lada secukupnya, cicip lalu angkat dan hidangkan di mangkuk besar.

Gampang kan membuat hidangan Lebaran ini. Maaf ya bila takaran resep ini seadanya, karena saya juga cuma mengira-ngira saja waktu masaknya.

Terima kasih ya sudah meluangkan waktu membaca tulisanku ini.
Salam

 

 

76 Comments to "Ikut Merayakan Lebaran"

  1. Mawar09  22 October, 2011 at 02:11

    HN: iya utk kita-kita yg tinggal di luar negeri ketupat ini memang enak lah walau lama rebusnya. Tapi menurut Imeii sekarang ada yg ukurannya kecil-an, tapi aku belum pernah lihat. Mungkin harus di Asian Store yg besar ya! Salam!

  2. HN  22 October, 2011 at 00:00

    Hehehe…aku pakai ketupat itu juga… hehe. Lumayan ya mbak… Ngrebusnya tapi agak lama…

  3. Mawar09  26 September, 2011 at 10:30

    DA: terima kasih ya ucapannya dan amin untuk doanya. Peluk hangat juga untukmu dan keluarga ya!

  4. Dewi Aichi  26 September, 2011 at 09:32

    Mawar……selamat ulang tahun, semoga bahagia, dan sehat bersama keluarga dan orang orang tercinta…..peluk hangatku untukmu….

  5. Mawar09  23 September, 2011 at 21:17

    Yeni: terima kasih ya sudah mampir dan berkomentar. Silahkan dicoba masakan ayam asem pedasnya, semoga cocok seleranya. Salam!

  6. Yeni Suryasusanti  23 September, 2011 at 11:03

    wah, baru sempat jalan2 kesini…. ayamnya kelihatannya menggiurkan
    ntar aku coba ahhhh….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.