Aquarium (2)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SOBAT BALTYRA YANG BERBAHAGIA….

Sepeprti janji Dj. di bagian 1 tentang aquarium, maka inilah saatnya Dj. bercerita tentang aquarium bagian ke 2. Semoga anda semua belum bosan ya…

Okay….Di bagian ke 2 ini, Dj. ingin mengajak anda untuk memperhatikan air di dalam aquarium anda…Jelas, agar air didalam aquarium anda selalu jernih dan tidak bau amis…Maka untuk hal tersebut aquarium anda memerlukan filter (panyaring air).

Ada dua macam filter, agar air dalam aquarium selalu jernih.

1. Filter yang ada di luar, lebih praktis (menurut Dj.), karena saat membersihkan filter (bisa 2X setahun). Kalau anda banyak waktu, boleh juga 3-4X setahun, yang jelas tidak akan mengganggu kehidupan di dalam aquarium. Anda bisa dengan santai mengambilnya membawa ke tempat untuk membersihkannya.

2. Filter yang ada di dalam aquarium (seperti terlihat di bawah ini, sebelah kanan belakang warna hitam). Untuk membersihkan filter ini, perlu kesabaran, karena anda harus mengeluarkan ISI filter untuk membersihkannya. Dan setelah bersih, mengganti saringan yang berupa kapas dan yang lainnya, maka anda harus mengembalikan ke tempatnya yang semula.

Maka seperti photo di bawah ini, air akan selalu jernih dan baik ikan, pun tanaman hidup yang baik.

Neon Tetra

Labio bocolor, ikan ini memerlukan tempat yang sedikit gelap untuk persembunyiannya.

Botia Macrakanta…Ikan ini asal dari Sumatra, sekitar tahun 1980 berhasil diternakkan di Chekoslvakia. Bila sampai di aquarium anda terdapat keong kerucut, maka anda perlu memelihara ikan ini.  Karena dia akan memakan keong-keong di aquarium anda…

Sekali lagi Dj. ingatkan agar anda tidak sering membersihkan aquarium, apalagi mengganti tanaman, karena anda sudah bosan dengan tanaman yang lama.

Di dalam aquarium bukan dunia anda, tapi satu kehidupan yang lain, yaitu dunia ikan dan tanaman.

Anda hanya diperbolehkan untuk menikmatinya, bukan mengubeg-ubeg sehingga penghuninya menjadi stress dan akhirnya mati sebelum waktunya….

Lho…

Katanya Dj. paling malas baca, kok tau semuanya…dari mana…??? Jujur, memang Dj. orang yang malas baca buku, tapi Dj. beli buku juga, hanya saja bukan Dj. yang baca. Saat akan tidur, maka Susi yang membacakan, Dj. hanya mendengarkannya saja.

Maklum saat kecil, kalau mau tidur, tidak ada yang membacakan cerita…hahahahahahaha….!!!!

Alhasil…bukan hanya Dj. yang tau tentang aquarium, tapi Susi juga tau dan mengerti apa itu kehidupan di dalam aquarium.

Sehingga, jika Dj. ada tugas yang lain, maka Dj. yakin Susi adalah assisten yang paling baik, demikian juga dengan bonsai, hanya tidak bisa diterapkan dengan hobby melukis….hahahahahahaha…..!!!

Bila anda mengerjakan seperti yang Dj. anjurkan, anda bisa menikmati aquarium anda selama hidup anda.

Kecuali anda bosan atau ingin membeli yang lebih besar lagi.

Yang jelas, anda tidak akan kecewa, sekali kerja dengan benar, maka anda bebas dari masalah yang sering anda dengar. Memelihara ikan di dalam aquarium tidak sulit dan juga tidak banyak kerjaannya, bila anda memulainya dengan benar. Sekali untuk jangka waktu yang lama, anda tidak perlu setiap tahun menguras air di dalam aquarium. Selain membersihkan filter, anda diwajibkan setiap 3 bulan sekali mengganti air sebanyak 3-4 ember, bila aquarium anda sebesar yang Dj, miliki (240 liter).

Jelas…. bila aquarium anda lebih besar, maka perlu mengganti airnya juga lebih banyak, tapi hanya mengganti dan bukan menguras air semuanya. Ini akan berakibat fatal, karena bakteri yang fungsinya sebagai pelindung kehidupan di dalam aquarium anda, akan hilang.

Okay….

Sekarang tiba mengenai penerangan (lampu) yang biasanya digunakan adalah lampu neon tabung. Bila dalam aquarium anda ada 2 lampu neon, maka sangat baik bila 1 neon (daylight) dan satu lagi untuk pertumbuhan tanaman (Floralight), mungkin yang ini harganya sedikit lebih mahal, tapi tanaman di aquarium anda memerlukannya.

Lampu Neon yang berfungsi untuk menumbuhkan tanaman, sebaiknya setiap 2 tahun diganti, karena setelah dua tahun, maka kekuatannya akan menjadi sangat lemah.

Satu hal lagi yang ingiin Dj. ingatkan….Bila anda senang dengan ikan-ikan salmler seperti ikan neon (Neon tetra), ada yang biru merah, ada yang hitam putih.

Atau salmler yang lainnya, jangan memelihara dalam jumlah satuan. Ingat ikan ini hidup di dalam perkumpulan yang besar, jadi bila anda ingin memeliharanya, maka minimum 10 ekor.

Di dalam aquarium di atas, ada 100 ekor lebih, dan ikan Serpa salmler (Hypessobrycon eques), juga di atas 100 ekor. Jelas dalam kurun waktu, ada yang akan mati juga, karena memang dari toko sudah lemah dan dalam perjalanan ke aquarium anda juga memerlukan perjuangan. Sehingga dari sekian banyak yang anda beli, sudah pasti ada yang tidak berhasil sampai waktu yang anda sediakan.

Terimakasih untuk perhatian anda dan selamat mempraktekkannya…Bila ada pertanyaan, dengan senang hati akan D. jelaskan sebisanya. Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Dj. selalu berdoa, semoga kebaikan anda semua mendapat balasan Berkat, serta Kasih TUHAN yang berlimpah untuk anda semuanya.

Dj. mohon maaf bila oret-oretan ini, kelihatan sok tau, jangan diambil di hati ya….Kita sama-sama belajar dan jujur, Dj. juga banyak kesalahan dan dari kesalahan tsb. Dj. banyak belajar. Dan Dj. harap anda semua tidak membuat kesalahan yang sama dengan yang dulu sering Dj. buat.

Salam manis dari Mainz

Dj. 813 (si tukang ikan)

Ikan Arwana (80 Cm) milik Dj. yang sempat 7 tahun Dj. pelihara, tapi sudah mati.

Tinggal kenangan yang ada di Video, dimana dia selalu menari, bila Dj. stell degung….hahahaha….!!!

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

110 Comments to "Aquarium (2)"

  1. Dj.  19 September, 2011 at 11:14

    Mbak Elnino……
    Selamat Pagi dari Mainz….
    Wah…tidak sangka sampai lompat-lompat, Dj. jadi bertambah senang….
    Okay…selamat berkarya, diawal minggu nan indah…
    Salam manis untuk keluarga dirumah, dari kami di Mainz….

  2. elnino  19 September, 2011 at 08:45

    Aduh, terimakasih banyak om Dj, untuk tawarannya yang sungguh baik: aquarium plus perawatannya
    *lompat2 kegirangan

    Wah, tapi DA sepertinya bakal tambah uring2an nih… Jadi saya mau kabur dulu, takut dientup…

  3. Dj.  19 September, 2011 at 02:14

    Benar yu, memang seharusnya bisa bilang ” tudak”, tapi sulit…hahahahaha….!!!!
    Ini sambil nulis, juga masih ngemil krupuk…..

    Maksud Dj. yu Lani saat ini bisa hidup di Hawaii….
    Jadi harus tetap bersyukur yu….

    Ini sudah bikin bocoran untuk yu lani, karena sebenarnya hanya ingin nulis 1&2 saja.
    Ternyata ada yang ke 3 nya…
    Siapa tau masih ada yang mau baca….
    Dan ingin tau bagaimana memelihara ikan di Aquarium….

    Selamat ngarit yu, semoga hari ini semuanya berjalan lancar ya.

  4. Lani  19 September, 2011 at 02:01

    MAS DJ : mmg utk bs menghindari ngemil hrs ada niat, klu ndak ya ndak bakalan bs mas……bukannya sama sekali ndak ngemil, ya dikurangi gitulah…….klu sama tdk nanti ndak bs makan pisang goreng kkkkkkk

    mungkin mmg sdh begini yg ditulis oleh Tuhan aku dipindah ke Hawaii……..tp ya ndak cm diriku yg bs tinggal disini mas……..klu mau dan ada niat aku kira semua org jg bisa…….

    ok mas selamat menulis aquarium seri 3…….aku mo cepak2 utk segera nggaru…….sampai jam 9 malam = 7 pagi keesokan harinya di Mainz…….aneh tp nyata ya mas………disitu ngorok, aku nggaru……..sampai yg ngorok tangi meneh

  5. Dj.  19 September, 2011 at 01:51

    Yu Lani…
    Yu Lani sangat benar….
    Itu dia yang sulit untuk dicegah, semua dirumah senang nyemil.
    Jadi sulit untuk berhenti, nanti bisa lihat di oret-oretan Dj. ttg Aquarium yang ke 3.
    Ini sambil nulis oret-oretan, juga ngobrol dengan yu Lani…
    Bisa lihat Dj. tambah tembem….hahahahahahahaha….!!!
    Karena yu Lani sendirian, jadi bisa tidak nyemil, nah kalau kami belanja, selalu beli cemilan.
    Kalau mau bilang jangan, ya tidak enak, seolah melarang…. Nah ya….

    Benar Yu, semua orang akan mimpi bisa tinggal di tempatnya yu Lani.
    tapi hanya yu Lani yang boleh….hahahahahahaha….!!!

  6. Lani  19 September, 2011 at 01:08

    MAS DJ : pd dasarnya aku mmg ndak suka ngemil, tp klu persediaan ada mata ndak kuat, tangan bs ambil trs mak lebbbb…….klu belum habis ndak bakalan brenti, oleh krn itu ndak pernah ada camilan ditempatku mas……drpd matane ijo…….hehehe…….njur iman ora kuat lbh baik ora ono blassssss……..

    ya mmg sdh selayaknya menikmati apa yg telah diberikan oleh Tuhan ditempat aku tinggal…….nek mengeluh trs anane ndak bs menikmati hidup nanti mas……..jd ya disyukuri kemawon…….

  7. Dj.  19 September, 2011 at 01:03

    Benar Yu…
    tapi kalau soal ngemil, kami semua suka ngemil…
    Ditoples ada kacang mete dicampur dengan kacang tanah.
    Ada juga embing biasa yang dibireng, ada juga emping manis goreng…
    O ya…. tadi dirumah teman, ada banya cemilan juga, ada pisang goreng yang dibiki dari pisang tanduk.
    Enak sekali….. dasar dia memang pintar masak….
    Senengnya yang tingal di Hawaii, selalu diberkati dengan sinar matahari yang selalu hangat.
    Berbahagialah dikau yu….

  8. Lani  19 September, 2011 at 00:56

    MAS DJ : tinggal kita berdua grobyak-an dirumah ini ya mas……karo ronda……susu coklatnya udah ludessssss……? trs skrng ngemil apa? diluar mentari bersinar dgn cerahnya…….burung bercericit…..sambil mendengarkan jazz di internet mas

  9. Dj.  19 September, 2011 at 00:45

    Yang lain sudah pada ngorok yu….
    Sudah nyenyak dan mimpi yang sangat indah….

  10. Dj.  19 September, 2011 at 00:42

    Lani Says:
    September 19th, 2011 at 00:38

    ani on Aquarium (2)
    Dj. on Aquarium (2)
    Lani on Aquarium (2)
    Dj. on Aquarium (2)
    Dj. on Aquarium (2)
    Lani on Aquarium (2)
    Dj. on Aquarium (2)
    Dj. on Aquarium (2)
    Lani on Aquarium (2)
    Lani on Aquarium (2)

    lainnya pd kemana ya mas?????
    ——————————————————-

    Ben ae yu….
    Ngobrol dewe….hahahahahahaha….!!
    Lha yang paling atas itu siapa yu, kok “ani”…??
    Hahahahahahahaha…..!!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *