Aquarium (3)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER…..!!!!

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. tentang aquarium yang ke 3 ini. Pertama Dj. ucapkan banyak terimakasih kepada anda semuanya yang telah membaca dan meninggalkan komentar yang sangat menarik hati….

Jujur, sebenarnya Dj. hanya mau nulis Aquarium baru 1 dan 2 saja. Tapi membaca banyaknya komentar yang kelihatan sedikit ragu (bimbang) untuk memelihar ikan di Aquarium, maka perkenankan Dj. melanjutkan oret-oretan yang ke 3 ini.

Well…kali ini Dj. ingin memperkenalkan aquarium kecil, yang mana di Jerman atau mungkin di seluruh dunia, disebut dengan nama Nano Cube Aquarium.

Dj. yakin di Indonesia juga sudah ada, hanya saja kemungkinan, ada dari anda yang belum mengenal atau melihatnya. Aquarium ini sangat kecil, sehingga sangat mudah untuk merawatnya dan tidak memerlukan banyak tempat dan waktu. Bahkan bisa ditempatkan di atas meja tulis atau di regal.

Ada beberapa bentuk yang lucu-lucu dan juga bermacam-macam besarnya, ada yang hanya 10, 20, 30 dan 60 liter saja. Dengan kata lain, hanya 1 -3 ember kecil saja. Dj. mohon maaf, karena photo di bawah ini Dj. ambil di toko ikan dengan HP Daniel, jadi maklum kalau hasilnya juga tidak atau kurang memuaskan.

Tapi juga dengan harapan mbak Elnino, mau mampir dan lihat ikan yang megal megol seperti bu GuCan yang lama tidak nongol.

Benar mbak DA, yu Lani, kalau Dj. dan Daniel ambil dengan kamera Nikon D 700 atau D 3, pasti akan ketahuan dan bisa-bisa kami pasti diusir keluar, oleh yang punya toko…hahahahahahaha….!!! Tapi demi anda semua, maka Dj. berusaha untuk mengambil photo-photo ini.

Ini dia Nano Cube Aquarium…. sangat kecil mungil seperti mbak DA, hanya tidak bisa kentuuuuut… (kata yu Lani….hahahaha….!!!).

Nano Cube Aquarium ini, biasanya dijual dalam keadaan packet (komplit). Ada filter, ada lampu, ya…bahkan sudah termasuk pasir dan keperluan aquarium yang lainnya. Memang harganya, tidak banyak berbeda dengan aquarium yang besarnya sekitar 150 liter.

Bila persiapan sudah selesai….Pasir sudah dimasukkan, tanaman sudah ditanam, air sudah dimasukan, filter sudah dipasang dan berfungsi dengan baik, lampu sudah menyala. Maka …. setelah 2-4 minggu kemudian penghuninya bisa dimasukkan juga.

Nah sekarang, pertanyaannya….Siapakah penghuni Nano Cube Aquarium ini…??? Yang jelas bukan ikan Arowana…..Kami menamakan Nano World (Nano Welt = Bhs Jerman), adalah dunia tersendiri dan sedikit lain dengan aquarium besar.

Penghuninyapun juga yang kecil-kecil, bahkan banyak penggemar Nano Cube Aquarium ini, tidak mengisinya dengan ikan. Hanya Landscape saja atau banyak ditumbuhi dengan tanaman, orang Jerman menyebutnya, Holländisches Becken (Aquarium belanda).

Entah mengapa dinamakan demikian, mungkin karena di Holland mereka penyayang tanaman. Mbakyu NU2K mungkin lebih tau….

Di bawah ini, anda bisa melihat banyaknya udang mini, yang mana besarnya tidak sampai 2 Cm. Jelas ini udang di aquarium di toko, jadi kalau di Nano aquarium, mungkin hanya 2-4 ekor saja, yang dipelihara….

Untuk Landscapenya…Banyak sekali macamnya yang dijual di toko, selain batu-batu, di sini Dj.  ingin sedikit memperlihatkan ada pinset dan gunting yang cukup panjang.

Untuk aquarium besar, biasanya diisi dulu dengan air separoh atau penuh, lalu ditanam tanaman yang kita inginkan. Jelas di dalam aquarium besar, banyak tempat, jadi tidak problem, kalau kita menggunakan tangan ke dalam aquarium.

Tapi Nano Cube Aquarium sangatlah sempit, jadi kalau pasirnya sudah masuk dan diatur seperti yang kita inginkan, maka sebelum airnya dimasukkan, maka tanaman sudah bisa dimasukkan terlebih dahulu dengan menggunakan pinset. (pasir harus dalam keadaan basah).

Bila tanaman kebesaran atau terlalu panjang, maka bisa dipotong dengan menggunakan gunting. Dengan demikian, memudahkan cara bekerja dalam Nano Cube Aquarium (ruang yang sempit tersebut). Di samping pinset dan gunting, juga lampu neon tabung, jaring untuk menangkap ikan, juga sangat kecil (paling kiri).

Dekorasi yang menyerupai akar pohon, tapi tidak asli, hanya bikinan dari semen saja.

Di bawah ini, anda bisa lihat, juga dijual CO2 dalam tabung kecil, berfungsi sebagai pupuk tanaman. Juga filter yang di luar aquarium, jelas inipun juga kecil, dimana hanya dengan kekuatan 150Liter / Jam. Juga pasir dalam kantong plastik dengan banyak warna.

Contoh-contoh Nano aquarium yang sangat sederhananya, tapi kelihatan sangat menyejukan. Anda bayangkan, kalau di meja tulis anda di kantor ada Nano aquarium, anda pasti malas untuk pulang….hahahahaha….!!!!

Holländisches Becken (dengan banyak tanaman)

Di dalam Nano Aquarium dibawah ini, jelas bisa dilihat ada dua macam pasir yang berbeda. Yang bawah berfungsi sebagai pupuk dan atasnya pasir biasa, sehingga tanamanpun tumbuh dengan subur…

Java Moos yang sangat subur hidup dalam Nano aquarium. Dinamakan Java Moos, mungkin karena asalnya dari Jawa (lumut Jawa ?), siapa taukan…???

Nano Cube Aquarium yang Dj. anggap berhasil dengan baik, kelihatan sangat indah.

Okay….

Sekarang, bila anda ingin memiliki Nano Cube Aquarium, maka sedikit informasi yang bisa Dj. berikan.

1. Carilah tempat yang tidak terlalu terang, maksud Dj. jangan meletakan Nano Aquarium di dekat jendela. Di tempat yang tidak banyak sinar, maka nano Aquarium akan kelihatan lebih indah menjadi sentral pandangan kita.

 

2. Pikirkan, apa yang anda ingin pelihara di dalam Nano aquarium anda.

a. Hanya tanaman (Holländisches Becken)

b. Tanaman dan juga ikan.

c. Sedikit tanaman dan udang mini.

 

3. Pasir yang dibeli di toko, biasanya sudah bersih, anda bisa masukan ke dalam Nano Aquarium. Ada pasir biasa dan ada pasir yang sudah berpupuk. Pasir yang berpupuk letakan di bagian bawah dan pasir biasa di atasnya.

 

4. Sebelum anda mengisi nano aquarium dengan penuh air, basahi pasir yang ada dalam aquarium.

 

5. Tanam, tanaman dengan menggunakan pinset panjang, agar anda bisa lebih mudah mengerjakannya. Tanaman yang agak tinggi ditanam di belakang dan yang rendah atau merambat di depan. Kebalikan dengan “Hutan Bonsai”, tanaman yang tinggi tumbuhnya ditanam di depan dan yang rendah, di belakang agar kelihatan hutan tsb, menjauh…..

 

6. Setelah pasir, batu dan tanaman (dekorasi) di tempat yang anda inginkan, barulah memasukkan air dengan hati-hati. Gunakan selang kecil, agar tanaman tidak tercabut dari pasir. Bila mungkin, jatuhkan air di atas batu, agar tidak merusak tanaman.

 

7. Jangan lupa, usahakan agar filter berfungsi dengan baik dan juga lampunya. Dua benda ini sangatlah penting, jadi jangan dianggap sepele. Karena filter sangat berfungsi untuk kebersihan air dan lampu untuk kehidupan di dalam aquarium, baik ikan, tapi juga tanaman. Di tangan Dj. ini 1 filter untuk Nano aquarium yang sudah termasuk XL untuk Nano Aquariumnya si Dewi.

8. Untuk lampunya, gunakan lampu neon special untuk tanaman, di Mainz, terkenal dengan nama “Grolux “. Dan ingat, lampu untuk Nano Aquarium jangan lebih dari 7 jam/ sehari dinyalakan dan hanya berfungsi selama 2 tahun saja. Setelah itu, harus diganti, walau belum rusak, karena lampu tersebut hanya ada terangnya saja, tapi tidak ada fungsinya lagi untuk tanaman.

Lain dengan Aquarium besar, basa / boleh dinyalakan selama 12 Jam / hari, tapi juga hanya untuk 2 tahun saja. Jadi, lampu untuk Nano aquarium juga sangat penting… di samping untuk kehidupan di dalam aquarium. tapi dengan lampu memudahkan anda untuk menikmati isi aquarium itu. Indah bukan…???

9. Biarkan Nano Aquarium selama 2-4 minggu tanpa ikan atau udang mini di dalamnya. Karena di samping menunggu kehidupan yang akan muncul (dengan kata lain, air harus hidup), sementara kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan tenang di dalam Nano Aquarium. walau tanpa ikan atau udang mini. Di sini, anda Dj. ajak untuk sedikit bersabar.

 

10. Bila semuanya okay dan ikanpun sudah ada dalam Nano Aquarium…Jangan terlalu sering mengganti air di dalam Nano Aquarium. Dalam jangka waktu 2-4 minggu maka akan ada air yang menguap, maka dengan demikian, air dalam Nano aquarium akan sedikit berkurang. Anda bisa mengambil beberapa liter (1/4 dari isi aquarium) dan menggantikannya dengan air yang baru. Jangan sekali-kali mengganti seluruh isi air di dalam aquarium, karena dengan demikian, bakteri yang ada akan hilang, atau akan mulai dari awal untuk berkembang lagi.

Di sini letak kesalahan yang banyak orang bikin, sehinga daya tahan tubuh ikan akan berkurang, bila ikan terluka, maka akan sakit dan mati.

 

11. Kalau memungkinkan, beli keong mas, yang masih kecil, untuk dipelihara dalam Nano Aquarium. Hal ini sangat baik, karena keong mas, akan berfungsi sebagai polisi kesehatan penghuni lainnya di dalam Nano Aquarium. Maksudnya, bila ada ikan atau udang yang mati dan tidak anda ketahui, maka keong mas, akan menjalankan tugasnya. Dia akan memakan bangkai ikan atau udang mini, sehinga tidak akan terjadi pembusukan yang berbahaya untuk penghuni yang lainnya.

Okay….

Dj. harap, anda tidak lagi ragu atau takut untuk memelihara ikan dalam Aquarium lagi. Anda bisa mencoba dengan Nano Cube Aquarium yang kecil , tapi sangat cantik dan mudah merawatnya. Bila anda ingin lebih banyak tau tentang Nano Aquarium, silahkan bertanya, Dj. akan menjawab sebisa mungkin.

Dj. mohon maaf, bila banyak kata-kata yang tidak berkenan. Dj. menuliskan ini semua, hanya berdasarkan pengalaman Dj. selama 40 tahun lebih memelihara ikan di dalam aquarium. Jadi ini semua adalah pengalaman semata.

Terimakasih untuk kesabaran anda dan juga pengasuh BalTyRa, yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. Kiranya Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

80 Comments to "Aquarium (3)"

  1. riswan  22 January, 2017 at 16:40

    salam pak DJ.
    kalo nano cube aquarium di jakarta bisa beli di mana ya? mohon infonya trims

  2. Dj. 813  27 August, 2015 at 03:40

    indra 26 August, 2015 at 11:39

    mas Dj : aku mau tanya klo order nano aquariumnya bisa order online nda di luar daerah.?
    aku di riau ms DJ.
    mohon infonya. trima kasih
    —————————————————————

    M´Bung Indra . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Dj. rasa kalau dikirim darii Jerman, kemungkinan besar biaya kirimnya akan lebih mahal dari harga aquariumnya.
    Tapi Dj. yakin di Indonesia pasti ada .
    Apa sih yang tidak ada di Indonesia . . .
    Kalau anda di Riau dan tidak ada yang jual, mungkin bisa cari di Google, siapa tahu di Jakarta ada .
    Dan Dj. yakin pasti ada .
    Tapi kalau anda ingin technik filter dan lampunya, kemungkinan bbesar bisa dikirim dari Jerman dan
    bukan aauariumnya . Dj. akan tanyakan disalah satu toko aquarium atau toko ikan.

    Okay, semoga anda bisa menikmati Nano Aquarium yang akan datang.
    Salam Sejahtera dari Mainz.

  3. indra  26 August, 2015 at 11:39

    mas Dj : aku mau tanya klo order nano aquariumnya bisa order online nda di luar daerah.?
    aku di riau ms DJ.
    mohon infonya. trima kasih

  4. Dj. 813  28 March, 2014 at 18:16

    Sya’Roni 28 March, 2014 at 00:06

    Salam Pk DJ
    Mau tanya kalo boleh tau alamat yang jualan perlengkapan Aquarium NANO CUP kaya’ Gambar di atas Di aderah surabaya dimana yach?????
    ——————————————————————–

    Hallo Cak Roni….
    Dulu saaat Dj. masih di Surabaya….
    Kalau beli ikan hias di Kayun….
    Coba tanyakan disana, siapa tahu, mereka lebih tahu.
    Tapi di Surabaya, Dj. pernah ke satu toko ikan dan aquarium.
    Mereka banyak jual macam-macam bentuk aquarium…
    Bahkan Dj. heran, ada aquariun yang hanya 10 Cm. dalamnya ( tebalnya ),
    Tingg 60 Cm dan lebar 150 Cm.
    Dan di gantung di dinding, jadi seperti TV .
    Jelas, hanya untuk ikan-ikan kecil, tapi sangat indah, karena banyak tanaman yang hidup.
    Yang demikian, di Jerman belum ada.

    Selamat mencari dan semoga berhasil…

    Salam sejahtera dari Mainz.

  5. Dj. 813  28 March, 2014 at 18:10

    anisah farah 26 December, 2013 at 17:45

    Halo bapa DJ, kalau boleh tau, produk Nano Cube Aquarium bisa didapat dimana ya?
    Terima kasih.
    —————————————————-

    Hallo Anisah….
    Terimakasih sudah mampir…
    Kalau di Mainz, banyak toko ikan yang jual nana aquatium.
    Anda ada dimana…???
    Coba tanyakan ke toko ikan yang dekat dengan tempat tinggal anda.
    Semoga berhasil…
    Salam,

  6. Sya'Roni  28 March, 2014 at 00:06

    Salam Pk DJ
    Mau tanya kalo boleh tau alamat yang jualan perlengkapan Aquarium NANO CUP kaya’ Gambar di atas Di aderah surabaya dimana yach?????

  7. Dj.  30 November, 2011 at 15:08

    Bung Faddo,terimakasih sudah mampir.
    Maaf kalau mumgkim Dj.salah mengerti.
    Anda membuat nanoscape untuk sendiri atau membuat untuk dijual.
    Anda orang yang berbahagia, bisa menikmatik kehidupan di nano aquarium.
    Buktinya. Anda jadi betah di kantor.
    Di kantor Dj. Hanya ada aquarium biasa 240 liter.
    Selamat menimati nanascapenya.
    Salam

  8. faddo  30 November, 2011 at 12:52

    wah…kebetulan saya jg dikantor bikin nano aquascape..mmg bikin betah ga buru2 pulang..

  9. Dj.  11 October, 2011 at 23:23

    Hallo Yu….
    Selamat Malam dari Mainz….
    Baru saja pulang antar si Dewi, beli cacing, untuk ngajar biologi.
    Benar yu, saat ini tidak bisa cari cacing diluar, sudah molai dingin.
    Tapi ada toko yang jual alat-alat pancingan, mereka juga jual cacing, jangkrik, walang….dsb…

    Hari ini, seddikit hangat, karena pagi masih 8°C, tapi siang sudah bisa mencapai 17°C.
    Hanya anginnya lebih dingin lagi…hahahahahaha…!!!

    Kemarin, Rosda nulis ke Dj. di FB…
    Di Qatar sudah agak dingin, 36°C….
    Lha Mainz, pernah mencapai 36°C beberapa puluh tahun yang lalu di musim panas.
    Kalau mencapai 28°C, saja sudah banyak yang mengeluuh kepanasan.
    Terutama orang-orang tua yang jantungan….

    Salam manis dari Mainz dan ditunggu, cerita nya…

  10. Lani  11 October, 2011 at 22:42

    MAS DJ : nah itulah mas di Hawaii celana pendek sepanjang tahun……….bikini jg demikian klu kepantai, ato berenang…….ndak perlu in door pool………

    selamat menyiapkan baju2 hangat mas…….yg kandel2……biar anget-nget……krukupan tp ya ndak cukup klu cm sarong hehehe

    aku baru bs ambeg-an sedikit krn Iron Man udah selesai, tunggu aja critanya klu ada wkt utk nulis

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *