Tanggal-tanggal Penting Steve Jobs

Taufikul

 

Siapa sebenarnya Steve Jobs yang dalam kata-kata CEO Disney Robert Iger adalah sosok berdaya kreatif yang imajinasinya mendefinisikan sebuah era? Saya rangkaikan dari berbagai sumber mengenai beliau.

Steve Jobs ternyata hanya drop out-an dari perguruan tinggi, kemudian membangun komputer di garasi orangtuanya pada pertengahan 1970-an dengan seorang temannya, Steve Wozniak.

Mereka mendirikan apa yang sekarang disebut Apple Inc pada 1976 untuk menjual kreasi mereka. Apple, yang berbasis di Cupertino, California, mampu melampaui Microsoft Corp pada 2010 untuk menjadi perusahaan teknologi paling berharga di dunia.

Berikut tanggal-tanggal penting dalam hidup Steve Jobs:

  • 24 Februari 1955: Anak laki-laki ini lahir di San Francisco dari pasangan mahasiswa pascasarjana Joanne Carole Schieble dan imigran Suriah Abdulfattah “John” Jandali. Jobs mengatakan dalam sebuah artikel 1997 New York Times Magazine bahwa ia tidak akan bicara tentang orang tua kandungnya. Dia diadopsi oleh Clara dan Paul Jobs, yang memberinya nama Steven Paul Jobs dan membawa dia ke pinggiran kota Mountain View dan Los Altos, California.
  • 1972: Jobs lulus dari Homestead High School, sekolah Cupertino yang juga almamater Wozniak, mitra bisnis di masa depannya. Jobs mendaftar di Reed College di Portland, Oregon, dan drop out setelah satu semester. “Begitu aku keluar aku bisa berhenti mengambil kelas-kelas yang diperlukan tapi tidak menarik minat saya dan mulai mampir ke hal lain yang tampak menarik,” katanya dalam sebuah pidato sekitar Juni 2005 di Stanford University.
  • 1974: Jobs kembali ke California dan bekerja sebagai desainer di Atari Corp, perusahaan video game. Dia kemudian melakukan perjalanan ke India untuk mencari pencerahan spiritual.
  • 1975: Jobs dan Wozniak nongkrong di Homebrew Computer Club, sebuah pertemuan informal para insinyur dan penghobi yang bertukar pengalaman dan ide-ide. Mereka berdua, berdasar artikel yang ditulis Wozniak, menunjukan komputer Apple I dan Apple II pada pertemuan klub itu.
  • 1 April 1976: Jobs, Wozniak dan Wayne Ron mendirikan Apple. Wayne, yang bekerja dengan Jobs di Atari, menyerahkan 10% sahamnya di Apple kurang dari 2 minggu kemudian.
  • 16 April 1977: Wozniak dan Jobs memperkenalkan Apple II, yang menjadi salah satu komputer pribadi pertama yang sukses.
  • Mei 1978: pacar Jobs, Chrisann Brennan, melahirkan seorang gadis, Lisa Brennan-Jobs. Chrisann merawat Lisa sendiri. Jobs kemudian bisa ‘berdamai’ dengan Lisa.
  • 12 Desember 1980: Apple go public pada harga US$22 per saham. Setelah dilakukan split sejak saat itu, harga penawaran umum perdana adalah US$2,75. Saham Appel ditutup hari ini pada US$378,25.
  • Februari 1982: Jobs, dalam usia 26 tahun, menjadi fitur pada sampul Time di bawah judul, “Striking It Rich, America’s Risk Takers.” Dia muncul di sampul majalah tersebut lebih dari setengah lusin kali.
  • Januari 1983: Apple merilis Lisa, komputer komersial pertama yang dijual dengan mode graphical user interface. Lisa, yang dipatok dengan harga US$9.995, adalah kegagalan komersial.
  • Januari 1984: Apple mengumumkan komputer Macintosh baru dengan iklan yang ditayangkan hanya sekali, selama Super Bowl. Iklan tersebut menunjukkan seorang wanita melemparkan palu di sebuah layar raksasa yang diiringi suara berbunyi, “Pada 24 Januari, Apple Computer akan memperkenalkan Macintosh dan Anda akan melihat mengapa 1984 tidak akan seperti ’1984′.” Mac, yang dijual seharga US$2.500, menjadi komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial yang memiliki grafis antarmuka bagi pengguna dan mouse.
  • September 1985: Setelah melepas tanggung jawab di tengah perebutan kekuasaan dengan CEO John Sculley dan dewan, Jobs mengundurkan diri sebagai ketua. Dia mengatakan di depan dewan: “Saya sudah berpikir cukup lama dan sudah waktunya bagi saya untuk melanjutkan hidup. Sudah jelas bahwa saya harus melakukan sesuatu. Saya sudah 30 tahun, ” seperti dikutip dari buku Sculley berjudul ” Odyssey: Pepsi to Apple.” Jobs segera memulai NeXT Computer Inc, yang membangun komputer berkekuatan tinggi untk pendidikan.
  • Februari 1986: Jobs membeli toko komputer grafis milik George Lucas senilai US 10 juta dan mengganti namanya jadi Pixar Inc
  • 18 Maret 1991: Dia menikahi Laurene Powell di sebuah hotel di Taman Nasional Yosemite. Anak pertama mereka, Reed, lahir pada bulan September, diikuti oleh putrinya Erin pada tahun 1995 dan Hawa pada tahun 1998.
  • Februari 1993: NeXT memutuskan untuk berhenti membuat komputer workstation dan merumahkan lebih dari setengah dari 540 karyawan.
  • November 1995: Pixar merilis film pertama, “Toy Story,” yang menghasilakan pendapatan kotor lebih dari US$360.000.000 dan dinominasikan untuk tiga kategori Oscar. Pada bulan yang sama, perusahaan itu go public. Jobs mengatakan dalam sebuah artikel BusinessWeek tahun 1998, “Saya pikir Pixar memiliki kesempatan untuk menjadi Disney berikutnya – tidak menggantikan Disney -. Tetapi Disney berikutnya”
  • 20 Desember 1996: Apple mengatakan akan membeli NeXT seharga US$400 juta dan mempekerjakan kembali Jobs sebagai konsultan untuk membantu perusahaan mengubah perangkat lunak andalannya Macintosh. Pembuat PC terbesar ketiga itu mengatakan akan menggabungkan teknologi NeXT ke versi berikutnya dari sistem operasi Mac. Apple dalam kesulitan sebelum kembalinya Jobs yang dijuluki BusinessWeek pada Februari dalam sebuah artikel berjudul, “Kejatuhan Ikon Amerika” atau The Fall of an American Icon.
  • 9 Juli 1997: Setelah 17 bulan sebagai ketua Apple dan chief executive officer, Gilbert Amelio dipaksa untuk mengundurkan diri. Jobs kemudian menjadi CEO interim, sementara Apple mencari pemimpin baru.
  • 6 Agustus 1997: Pada pameran dagang Macworld di Boston, Jobs mengumumkan bahwa saingan lama Microsoft Corp akan menginvestasikan US$150 juta pada Apple. Juga, di ruang rapat terjadi perombakan, Jobs dan CEO Oracle Corp Larry Ellison dinamai sebagai direktur.
  • Mei 1998: Apple memperkenalkan iMac, PC seharga US$1299 dalam satu kotak, tembus melengkung. Ini adalah produk pertama dari banyak produk bernama “i”, termasuk iBook berbentuk clamshell yang keluar tahun berikutnya.
  • 6 Januari 1998: Jobs mengumumkan di Macworld bahwa Apple telah kembali ke profitabilitas (mendapat keuntungan) setelah lebih dari setahun mengalami kerugian, dan harga saham melompat 19%.
  • 5 Januari 2000: Setelah dua setengah tahun sebagai CEO sementara, Jobs resmi mengasumsikan ambil kemudi dan menerima tepuk tangan yang panjang di Macworld. Dia menunjukkan sistem operasi Mac OS X, yang mirip dengan perangkat lunak yang dikembangkan di NeXT. “Apple akan menjadi salah satu dari 10 perusahaan Internet yang paling menguntungkan dalam 10 tahun mendatang,” kata Jobs pada pertemuan tersebut.
  • 9 Januari 2001: Jobs memperkenalkan digital hub strategy di Macworld, mengatakan pada peserta: “PC ini di ambang memasuki era besar ketiga,” dengan komputer di pusat dan perangkat yang termasuk kamera dan pemutar musik. Fokus Apple berikutnya pada audio, kata Jobs saat ia memperkenalkan iTunes, sebuah program perangkat lunak gratis untuk mengatur musik. “Kita terlambat ke pesta ini, dan kami akan membuat lompatan,” katanya.
  • Mei 2001: Apple membuka toko ritel untuk menarik pelanggan baru. Yang pertama adalah di McLean, Virginia, dan Glendale, California. Perusahaan itu akhirnya memperluas ke lebih dari 300 toko di seluruh dunia.
  • 23 Oktober 2001: Apple memperkenalkan iPod, pemutar musik digital portable pertama, yang bergerak melampaui industri PC yang tengah menghadapi kemerosotan terburuk dalam lebih dari satu dekade. iPod menjual sebanyak 1.000 lagu format MP3 dan dijual seharga US$399.
  • 28 April 2003: Apple memperkenalkan iTunes Music Store, yang menawarkan lebih dari 200.000 lagu digital dari lima perusahaan rekaman. “Kau akan jatuh cinta dengan begitu banyak musik, dan lagi Anda akan menghabiskan uang,” kata Jobs. ITunes menjual sekitar 1 juta lagu pada minggu pertama.
  • Oktober 2003: Jobs didiagnosis menderita kanker pankreas dengan bentuk yang jarang yang sangat mempengaruhi dia dan mencoba untuk mengobati penyakit dengan beralih ke diet khusus untuk menghindari operasi, kata sebuah artikel pada 2008 di majalah Fortune yang mengutip orang yang akrab dengan masalah itu. Majalah itu mengatakan Apple memutuskan untuk tidak memberitahu investor setelah konsultasi dengan pengacara.
  • 1 Agustus 2004: Jobs, dalam usia 49, mengungkapkan kanker untuk pertama kalinya, dan mengatakan ia menjalani operasi yang sukses untuk mengekstrak tumor dan tidak akan membutuhkan kemoterapi atau radiasi. Chief Operating Officer Apple Tim Cook memegang kendali sampai Jobs kembali bekerja pada September.
  • 12 Juni 2005: Jobs membicarakan tentang kanker selama pidato wisuda di Stanford University, dia mengatakan bahwa dirinya didiagnosis sekitar setahun sebelumnya dan dokter mengatakan bahwa dia tidak akan hidup lebih lama dari enam bulan. Kanker ternyata dapat diobati dengan operasi “dan aku baik-baik saja sekarang,” katanya.
  • Januari 2006: Walt Disney Co mengumumkan akan membeli Pixar. Kesepakatan US$8,06 miliar, selesai pada Mei, membuat Jobs sebagai pemegang saham terbesar Disney dan jadi anggota dewan.
  • 4 Oktober 2006: Apple mengatakan Jobs tahu perusahaan memberikan hibah untuk eksekutif dalam beberapa kasus di masa lalu, meskipun ia tidak tahu manfaat atau implikasi praktik akuntansi itu. “Saya minta maaf kepada pemegang saham Apple dan karyawan untuk masalah ini, yang terjadi [:terbongkar] di masa saya,” kata Jobs dalam sebuah pernyataan. Sebuah penyelidikan internal kemudian membersihkan dirinya dari kesalahan.
  • 9 Januari 2007: Jobs mengambil panggung di Macworld untuk memamerkan iPhone baru dan mengumumkan Apple menjatuhkan “Komputer” dari namanya, menyoroti ketergantungan pada konsumen elektronik. Saham Apple ditutup pada rekor tinggi di tengah optimisme iPhone akan meningkatkan penjualan lebih dari US$1 miliar. Perangkat itu jadi tantangan telepone multifungsi Palm Inc dan Research In Motion Ltd.
  • 9 Juni 2008: Jobs, sambil memperkenalkan iPhone 3G di konferensi pengembang Apple, tampak tipis dan rapuh. Perusahaan menyalahkan sebuah “kesalahan umum.”
  • 21 Juli 2008: Menanggapi keprihatinan tentang penampilan Jobs, Apple mengatakan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk meninggalkan perusahaan dan bahwa kesehatannya adalah masalah pribadi. Apple juga memperkirakan penjualan dan keuntungan melewati perkiraan analis dalam jejak pendapat. Saham jatuh 12% hari berikutnya.
  • 23 Juli 2008: Jobs telah memberitahu rekan dan dewan Apple ia bebas kanker, New York Times melaporkan. Jobs melewati prosedur pembedahan tahun itu untuk mengatasi masalah yang berkontribusi terhadap penurunan berat badannya, kata surat kabar itu, mengutip orang yang dekat dengan eksekutif.
  • 9 September 2008: Jobs, memperkenalkan iPod baru di sebuah acara di San Fransisco, dia masih terlihat tipis. “Laporan kematian saya terlalu dibesar-besarkan,” kata dia melucu.
  • 16 Desember 2008: Apple mengatakan Jobs tidak akan memberikan pidato biasa di konferensi Macworld, yang akan diadakan bulan berikutnya. Dia telah menggunakan forum untuk memperkenalkan produk baru selama 11 tahun berturut-turut.
  • 5 Januari 2009: Jobs mengatakan ia memiliki ketidakseimbangan hormon, yang menyebabkan dia kehilangan berat badan, dan bersumpah untuk tetap jadi CEO selama pengobatan. “Obat untuk masalah gizi adalah relatif sederhana dan mudah,” kata Jobs dalam sebuah surat terbuka.
  • 14 Januari 2009: Dia menyerahkan kegiatan sehari-hari kepada Cook sampai Juni, dan mengatakan ada masalah kesehatan yang lebih kompleks dari yang diperkirakan. Dia bilang dia akan tetap terlibat dalam keputusan strategis utama.
  • 23 Juni 2009: Methodist University Hospital Transplantasi Institute di Memphis, Tennessee, menegaskan bahwa Jobs menjalani transplantasi hati dan memiliki “prognosis yang sangat baik.”
  • 29 Juni 2009: Apple mengumumkan Jobs bekerja kembali. Pada saat itu, saham Apple telah naik sekitar 70% sejak 15 Januari.
  • 9 September 2009: Jobs membuat penampilan publik pertama sejak kembali bekerja, memperkenalkan model iPod baru di San Fransisco. Dia mengatakan dia adalah penerima dari hati yang dicangkokkan dari seorang dewasa muda yang telah meninggal dalam kecelakaan mobil.
  • 27 Januari 2010: Dia memperkenalkan iPad. Apple menjual 7,3 juta dari komputer tablet pada kuartal debut mereka.
  • 17 Januari 2011: Jobs mulai cuti medis, memberitahu karyawan dalam sebuah e-mail yang berbunyi “Aku cinta Apple begitu banyak dan berharap bisa kembali secepat aku bisa.” Cook lagi-lagi mengambil alih operasional sehari-hari.
  • 23 Februari 2011: Pemegang saham Apple menolak proposal mencari pengungkapan lebih lanjut tentang rencana suksesi eksekutif.
  • 2 Mar 2011: Jobs, 56 tahun, muncul dari cuti medis untuk memperkenalkan versi baru dari tablet iPad. Penampilannya meyakinkan beberapa investor bahwa dia masih berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.
  • 23 Maret 2011: Investor Disney kembali memilih Jobs untuk duduk di dewan perusahaan hiburan itu, menolak seruan dari penasihat yang mengatakan masalah kesehatan mungkin merusak kemampuannya untuk melayani.
  • April 11, 2011: CBS Corp ‘s Simon & Schuster menetapkan tanggal publikasi untuk sebuah biografi Jobs untuk awal 2012. Buku ini ditulis oleh Walter Isaacson dan awalnya berjudul “iSteve: Kitab Jobs.” (iSteve: The Book of Jobs)Judul ini kemudian berubah menjadi “Steve Jobs” dan tanggal publikasi pindah sampai dengan November 2011.
  • 24 Agustus 2011: Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple, menyerahkan kendali pada  Cook dan mengambil gelar kepala. “Saya selalu mengatakan jika datang waktunya suatu hari ketika Saya tidak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama untuk membiarkan Anda tahu,” kata Jobs dalam sebuah pernyataan. “Sayangnya, hari itu telah datang.”
  • 5 Oktober 2011: Apple mengumumkan kematian Steve Jobs, dengan kata-kata “kecerdasan, gairah dan energi adalah sumber inovasi yang tak terhitung jumlahnya yang memperkaya dan meningkatkan semua kehidupan kita.”

Sekian. Sumber utama, Bloomberg.com

 

 

10 Comments to "Tanggal-tanggal Penting Steve Jobs"

  1. T.Moken  9 October, 2011 at 04:34

    Saya salut dengan komentar Phie nomor 8 yang berani berterus terang. Saya sudah bertobat dan berjanji tidak akan lagi mengritik kekurangan artikel penulis sebab saya pernah dihujat habis-habisan. Sejak itu, saya memberikan komentar yang menggembirakan.

  2. taufikul  8 October, 2011 at 19:51

    ho oh phie, bahasaku elek ki…

  3. phie  8 October, 2011 at 11:17

    Maaf ya, sekiranya ingin menerjemahkan tulisan dari bahasa asing tolong pergunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar nyaman dibaca. Terima kasih.

  4. taufikul  7 October, 2011 at 14:41

    kalau bagi saya ini kematian yg luar biasa, bahkan kita perlu memuji ketepatan malaikat mencabut nyawa jobs…
    tanpa jobs, ceruk inovasi akan terus diisi org2 baru yang membawa nilai2 baru, sekalipun mungkin tetap bergerak ke arah yang sama dengan mimpi jobs karena besarnya pengaruh pria amerika itu.
    ah, kematian, hidup membuatnya jadi lebih indah….

  5. [email protected]  7 October, 2011 at 13:57

    Ahhh… janganlah pada bersedih….
    Steve hanya dipindah tugaskan oleh Tuhan (bagi yang percaya)…. *niru model itsmi*….
    didunia sudah merancang iPhone, iPad, iPod dan….. iCloud…..
    sekarang
    Steve disuruh mendesign iHeaven…

  6. Lani  7 October, 2011 at 12:50

    hari ini sekelebatan baca mengenai Steve Jobs di yahoo news belum sempat baca…….eeeeeeee……..malah udah keluar artikelnya disini…….mahalo jd tau sapa org ini

  7. IWAN SATYANEGARA KAMAH  7 October, 2011 at 12:38

    Taufik, bagi saya Steve tidak mati dan dia bisa dihidupkan dengan teknologi, krn Tuhan hanya omong kosong.

    (Tiruan itsme)

  8. Dj.  7 October, 2011 at 11:11

    Mas Taufikul….
    Terimakasih….untuk informasinya… Kemarin seharian, semua radio di Jerman memberitakan kematiaannya.
    Malah ada yang berkata, seberapa pinternya seseorang dan seberapa kayanya seseorang….
    Tapi tidak bisa membeli TUHAN… Kalau sudah waktunya TUHAN akan panggil.
    Mau atau tidak, percaya atau tidak, tokh tidak ada yang bisa mengelak.
    Dia yang memberi dan Dia pula yang mengambilnya kembali.
    Terpujilah nama TUHAN….!!!
    Salam,

  9. taufikul  7 October, 2011 at 10:56

    Sama2 JC, lama tidak mampir ke sini

  10. J C  7 October, 2011 at 09:05

    Tengkyu mas Taufikul sudah menampilkan dengan detail tanggal-tanggal penting Sang Fenomena Dua Milenium ini…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.