Tumpuk Artati (6)

Yang Mulia Enief Adhara

 

Siang itu Tumpuk diajak Bude Tami ke Pasar Triwindu, sebuah pasar barang antik di kota Solo, Bude sangat menyukai barang barang antik dan ia kerap memburunya di berbagai tempat. Kios-kios berjajar rapi dengan menampilkan aneka benda keramik, logam, batu, kayu yang rata-rata antik. Bude tau mana yang asli mana yang tiruan. Dalam sekejap Bude sudah ‘tenggelam’ berdua Ms Janice dari Amerika, salah satu pelanggan batik Bude Tami.

Mereka asyik memilih aneka keramik kaca dari jaman VOC …. Tumpuk tak pernah tertarik pada Pasar Triwindu, Pasar Klewer jauh lebih diminati olehnya. Akhirnya ia duduk di dekat sebuah kios yang menjual aneka cermin antik dan aneka guci keramik …. Ia sibuk mengulik HP-nya …. Tentu ber-facebook-ria, ia wall to wall dengan Usman Bogor ……

UB : ” Sombong yaa wall aq engga dibales …. Ada kali 15 biji, sibuk ya ? “

TA : ” Biasa gw lagi trauma aja digodain cowok-cowok, gw kan mau konsen ujian, tapi sekarang udah beres koq, kangen yaa? Ihh cowo sama aja deh, selalu kangen gw “

UB :  ” Gitu ya ? Ya iyalah kangen, Tumpuk kan kembang fesbuk hehehe, oya aq mau ke Solo, mau anterin kakak nyari kain buat seserahan, kita bisa ketemuan donk “

TA : ” Oohh … Mau ke Solo ? Ketemuan ? Ya jangan mendadak yaa, maklum gw sibuk banged loh … Biasa kan gw eksis geelaa “

UB : ” Iyaa rencana Kamis besok berangkat, trus Jumat ke Pasar Batik Laweyan nah gimana kalo Sabtu ?? Soalnya Minggu aq balik Bogor nih …. Pleaseee ?? “

TA : ” Oke de kaka …. Hmm tapi inget ya jangan megang-megang gw, jangan ngerayu dan juga napsu sama gw yaa, gw males aja cowo yang suka sama kecantikan gue aja …. “

UB : ” Tenang darling …. Aq bukan type cowo gitu koq, hehehehe “

*****

Tumpuk mengambil lip gloss dari tas CENEL merah-nya, lip gloss bening yang baru kemarin dibelinya, gara gara dia melihat Halle Berry menjadi model iklannya. Ia menuju sebuah cermin di kios itu lalu memonyongkan bibir dan memulas dengan lip gloss bening …. Berlapis lapis ….. Dalam sekejap bibirnya becek sangat glossy. Lalu Tumpuk menggerak gerakkan bibirnya …. Memastikan terlihat sensual.

Tiba-tiba …… ” heh genduk, kowe entek mangan gorengan ojo mlebu neng tokoku …. kotor kabeh ( heh neng, kamu abis makan gorengan jangan masuk ke toko gw …. kotor semua ) ” ujar mas mas pemilik kios sambil menepuk pundak Tumpuk. Tumpuk nyaris terjerembab karena kaget, ia tersinggung dituduh habis makan gorengan … ” mas kowe iku ndesit sak 7 turunan yo ? sopo sing mangan gorengan ?!!! ( mas elo itu norak 7 turunan ya ? siapa yang makan gorengan ?!!! ) ” sahut Tumpuk sambil melotot.

Si Pemilik kios ga mau kalah ” Lha iku koq cangkemmu ngelengo kabeh ngono …. ( Lha itu mulut lo berminyak smua gitu )  ” ….. Tumpuk tambah kesal ” iki dudu lengo ! iki lip gross ( lip gloss ) – ( ini bukan minyak ! ini lip gross ( lip gloss maksudnya ) ) ” sahut Tumpuk sambil mengacung ngacungkan kemasan lip gloss itu dengan emosi jiwa. Si Pemilik kios kesal dan segera mengambil gelas berisi kopi siap menyiram Tumpuk, Tumpuk pontang panting ngacir.

*****

Di kamarnya yang cukup luas Tumpuk asyik guling-guling di karpet, mirip banged pesut Ancol ….. mulutnya sibuk bergossip lewat HP …. dia baru-baru saja akrab dengan Cindy teman sekelasnya. Cindy memiliki ayah yang menjadi pengusaha toko emas dan permata. Di kawasan Solo saja ia ada 3 toko emas dan satu buah toko perhiasan high class di Plaza Indonesia, Jakarta. Cindy wajahnya tidak terlalu cantik namun pandai berdandan dan sebenarnya dia berhati culas.

Ia mendekati Tumpuk lantaran ingin membalas dendam. Mario gebetannya di kelas sebelah kerap disatroni Tumpuk. Mario walau tampan namun rendah hati, ia pandai matematika dan sebaliknya Tumpuk bodoh sekali akan matematika. Akibatnya Mario yang menjadi tumpuan Tumpuk untuk bertanya akan berbagai soal matematika yang sulit dipahaminya. Tapi Mario bukan berarti rugi bandar, Tumpuk cukup menguasai  pelajaran sosiologi …. terjadilah kerjasama saling menguntungkan. Mario juga cukup pintar untuk menjaga ‘ hubungan ‘ agar Tumpuk tidak terlalu rapat hingga akhirnya GR …. berbagai cara dilakukan Mario … misalkan sengaja bau ketek hingga Tumpuk ga betah gelendotan di lengannya.

Trus sengaja ngupil tiap saat dan saat Tumpuk mulai cari cari kesempatan ia sengaja meleletkan upil basah ke bibir Tumpuk …. dan banyak cara ajaib lainnya yang akhirnya membuat Tumpuk tak ada kesempatan menjadi GR. Namun Cindy tetap saja meradang …. cowok seganteng Mario kerap berduaan dengan Tumpuk di bawah terik matahari di lapangan basket sok belajar bersama? Namun untuk belagak belajar sama sekali tak menarik minat Cindy yang bisa dibilang bodoh. Ia tak mengerti apa guna sekolah, toh ayahnya kaya raya. Dan Cindy lebih fokus akan kedengkiannya melihat Tumpuk bogel asyik berduaan dengan Mario gebetannya sejak kelas satu SMU.

*****

” Itu bagus banget lho Puk buat elooooo …. ” ujar Cindy penuh antusias di sebuah toko kain di Solo Square. Sore itu Tumpuk sengaja diajak Cindy belanja kain untuk acara Prom Nite yang akan diselenggarakan angkatan mereka. Tumpuk dengan suka cita memegang kain berbahan glitter warna silver. ” Entar lo buat model terusan mini aja Puk ” lanjut Cindy bagai kompor meleduk. ” dadanya buat agak rendah, model tali dan super mini ketat …. lo bakal kayak bintang idola lo deehhh ” Cindy nyerocos bagai tukang obat.

Tumpuk yang mudah terpengaruh akhirnya memilih kain itu, di benaknya ia akan tampil bak BEYONSE ….. sungguh Tumpuk yang malang. Dan di Caffetaria Cindy habis-habisan ditraktir Tumpuk sebagai ucapan terima kasihnya …. Sambil menyeruput juice strawberry, Cindy berkata ” hmmm besok gw kasih gambar baju yang buat Prom Nite ya …. ehh trus mau ga gw jodohin sama Anton?? Itu lho cowok keren anak IPA …. ” …. Tumpuk nyaris tersendak karena kaget, Anton?? Cowo ganteng yang jadi rebutan cewe cewe di sekolah mereka. Cindy senang usulnya berhasil meracuni otak Tumpuk …. ” Mario bau ketek, mending si Anton aja cuma bau mulut … dia sahabat gw Puk ” lanjut Cindy sambil melirik Tumpuk penuh arti.

*****

Akibat perjodohan itu Tumpuk makin lengket dengan Cindy. Rubiyem sampai kesal dibuatnya. Memang Rubi yem beda sekolah, sekolah swasta dimana Tumpuk menggali ilmu hanya golongan kaya saja yang mampu, bayarannya selangit, namun Rubiyem tau siapa Cindy. Tak sengaja di sebuah kedai bakso di Pasar Klewer, Rubiyem mendengar Cindy berbicara dengan Dina sahabatnya melalui HP. Pembicaraan itu menarik bagi Rubiyem karena di situ Cindy membicarakan Tumpuk berikut segala cara yang ditempuhnya untuk mengerjai Tumpuk. ” iya jeng, si gadis desa OKB itu bakal tau rasa deh kikikikikikik ” Cindy cekikikan bagai Mak Lampir dan dari seberang telpon Dina berdehem-dehem bagai Mak Erot. Dan saat Rubiyem melaporkan segala yang didengarnya, namun Tumpuk malah menganggapnya iri karena belakangan ia memang jarang menemui Rubiyem. ” Dasar Tumpuk goblok ” pikir Rubiyem pasrah.

*****

Esoknya Cindy menepati janji, ia ke rumah Tumpuk dan Ia sibuk menjembreng majalah dengan model-model rok yang kemarin ia usulkan pada Tumpuk. ” Nih liat deh Puk ….. Halle Berry aja pakek …. keren ya, lo pasti ga beda deh sama dia, malah cantik elo kayanya ” Ujar Cindy lebay sambil menunjuk foto di majalah.

Tumpuk semangat 45, ia membayangkan dirinya turun dari mobil Mercy bude-nya dengan rok ketat nan sexy warna silver memakai sepatu merah gaya BEYONSE persis di acara acara award, saat melangkah semua cowok-cowok tak berkedip melihat dirinya, mulut mereka menganga kagum sampai tak sadar ada lalat ijo masuk mulut ….

Tumpuk tersadar dari lamunannya, dikejutkan suara Cindy yang dibuat-buat …. ” Tummmppuuukkkkk …. what is this ??? Baju-baju elo ??? Ya ampun keren keren banget ciiiii …. kalah deh gw sama elo ” Jerit Cindy dibuat-buat sambil memegang aneka busana di lemari gantung milik Tumpuk, yang sebenernya biasa aja. ”  Selera lo emang Hollywood banged deh cin ” lanjut Cindy. Hidung Tumpuk kembang kempis karena bangga, seorang Cindy yang selalu terlihat glamour memuji dirinya berselera Hollywood …..

*****

Sudah seminggu ini Anton rajin mengirim SMS pada Tumpuk, ” met nambah 2 piring ya Puk “, ” Met mimpiin aku yaaa “, ” Kamu hantu ya ? Koq membayangi aku terus sihhh ” dan banyak lagi SMS lain, jumlahnya ?? Ratusaannnn. Tumpuk makin jumawa, di benaknya hanya Anton, Anton dan Anton.

Sampai ia lupa bahwa Minggu depan Usman Bogor bakal berada di kota Solo. Usman berkulit putih, wajahnya cukup menarik walau mungkin agak FREAK secara dia bisa tergila-gila pada Tumpuk nan ajaib. Tumpuk pribadi ada rasa tertarik pada Usman yang selalu memujinya di FB. Dari aneka pic Usman dia melihat cowok itu kerap mejeng di berbagai mobil mewah …. Alphard, Mercedes, Jaguar sampai bajay. Di benak Tumpuk, pasti cowok ini anak orang tajir di Bogor. Dan Tumpuk baru ingat Usman gara gara masuk SMS dari pria Bogor tersebut.

” Wah putri Solo ini koq ga pernah buat status lagi yaa ?? ” begitu isi SMS Usman. Memang sejak 10 hari terakhir Tumpuk tidak sempat eksis di FB, ia tenggelam bersama Cindy sahabat barunya. ” Jangan lupa yank, minggu depan aku ke Solo ” isi SMS kedua Usman. Tumpuk buru-buru melihat koleksi busananya di lemari …. lemari itu mirip tempat cucian kiloan, begitu berjejal pakaian aneka warna mencolok dan tentu serba terbuka di sana sini. ” Waduh, gw ga ada baju baru … belanja deh besok ” Pikir Tumpuk.

 

15 Comments to "Tumpuk Artati (6)"

  1. Lani  13 October, 2011 at 12:16

    woalaaaaah tumpuk……..tumpuk………sial bener nasibmu nduk……….

  2. Lani  13 October, 2011 at 12:08

    EL-NANO-NANO : jd dada keatas buat PAM-PAM……dada kebawah bagian AKI BUTO?????? tosssssssss! pas banget, soale aki mmg ndak demen ama yg segepok……..dia cm kebessssssss ama yg kayak tutup cangkir……kkkkkkkk

  3. [email protected]  12 October, 2011 at 11:48

    wuiiih… disuruh bagi2 ama buto….
    WOGAH!!!….

    ntar kita carikan buat si buto….
    mungkin sekelas cecilia cheung

  4. elnino  12 October, 2011 at 08:21

    Hahaha… Enief, kalo ‘abis makan’, bahasa Jawanya ‘bar/bubar mangan’ bukan ‘entek mangan’… Nha kalo ‘gorengannya udah abis’, bahasa Jawanya ‘gorengane wis entek’…. Bingung ya? hihi…

    Wik, yang pake lipgross kan kamu…kok nuduh aku sih?

    Pam, Buto udah bikin pengakuan, Elly Tran emang seleranya. Tapi kusus dada ke atas… Dada ke bawah jatahmu, dia phobia sama yg segepok2

  5. J C  11 October, 2011 at 12:06

    Haddddoooohhhhh dia lagi, dia lagi…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.