Si Mata Belang

Gandalf The Grey – Middle Earth

 

Sejenis kelainan genetis yang dinamakan heterochromia bisa menyebabkan kucing mempunyai mata belang dimana satu mata berwarna kuning / normal dan sebelah lagi berwarna biru atau bisa juga sebelah biru dan sebelah hijau yang disebut complete heterochromia. Mungkin bagi yang tidak tahu hal ini dianggap sangat langka tapi sebenarnya cukup banyak dijumpai pada kucing baik di Indonesia maupun di negara lain.

Menurut wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Odd-eyed_cat), beberapa jenis kucing -terutama yang berwarna putih- mempunyai kecenderungan bermata belang misalnya Turkish Van dan Turkish Angora. Juga jika kucing berwarna putih total dan bermata belang maka mempunyai kemungkinan lebih besar menjadi tuli, tapi bukan berarti semua kucing bermata belang pasti tuli. Selain itu mata belang juga banyak terjadi pada beberapa jenis anjing seperti Siberian Husky, bahkan kuda dan hewan ternak lainnya.

Yang lebih seru ternyata heterochromia (http://en.wikipedia.org/wiki/Heterochromia_iridum) ini bisa juga terjadi pada manusia, bayangkan jika ada orang yang tinggi besar, 188 cm misalnya, bertato dan bertampang sangar lalu matanya seperti mata kucing yang belang sebelah merah dan sebelah lagi ijooo, hiiiii…

 

 

63 Comments to "Si Mata Belang"

  1. elnino  26 October, 2011 at 12:27

    Hahaha…iya deeeeh…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *