Liburan ke Mallorca (3)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo anda semuanya, penghuni rumah BalTyRa…..

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. yang masih berthema liburan di Pulau Mallorca….Kali ini kami ingin mengajak anda semua, turut dalam City Tour ke kota Palma de Malllorca. Kota Palma, adalah kota terbesar di pulau Mallorca, walau penduduknya tidak banyak. Tapi begitu banyaknya hotel, karena pengunjung (Tourist) yang bagitu buanyaaaak….

Di daerah Arenal (dekat Palma) adalah tempat muda-mudi ngumpul, karena di sana terkenal dengan “balaman”. Dimana mereka (kebanyakan adalah orang Jerman) yang berpesta pora, dengan minum alkohol, di dalam diskothek-diskothek.

“Mungkin” juga mirip dengan Kuta (di Bali), yang banyak dikunjungi orang Australia. Baiklah, Dj. tidak akan cerita tentang hal ini dan juga tidak tentang sejarah Mallorca….

Puji TUHAN….!!

Bangun pagi, udara sangat bagus, keluar dari kamar, dari balkon bisa melihat indahnya dan suara deburan ombak di laut di depan mata….Seperti yang telah kami ceritakan sebelumnya di oret-oretan yang lalu, bahwa Susi telah melihat tawaran untuk jalan ikut Tour….

Nah hari ini, kami mengambil Tour yang pertama dan yang murah meriah saja, dengan bus ke kota Palma, yang mana perjalanan dengan bus ditempuh hanya 50 menit saja dan dengan harga hanya € 17,- / orang.

Setelah sarapan, maka kami menuju ke tempat penjemputan…yang jaraknya hanya 5 menit jalan kaki dari hotel dimana kami menginap.

Bus sudah menunggu, saat kami datang, walau kami datang masih 10 menit lebih pagi dari jadwal. Buspun penuh, selama perjalanan kami semua dihibur oleh Tour leadernya (bernama Juan) yang sangat lucu dengan banyolannya di dalam 3 bahasa (Jerman, Inggris dan Spanyol), Karena yang di dalam bus ada orang Jerman, orang India dan orang Spanyol.

Rumah petani orang Mallorca, Dj. ambil dari dalam bus yang sedang berjalan…

Saat kami mendekati kota Palma, terlihat di mana-mana pohon Palm….

Dan kami melewati Kathedral yang sangat besar yang dibangun selama 300 tahun (kata Juan)….

Kami sampai di sebuah bukit kecil, yang jaman perang dulu dipakai sebagai benteng. Walau Mallorca tidak pernah mengalami peperangan…

Dari atas bukit, kami bisa melihat pelabuhan Palma dan juga melihat kapal-kapal besar yang membawa banyak tourist, sedang berlabuh. Bahkan hari itu ada dua kapal besar yang berlabuh.

Seperti layaknya, di halaman dalam dan luar benteng, banyak terdapat meriam yang saat ini hanya sebagai hiasan bagi Tourist saja…

Di Benteng kami diberi waktu 30 menit, dan setelah puas maka kami meneruskan perjalanan, kembali ke tengah kota Palma, dengan melewati pelabuhan lagi. Bisa dilihat begitu banyaknya kapal-kapal (Yacht) milik orang-orang kaya….

Di tengah kota Palma, kami diberi waktu selama 5 jam, untuk sekedar melihat-lihat, apa yang ada di tengah (pusat) kota Palma. Jadi jam bebas, mau bikin apa saja, mau jalan kemana saja, asal waktu yang sudah ditetapkan, kembali ke Bus Halte.

Kami langsung mencari tau, jalan kaki ke arah Kathedral….

Sangat disayangkan, karena di dalam Kathedral, tidak diperkenankan ambil photo dengan menggunakan Flash. Dan di ruangan dalam Kathedral cukup gelap, jadi maaf bila photo di bawah tidak begitu jelas, tapi semakin kelihatan antik bukan….

Setelah dari Kathedral, maka kami kembali jalan di Citywalk, mencari makan siang….Dan yang paling mudah adalah Mc. Donald, tidak akan salah pesan…hahahahahaha….!!!

Di pusat kota Palma, banyak macam-macam atraksi dan juga penjual tas-tas wanita yang jelas tidak asli (aspal) daaaaan…penjualnya, sama saja, orang-orang dari Afrika….

Di bawah ini bisa dilihat sepasang orang yang berpakaian seperti patung yang dibikin dari tanah liat…Mereka berdua bisa tahan lama tidak bergerak sama sekali….Di depan mereka ada semacam kendi, kalau ada orang yang memasukan uang kedalamnya, barulah pasangan tersebut akan bergerak dan berganti posisi dan mulai diam lagi….

Kami melihat pohon jaitun (Olive), yang berumur 200 tahun, atau bahkan lebih….Dj. yang menggemari pohon-pohon tua, melihat pohon jaitun ini dengan stuktur batangnya yang cukup aneh. Membikin Dj. takjub dan keheran-heranan, sayang Dj. tidak menemukan tempat penjual bonsai pohon jaitun.

Puji TUHAN….!!!

Tidak disangka, di Palma kami melihat toko Lacoste, bahkan ada dua toko ….Jelas Dj. yang hobby pakai Lacoste, langsung masuk, tapi sayang ukuran yang Dj. perlukn tidak ada….

Beberapa ratus meter kemudian, kami masih menemukan toko Lacoste yang ke dua. Dan di toko ini Dj. mendapatkan yang Dj. cari dan bahkan lebih murah daripada di Mainz….

Imeii….bisa lihat, kami juga senang berbelanja, untuk mengahabiskan waktu yang ada….hahahahaha…!!!

Di cafe ini, kami sedikit istirahat dan menikmati susu coklat….hhhhmmm…!!! Walau hanya 40 menit duduk ngobrol berdua, tapi rasa cape sudah terobati… Dan kami molai jalan lagi, tapi pelan-pelan, santai saja….

Seorang asal China yang menulis nama-nama orang yang memesannya dalam huruf kanji….. dan harganya hanya € 3,- Mungkin dimas Josh Chen atau siapa yang tau apa yang orang ini sedang tulis….???

Juga pelukis wanita asal China yang sangat mengagumkan….Walau Dj. juga melukis potret, tapi dibanding wanita ini, masih jauh ketinggalan……

Setelah jalan-jalan seharian, maka kami kembali ke Halte Bus yang sudah ditentukan untuk kembali ke Alcúdia…Dan di situ, saat kami sudah di atas bus, Dj. sedikit kaget, karena melihat Halte busnya dengan nommor 813. Special Halte untuk Dj. Hahahahahahaha….!!!

Okay…. itu tadi sedikit perjalan Tour ke Palma de Mallorca…..Setelah sampai di hotel, adalah rutinitas seperti biasanya, mempergunakan sinar matahari yang masih ada. Berenang dan makan malam, dilanjutkan meng upload photo-photo yang hari itu Dj. jepret…..

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya ….Terimakasih juga untuk pengasuh BalTyRa, yang baik hati…Kalau belum bosan, maka miinggu depan, kita kembali bertemu dengan tour yang berikutnya. Dj. mohon maaf bila ada kata-kata di atas yang kurang berkenan.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita senantiasa…

 

Salam manis dari Mainz

Dj. 813

 

Bunga Hibiskus yang juga terdapat di mana-mana di Mallorca.

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

63 Comments to "Liburan ke Mallorca (3)"

  1. anoew  25 November, 2011 at 10:42

    sepasang orang yang berpakaian seperti patung yang dibikin dari tanah liat…Mereka berdua bisa tahan lama tidak bergerak sama sekali….Di depan mereka ada semacam kendi, kalau ada orang yang memasukan uang kedalamnya,

    kalau ada penari bugil di depannya, tetap gk bergerak ya?

    kalau saya yg jadi patung, wis tak babat habisss..

  2. nevergiveupyo  25 November, 2011 at 10:30

    saya penasaran dengan pengamen baju tanah liat. itu tahan berapa lama tanah liatnya sebelum kering ya Oom?
    ada info kah?
    terimakasih untuk liputan liburan yang luar biasa….
    shallom

  3. Reca Ence Ar  24 November, 2011 at 02:42

    Woooooowww……makin seru dan mengagumkan
    Betul2 perjalanan yg sangat mengesankan
    Ahhhh seandainya Reca ada diantara pohon palm itu
    Pasti buah2 yg berjatuhan tak kumpulin, heheehe
    Dibawa pulang dan di semai, buat koleksi, di rumah ada beberapa jenis pohon palm
    Satu lagi, Pohon Zaitunnya Kereeeeennn, bikin mata ga berkedip dan betah melihatnya
    Seperti bonsai saja…
    Terimakasih pak Dj , sudah memperkenalkan keindahan yg baru
    …….
    Salam dini hari dari Jakarta

  4. Dj.  24 November, 2011 at 02:34

    Pambres….
    Ya jelas ditunggu, karena Dj. kan pernah lihat artikel-2 anda dan photo-photo yang ciamik…
    Pokoknya ditunggu….!!!
    Hahahahahaha….!!!

  5. [email protected]  23 November, 2011 at 13:56

    AHAHAHAHAHHAHAHA….
    aduh, artikel ditunggu ya

    lagi agak2 sibuk akhir tahun ini, tahun depan mungkin deh om DJ (tapi gak janji)….. kalo saya sempat, nuilis lagi deh.
    sekarang ini….

    saya baca aja baltyra….banyak cerita2 seru, dan banyak jg photo2 bagus…. (jadi minder)…

  6. Dj.  23 November, 2011 at 12:14

    Imeii Says:
    November 23rd, 2011 at 11:21

    Om.. tempatku masih anget, kalo pagi sekitar 6′C, siang bisa mencapai 23′C, cuaca saat ini paling nyaman deh, itu sebabnya banyak sekali orang2 dari luar state dan Canada punya rumah di daerahku, penduduk jadi 3 kali lipat saat winter, jalan2 jadi ramai, bisnis di toko2 dan supermarket juga bertambah, gereja juga penuh, bahkan ada yang tambah 2 x misa setiap weekend untuk menampung penduduk musim dingin, kita sebutnya snow birds

    ini ada bunga kembang sepatu warna kuning orange
    —————————————————————–

    Imeii…..
    Selamat Pagi dari Mainz….
    Berbahagialah anda yang masih bisa menikmati kehangatan udara di bulan November ini.
    Di Mainz, hari ini diperkirakan, pagi -3°C dan siang akan mencapai +7°C.
    Sudah harus pakai jjacket tebal dan untuk stir mobil sudah harus pakai sarung tangan….
    Jadi didaerah Imeii tinggal, saaat ini malah rame, banyak dikunjungi Snowbirds….hhahahahaha….!!!
    BBerati devisa naik dong dan gereja makin penuh…. PUJI TUHAN….!!!

    Terimakasih untuk kiriman bunga mataharinya…
    Bunga dengan warna yang sama, ppernah Dj. beli untuk anak Dj., saat dia baru pindah ke appartmentnya yang baru, sommer lalu.

  7. Dj.  23 November, 2011 at 12:08

    [email protected] Says:
    November 23rd, 2011 at 09:25

    Om DJ gak buka lapak juga disono?
    duduk disebelah yang lagi ngegambar anak kecil….
    trus om DJ, ngelukis mereka ber2….
    dan tante susi, dengan kameranya photo kalian ber 3….
    (kok jadi berantai begini ya)
    —————————————————————————-

    Pambres….
    Selamat Pagi dari Mainz…..
    Terimakasih sudah diingatkan….
    Dj. pernah bikin sepperti mereka, saat student dulu 1975-1977, gambar di trotoar dengan kapur berwarna.
    Mungkin nanti kalau ppensiun, siapa tau biisa coba lagi….
    Salam manis untuk keluarga di rumah…
    Mana artikel anda, sudah lama tidak mmenulis lagi….

  8. Imeii  23 November, 2011 at 11:21

    Om.. tempatku masih anget, kalo pagi sekitar 6’C, siang bisa mencapai 23’C, cuaca saat ini paling nyaman deh, itu sebabnya banyak sekali orang2 dari luar state dan Canada punya rumah di daerahku, penduduk jadi 3 kali lipat saat winter, jalan2 jadi ramai, bisnis di toko2 dan supermarket juga bertambah, gereja juga penuh, bahkan ada yang tambah 2 x misa setiap weekend untuk menampung penduduk musim dingin, kita sebutnya snow birds

    ini ada bunga kembang sepatu warna kuning orange

  9. [email protected]  23 November, 2011 at 09:25

    Om DJ gak buka lapak juga disono?
    duduk disebelah yang lagi ngegambar anak kecil….
    trus om DJ, ngelukis mereka ber2….
    dan tante susi, dengan kameranya photo kalian ber 3….
    (kok jadi berantai begini ya)

  10. Dj.  23 November, 2011 at 03:04

    matahari Says:
    November 23rd, 2011 at 02:33

    Di foto kedua di toko Lacoste…saya melihat pak Djoko tiba tiba berubah menjadi kurus dan rambut beruban…begitu melihat Ibu membawa dua tas penuh berisi barang barang merk Lacoste..Mungkin pak Djoko berfikir :”Oh my God..berapa uangku habis untuk bayar ..kenapa dia banyak sekali belinya :…..Smile!!! Great pictures pak Djoko…
    —————————————————————————–

    Ibu Matahari….
    Selamat malam dari Mainz….
    Terimakasih sudah mampir….
    Dj. hampir keseleg, bavca komenntar ibu…
    Hahahahahahahahahaha…..!!!
    Mengapa hanya kurus dan rambut beruban saja, kan jadi bule juga tuh….hahahahahaha….!!!
    Kami ke toko Lacoste, semuanya untuk Dj., Polo Shirt dan sepatu
    Susi sangat sederhana, tidak mau dibelikan barang mahal dan bermerk.
    Banyak tas-tas, dompet, sepatu, jam tangan, juga baju yang Dj. beli yang harganya diatas ribuan Euro, tidak pernah dia pakai, ( dia selalu bilang sayang ).

    Dia malah pakai barang-barang murahan.
    Lihat saja, dia malah nenteng tas dari kain, yang dibeli ditoko kecil dengan harga hanya € 12,-
    Kecuali perhiasan, dia ada alergi Nickel cobald, jadi tidak bisia pakai barang imitasi.
    Bisanya hanya dengan emas kuning atau putih, itupun dia jarang pakai…..
    Sedang Dj. saat miskin dulu sering dihina teman, mana mampu beli lacoste.
    Olehnya Dj. janji semua baju, kaos dan sepatu Dj. hanya lacoste, kecuali celana lacoste, Dj. kurang senang.
    Susi tau hal itu, olehnya kalau lihat toko lacooste, dia selalu ajak Dj. masuk dan mencari apa yang Dj. belum inginkan. Tapi kalau soal perhiasan untuk Susi, Dj. yang memikirkannya, walau kadang malah dimarah dengan senyuman dan ciuman dipipi….
    Hahahahahahaha….!!!
    Jadi jangan khawatir, walau sebenarnya Dj. malah ingin kurus, tapi sudah berusaha makan sebanyak-banyaknya, tetap belum biisa kurus… Hahahahahahaha…!!!
    Salam manis dari Mainz…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.