Les Aventures de Tintin en Indonesie

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

TINTIN tokoh komik dunia ciptaan Georges Remi (dikenal akronim Herge) pernah bertualang di Indonesia dalam serial ‘Penerbangan 714″ (Vol 714 pour Sydney).

Keberadaan Tintin di Indonesia sangat membanggakan bagi sebagian besar penggemar Tintin di Indonesia. Kedekatan Herge dengan Indonesia, diawali dengan kedekatan secara pribadi dengan Raja Belgia Leopold III (bertahta 1934-1951).

Sebelum menjadi raja, Leopold III berbulan madu selama setengah tahun (Des 1928-Mei 1929) ke pelosok Hindia Belanda (Indonesia) bersama istrinya yang cantik, Ratu Astrid yang tewas kecelakaan tahun 1935. Tahun 1972 Leopold III yang sudah tak jadi raja, kembali bernostalgia ke Indonesia. Anaknya, Raja Baudouin juga melakukan hal yang sama ketika ke Indonesia tahun 1975. Cucu-cucunya juga melakukannya pada puluhan tahun kemudian keliling Indonesia.

Herge ingin meniru sahabatnya itu, dengan membuat cerita tentang petualangan Tintin di Indonesia dalam seri “Penerbangan 714” yang ditulis antara 1967-1968.

Setelah 40 tahun kemudian, Tintin kembali lagi menghirup udara Jakarta dalam film yang beredar disutradarai Steven Spielberg.

111 Comments to "Les Aventures de Tintin en Indonesie"

  1. Lani  2 December, 2011 at 10:16

    109 ISK : ya bener……spt tetanggan aja……suaranya super bening….jelassssssss banget……..aku udah coba ngobrol sama HANDOKO, SASAYU……..jg sama super bening…….indahnya tehnologi………jauh dijarak tp spt tetanggaan aja…….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *