Devin Castle

Nia

 

Devín Castle adalah sebuah benteng yang terletak di kota kecil Devín sekitar 30 menit perjalanan dengan bis dari Bratislava – Slovakia. Informasi tentang Devín Castle bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Dev%C3%ADn_Castle

Ketika jalan-jalan ke Bratislava saya sebenarnya tidak punya rencana untuk ke Devín Castle. Tapi karena ada sisa waktu setengah hari saya lalu tanya ke pemilik hostel tempat saya menginap tentang transport umum ke Devín Castle. Saya diberi tahu ada bis nomor 28 yang ke Devín. Bis ini berangkat dari halte/ platform C5 terminal Novy Most (New Bridge). Sore itu sekitar jam 3 sore saya muter-muter terminal Novy Most mencari platform C5. Nyerah karena tidak berhasil menemukan platform C5 saya lalu nanya ke mbak-mbak yang sedang nunggu bis nomor 29. Si mbak ini bilang tidak ada platform C5 di terminal ini. Orang-orang yang ada di situ juga bilang kalau platform di terminal ini cuma C1 sampai C4.

Saya lalu ingat kata pemilik hostel kalau bis nomor 28 itu tidak berangkat dari dalam terminal tapi cuma lewat. Untung-untungan saya keluar terminal siapa tahu ada halte di pinggir jalan. Ternyata benar :) pas sekali ada bis nomor 28 yang berhenti di halte. Sekilas saya melirik plang di halte itu ada tulisan C5 :)

Oya sebelum naik bis saya sudah punya tiket yang saya beli sehari sebelumnya. Kalau mau naik tram atau bis di Bratislava kita bisa beli tiket di mesin tiket atau di kios rokok di deket halte. Harga tiket 70 cent bisa dipakai untuk sekali jalan selama 60 menit. Begitu naik bis tiket harus divalidasi dengan cara memasukkannya ke mesin kecil di dekat pintu masuk.

Sekitar 30 menit kemudian bis memasuki kota Devín. Begitu melihat papan petunjuk dengan arah ke Devín saya langsung turun dari bis lalu jalan mengikuti arah papan petunjuk itu. Sukses! saya terdampar di tengah pemukiman dengan jalan naik turun dan berbelok-belok. Saya terus jalan berharap menemukan seseorang yang bisa menunjukkan arah ke Devín Castle. Pemukiman ini sepi sekali, mungkin karena musim dingin dan sudah sore jadi orang-orangnya lebih memilih diam di rumah.

Sebenarnya saya sudah capek sekali tapi masa harus menyerah dan balik ke Bratislava?! Sudah jauh-jauh sampai Devín jadi harus nemu Devín Castle! Saya terus jalan dan akhirnya ketemu juga dengan Devín Castle :)

Ini sebagian foto-foto yang saya ambil :)

Mungkin karena bukan musim turis jadi tiket masuk ke Devín Castle hanya 1.30 Euro. Cukup murah tapi ada tulisan Exhibition Close, Toilet Close :( berharap jangan sampai kebelet pipis.

Dari Devín Castle kita bisa menikmati pemandangan kota Devín.

Chapel di dalam area Devín Castle

Setelah puas menikmati Devín Castle dan hari sudah mulai gelap saya keluar dan jalan-jalan di tepi sungai Danube. Dari sini saya bisa melihat menara pengawas yang dikenal dengan nama The Maiden Tower.

Di dekat area parkir Devín Castle ternyata ada halte bis. Saya lihat bis nomor 29 berangkat dari sini. Jalur bis ini sudah tidak jelas karena dicorat-coret dan sebagian dirobek tapi saya yakin bis ini sampai terminal Novy Most karena sebelum berangkat saya lihat ada platform untuk bis nomor 29 di sana. Sambil menunggu di halte saya memandangi Devín Castle sambil melamun membayangkan seperti apa keadaannya ketika jaman kekaisaran dulu :)

 

 

 

About Nia

Don't judge the book by its cover benar-benar berlaku untuk Nia ini. Posturnya sama sekali tidak menggambarkan nyalinya. Blusukan sendirian ke seluruh dunia dilakoninya tanpa gentar. Mungkin hanya North Pole dan South Pole yang belum dirambahnya. Catatan perjalanannya memerkaya wawasan bahwa dunia ini benar-benar luas dan indah!

My Facebook Arsip Artikel

54 Comments to "Devin Castle"

  1. nia  8 December, 2011 at 14:14

    bu Probo… dl sy lumayan sering kesitu… nggarap tugas sendiri ato nganterin temen yg nggambar ato motret disitu tp ya siang… klo malem maturnuwun aja hehehe…

    yu Lani… untung sy gak bs ndelok ato ngrasa yu nek ada yg halus2… dl pernah dpt tugas bikin makam jd tempat yg lbh menarik… langsung pucet! hahaha… untung satu kelompok sm yg gak bs liat n ngrasa jg…

    bu SU… sms tawaran carabikang nya msh sy simpan hehehe… sayang bgt waktu itu kepaksa nolak hiks…

  2. SU  7 December, 2011 at 21:33

    Bisa saja Nia ini.

  3. Lani  3 December, 2011 at 22:54

    MISS NGAING-NGAING : yg namanya bangunan zaman dulu, castle, ato apalah…….yg jelas mmg indah, cantik, tp jelassssssss wokeh lelembut-e…….demit……..ghost…….yg bs kasat mata, tp ndak semua org bs melihat/merasakan…..makane klu ketempat spt itu, lbh baik siang hari bolong……..klu surup/bengi emohhhhhh memedenikan apalagi klu sendirian ora wae ah………..hehehe

  4. probo  3 December, 2011 at 21:35

    mungkin suami punya…tapi masih analog……yang jelas dulu kan bata merah sudah krowak-krowak gitu……asyik tapi ngeri……
    dulu kost dekat situ, jadi tiap hari lewat terowongan menuju water castle…..atau mampir dlu di sumur gumuling….
    kalau belajar masuk taman sari, di atas menara hehehe

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.