Ada Masanya

Ida Cholisa

 

Sesuatu itu ada masanya. Maka tak usah kau terlalu ambisius untuk sesuatu yang telah ada masanya. Berusaha wajib kau lakukan, tetapi jangan terlalu berharap bahwa hasil harus tergenggam sekarang. Yang di atas Maha Tahu apa yang terbaik untukmu.

Nikmati alur waktumu. Sekarang adalah waktu yang memberimu kesempatan. Yang telah berlalu hanya menjadi sebuah kenangan. Yang akan datang masih menjadi impian. Maka yang sekarang itulah sebenarnya kesempatan yang bisa kau maksimalkan. Memoles kekurangan di masa silam, dan mempersipkan sesuatu yang lebih baik untuk masa depan.

Jangan menjadi pribadi yang hanya dipenuhi mimpi dan ambisi tak berarti. Selalu mampu mengukur kemampuan diri agar tak hanyut dalam mimpi semu yang menggelincirkan diri. Benar bahwa kau tak boleh tak punya mimpi. Tapi mestinya kau berkaca diri; realistiskah mimpi yang kausulam hari ini?

Dalam kesabaran ada keberuntungan. Dalam kesungguhan ada keberhasilan. Dalam kesulitan ada kemudahan. Maka mari kita mengibarkan tinggi-tinggi semangat meraih hari esok yang lebih baik. Menjadi pribadi beruntung yang selalu menapak satu langkah lebih baik dari hari kemarin.

Tak usah terlalu bersedih dengan kemalangan. Sebab seperti halnya kegembiraan, kesedihan atau kemalangan datang dan pergi seperti rembulan di tengah malam. Bukankah malam selalu tergantikan siang, dan siang pun tergantikan malam? Semua ada masanya, kawan!

Kesakitan tak selalu berujung pada kesengsaraan. Pribadi yang mampu tegak berdiri di setiap keadaan adalah pribadi unggul yang tahan banting melawan gempuran. Dalam pekatnya lumpur selalu ada sesuatu yang berharga, pun pada derita yang menghujam dada, selalu ada kilau hikmah yang membuka mata. Selalu berbaik sangka, pada yang Maha Memberi setiap anugerah atau derita. Bukanah yang di atas Maha Mengetahui yang terbaik untuk kita?

Jangan berpikir bahwa yang berkilau selalu berlian, sehingga kita menjadi manusia sombong saat kecemerlangan berhasil kita genggam. Dan jangan menganggap bahwa yang pekat itu sesuatu yang tak berharga, sehingga kita menjadi manusia apatis yang kalah sebelum berperang saat keterpurukan membelenggu langkah kita.

Lakukan apa yang bisa kau lakukan. Setiap pribadi memiliki sisi kelebihan.

Seperti malam yang segera tergantikan siang, seperti gelap yang kan berujung siang, yakinlah, perubahan ke arah yang lebih baik akan segera kau genggam.

Semua ada masanya. Ia tinggal menunggu kemauan dan usaha penuh kita. Man jadda wa jada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.***

Akhirnya….yang ini saja; sebab suamiku menyukainya. Bagaimana???

 

Bogor, Penghujung Nop 2011-

 

5 Comments to "Ada Masanya"

  1. SU  14 December, 2011 at 09:38

    Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya…. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Tuhan memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Tuhan dari awal sampai akhir.—-Raja Sulaiman

  2. ilhampst  14 December, 2011 at 09:19

    Man shabara zhafira, siapa yang sabar akan beruntung. Karena jarak antara kesuksesan dan kegagalan seringkali hanya berjarak setipis rambut
    Terimakasih artikelnya Bu Ida

  3. Dewi Aichi  12 December, 2011 at 05:02

    Betul bu Ida, semua ada masanya, mungkin pada masa tertentu, dalam hidup seseorang atau bahkan kita sendiri, pernah merasa kecil, tidak mampu, tidak berdaya sama sekali menghadapi persoalan hidup. Mungkin sering bertanya, kapan kita bisa meraih semua impian, harapan dan keinginan yang ada dalam dada. Kita juga bisa sering membayangkan, bilakah masanya berhasil, kapan masa itu akan datang.

  4. Dj.  11 December, 2011 at 18:20

    Dj. temani Linda saja deh…

  5. Linda Cheang  11 December, 2011 at 11:56

    boleh bermimpi. karena seringkali mimpi membuat kita mampu bertahan hidup. namun setelah bangun dari mimpi, realistislah.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.