Teka-teki Berhadiah

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo BalTyRaer…..

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. liburan di Pulau Malllorca yang terakhir (habis). Setelah turut tour ke Palma aquarium, maka tidak ada lagi yang aneh (menurut Dj). Olehnya hari-hari berikutnya kami lewati dengan menikmati pantai, makan siang di kota atau di pantai dan juga berenang di hotel juga mandi uap atau sauna, atau berenang di laut .

Jadi…setiap harinya hanya bermalas-malas dan santai…..

Ada beberapa dari anda yang bertanya, baik di komentar, ataupun di e-mail japri. Dimana ini Mallorca…??? Nah ini Dj. sedikit ambil dari Google Earth, agar memudahkan Dj. untuk menjawab. Dengan harapan, agar anda yang ingin kesana, bisa tau letak pulau Mallorca.

Jelas dong, Mallorca ada di Eropa dan tepatnya, masih daerah Spanyol (bukan Spa ro Nyol ong). Nah ini dia, sebelah selatan Eropa, olehnya keadaan cuaca juga sedikit lain dengan Eropa tengah atau utara.

Kurang jelas….??? Sabar ya…ini ada yang sedikit lebih jelas, lihat gambar anak panah… Jadi Mallorca, ada di sebelah selatan dari kota Barcelona, benar masih harus nyebrang laut. Bisa juga sih, kalau mau berenang, seperti mas Iwan, dari Gorontalo berenang ke Jawa….

Anak panah, menunjuk daerah Alcúdia, di bagian Timur pulau. Pulau Mallorca ini (untuk orang Jerman), “mungkin” sama dengan Bali untuk orang Australi. Hanya orang Jerman di Mallorca masih lebih sopan. Ini kalau Dj. dengar cerita tentang orang Australi di Bali.

Dan anak panah ini, mungkin sedikit lebih jelas, letak hotel dimana kami menginap. Di “ Grupotel Los Principes “.

Okay…… Dj. rasa cukup jelas dan kalau ada dari anda yang ingin liburan ke Mallorca, silahkan….

Satu pagi, Dj. ingin melihat matahari terbit….Saat asyik memperhatikan laut yang sedikit gelap dan menunggu terbitnya matahari ….

Tau-tau…….

Dari remang-remang Dj. dikagetkan dengan 1 sosok yang muncul dari dalam air….Jujur, Dj. sangat kaget, dari suasana yang sepi, tau-tau ada sesuatu yang muncul….Puji TUHAN….!!! Yang muncul bukan GOZILA….!!!

Tapi satu orang yang baru selesai mandi (berenang di laut), jelas Dj. langsung jepret dengan kamera. Dia langsung menyapa Dj. dengan…Guten Morgen…!!! Dj. tanya… Kok pagi sekali sudah berenang, kan dingin… Dia jawab… Diluar air memang dingin, hanya 12°C saat itu, tapi suhu di air sudah 18°C. Jadi terasa hangat…..

Nah ya, memang banyak orang Eropa yang suka berenang di air dingin. Dj. juga suka mandi (Shower), setelah dari sauna…Tapi tidak saat liburan yang ingin santai, orang lain masih tidur, dia malah sudah berenang di air dingin….Terutama orang Rusia, malah mandi (berenang) di air es.

Jelas Dj. lanjutkan penantian terbitnya sang matahari, dengan harapan bisa ambil momment yang bagus.

Ternyata Dj. belum memiliki nasib yang baik…Saat matahari mau mencungul, ternyata ada awan, ya seperti inilah jadinya….Tapi Dj. pikir…tidak jelek juga ya….hahahahaha….!!

Puji TUHAN….!!! Tidak dapat jepret matahari terbit dengan baik, tapi masih bisa leyeh-leyeh menikmati hangatnya sinarnya. Jelas dong, setelah sarapan baru leyeh-leyeh….. Lihat tuh Mei…. perut Dj. masih membengkak…. (kebanyakan sarapan….) Hahahahaha….!!!!

Sebelum makan siang, kami sempatkan untuk berenang di laut…Biar semakin lapar…..hahahahahaha….!!!! Air laut yang tenang, tidak banyak ombak besar….

Dj. yang baru belajar ngapung, ternyata di air asin (air laut), sangat mudah. Lha belajar di kolam renang (air tawar), tidak pernah berhasil. Kalau anda belum percaya, silahkan coba sendiri…. (tenggelam tidak ditanggung hahahaha….). Kalau Dj. yang o´on bisa, maka anda pasti bisa juga….!!!

Dj. teriaaaak…. yeeeaaaaaaaah….!!! Gembira karena berhasil, bisa ngapung….!!!

Tidak jelek banget kan? Untuk umur yang beberapa bulan lagi genap 60 tahun. Hahahahahaha…. (Dj. yang sok tau ya…???) Bu GuCan, lihatnya jangan lama-lama ya, nanti tidak bisa tidur lho….hahahahaha….!!!

Kalau Susi, di air apapun dia bisa ngambang (ngapung)….Kalau cape berenang, maka dia istirahat dengan mengapungkan dirinya di air…

Setelah capenya hilang, dia berenang lagi, untung hari itu ombaknya hampir tidak ada…..Semakin jauh dari pantai, airnya yang bening, semakin tenang….Sayang tidak bawa alat untuk snorkling…

Sore hari, kadang kami jalan atau naik bis ke kampoeng tetangga…. (Can Picafort). Walau kami banyak jalan dan ikutan tour, hanya ada satu rasa kehilangan….Karena di pulau yang cantik ini, yang tumbuh hanya pohon Palm (korma), pohon Jaitun (olive), kaktus, pohon jeruk, tapi tidak ada nyiur (pohon kelapa) yang melambai seperti di pantai-pantai kepulauan di tanah air kita Indonesia….

Di Halte bus ini Dj. untuk kedua kalinya dikagetkan dengan nama haltenya. Saat di kota Palma, ada halte 813 (pa i san), nah di kampoeng ini ada halte “ting-ting”, seperti nama penyanyi yang sedang naik daun di Indonesia.

Di photo di bawah ini, adalah hotel dimana si Junior suka nginap dengan keluarganya…Tidak di tepi pantai, tapi kira-kira hanya 200 meter ke pantai….

Tapi dekat dengan…. hahahahaha…kesukaan cucu.

Untuk kami berdua, kami memilih untuk makan di rumah makan ala Spanish….

Nah….semua pasti ada akhirnya dan kamipun akan kembali ke Mainz….Di sini Dj. harus mengakui cara kerja pegawai TUI (Travel Tour) yang bekerja dengan sangat ciamik. Kami dijemput di hotel dengan mini bus dan sudah ada beberapa penumpang dari hotel yang lain.

Sampai di air port, kami telah ditunggu oleh pegawai wanita dari TUI dan dengan sopan berkata, siapa ke Frankfurt ikuti nyonya X, siapa ke Hamburg ikuti nyonya Y dan siapa ke Münich, ikuti saya….

Jadi kami diantar sampai ke tempat check ini, tidak perlu mencari-cari sendiri….. yang mungkin akan bikin bingung dan makan waktu…

Ini setelah Check in di air port Palma de Mallorca.

Dan selama di Mallorca, tidak satu orang Indonesiapun yang kami temui, padahal saat kami ke Venecia, bisa bertemu dengan orang Indonesia, walau tidak banyak…..

Ready to take off…!!!

Kota PALMA dari jendela pesawat…

Di atas pegunungan Alpen yang tertutup salju.

Saat mendekati Frankfurt dan posisi pesawat di atas permadani yang terbuat dari awan….

Saat masuk ke dalam awan…

Di bawah awan, sudah terlihat pinggiran kota Frankfurt…

Puji TUHAN….!!! Kami telah mendarat dengan selamat dan penumpang semua bertepuk tangan. Tanda terimakasih (salute) kepada pilot yang telah berhasil membawa kami kembali dengan selamat sampai Frankfurt.

Setelah ambil koffer, maka kami masih punya waktu sekitar setengah jam, menunggu kereta api yang jurusan Mainz datang. Jadi kami masih bisa menunggu di Mc. Donald untuk minum susu coklat panas…

Akhirnya, kamipun sampai di rumah…..Hanya satu yang salalu menjadi pertanyaan Dj. selama ada di pulau Mallorca….Pertanyaan ini, Dj. jadikan teka-teki dan Dj. lemparkan kepada anda semua ….Hadiahnya apa dong…???

Sabar ya Yu ….sabar Mei….. sabar mbak DA…. Baca dulu baik-baik pertanyaannya ya….Dj. sudah sediakan hadiah bagi yang bisa menebak. Seperti tahun lalu, Nuchi dapat hadiah dari Dj. dan dia sumbangkan ke anak-anak di Ambon melalui Neverg…..

Nah kali ini Dj. beri kesempatan bagi anda semua, yang bisa menebak, untuk menyalurkan dana ke anak yatim, atau siapa saja saudara kita di Indonesia yang sangat membutuhkannya….

Dj. yakin anda semua ingin memulai berbuat baik dengan menyumbangkan sesuatu, tapi sampai saat ini belum terpenuhi. Nah inilah saatnya anda bisa mendapatkan hadiah teka-teki ini untuk mereka yang anda anggap layak menerimanya.

Contohnya mas Odi, mungkin akan menyalurkan hadiah ini ke anak-anak jalanan di Jogja atau Semarang… (kalau mas Odi yang menang). Sekarang, mungkin giliran anda, bisa menyalurkan hadiah ini ke satu keluarga tidak mampu, anak piyatu atau siapa saja yang anda anggap layak menerimanya. Sedang hadiah untuk pemenangnya, nanti akan Dj. bawa bila mudik (kalau pemenangnya tinggal di Indonesia).

Bila pemenangnya tidak tinggal di Indonesia, maka kami akan kirimkan via post.

Pertanyaannya (teka-teki nya) ialah….

APA YANG BANYAK TERDAPAT DI INDONESIA, TAPI TIDAK ADA DI PULAU MALLORCA…..???

Jawabannya ada di oret-oretan Dj. di atas, gampangkan…??? Jadi baca lah oret-oretaan diatas dengan teliti, karena di sana sudah ada jawabannya…Mudah bukan…??? Bila yang menjawab dengan benar lebih dari satu orang, maka Dj. akan undi, atau minta tolong pengasuh BalTyRa (mungkin dimas Josh Chen) untuk mengundinya, siapa yang akan menjadi pemenang.

Okay… Dj. rasa banyak sudah ocehan Dj. Maaf kalau idee Dj. ini tidak berkenan di hati anda. Terimakasih anda sudah begitu bersabar membaca oret-oretan di atas. Terimakasih juga kepada pengasuh BalTyRa, yang sampai sekarang masih mau menayangkan oret-oretan Dj. yang membikin Steffy (dari Florenz) selalu senyum-senyum sendiri…..hahahahahaha….!!!

 

Salam manis dari Mainz, untuk anda semuanya.

Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

107 Comments to "Teka-teki Berhadiah"

  1. Dj. 813  3 February, 2013 at 00:40

    Hallo Arindy S. Dewi…

    Terimakasih sudah mampir…
    Sayang jawaban sudah 1 tahun terlambat, karena hadiah sudah Dj. serahkan kepada
    yang berhak menerima. Yaitu di Semarang.
    Siapa tau lain waktu, anda ya….
    Salam manis dari Mainz.

  2. arindy sabilla dewi  2 February, 2013 at 13:32

    jawabannya pohon nyiur ( pohon kelapa)

  3. Dj.  14 January, 2012 at 22:05

    Wadooooh….
    Mbak DA, mohon maaaf yang sekecil-kkecilnya ya.
    Dj. malah baru lihat kalau mbak DA masih menyapa Dj. disini…
    Sorry mek sorry….!!!
    Pantas saat itu Dj. tidur nyenyak sekali, malah hampir terlambat pergi ngarit…hahahahahaha….!!!
    Salam manis dari Mainz ya mbka…

  4. Dewi Aichi  9 January, 2012 at 05:04

    ha ha ha ha…..pokoknya mbayar…..! Selamat tidur ya pak DJ…..! Senang bisa menyapa sebelum pak DJ beristirahat..

  5. Dewi Aichi  9 January, 2012 at 05:02

    Sugeng sare pak DJ…semoga nanti bangun tidur bisa segar…dan bersemangat…..

  6. Dj.  9 January, 2012 at 04:55

    Mbak DA…..
    Maaf ada yang lupa…
    Kok harus mbayar satus ewu….
    Lho ini buukan di rumahnya mas Odi lho ya….
    Disini semua gratis….. hahahahahahahahahahahaha…..!!!
    Salam manis dari Mainz….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *