Rindu Lukisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

Hallo BalTyRa er…..

Salam jumpa di suasana Hari Raya Natal 2011 ini. Sekali lagi, bagi anda semua yang merayakan, kami ucapkan selamat merayakan hari kelahiran Isa Almasih, Juru Slamat dunia…..!!! Semoga Hikmat Natal ada ditengah-tengah kita semmuanya….dan Selamat memasuki Tahun Baru 2012….!!!

Semoga anda semua selalu sehat dan bahagia bersama keluarga masing-masing….

Baiklah, agar tidak bertele-tele….Dj. mohon maaf, karena belum bisa menentukan siapa pemenang teka-teki minggu lalu. Tapi Dj. mohon anda semua sedikit bersabar ya….Ini mendahulukan permintaan saudara kita yang ada di Orlando Detoba Beach, yang minta agar Dj. mau menayangkan gambar (oret-oretan Dj.).

Memang saat menjelang hari Natal, banyak pesanan dari kerabat, teman dan kenalan. Jelas lukisan sebagai hadiah, untuk istri, suami, anak atau handai-tolan. Jujur….. karena di samping kesibukan ngarit, baca balTyRa, maka waktu 24 jam sehari, kadang tidak cukup…Hahahahahahaha…..!!!

Well….

Di Oret-oretan Dj. di “ SENIMAN KECIL DARI MAINZ “ http://baltyra.com/2010/01/09/seniman-kecil-dari-mainz/ Anda sudah banyak mengenal hasil karya Dj. , walau tidak sebebrapa sih…., tapi ya lumayan juga, untuk orang seperti Dj. yang tidak pernah belajar menggambar. Atau dengan kata lain, ini hasil usaha sendiri, di saat nganggur. Hanya sebagai hobby saja….

Contohnya…. Lukisan dengan menggunakan papan triplex dan solder yang membara, jadilah gambar bakar. Ya…gambar bakar dan bukan pisang bakar, nanti Cech Gentong jadi bingung….hahahaha…!!!

Ini ada lagunya, yang mungkin untuk Koh ODB bisa dinyanyikan….Mungkin pengasuh BalTyRa bisa mencarikan lagu ini….. (mohon maaf, pak Dj, tidak ketemu lagunya, judulnya apa? Kalau tahu judulnya mungkin dicoba dicarikan lagi)

Rindu lukisan mata suratan
Hatimu nan merindu
Rindu bayangan nan meliputi
Paras seri wajahmu
Mengapa mendusta seribu kata
Mengapa membisu seribu basa
Mungkinkah bulan merindukan kumbang
Dapatkah kumbang mencapai rembulan

Rindu katakan rindu usah kau
malu karena asmara
Risau engkau dik risau akupun
Maklum maksud tak sampai
Rindu hatimu akupun demikian
Rindu sudah nasib untung di badan

 

Dj. rasa cocok untuk hari Natal ya…

Ini Photo gereja Protestan di Mainz Ini hasil oret-oretan Dj. Jelas tidak mungkin 100% sama, tapi sudah sangat mirip kan…???

Yang aneh dalam lukisan ini, saat Dj. gambar, aslinya warna atap dari gereja ini “Hijau “. Olehnya Dj. kena kritik, tidak sesuai dengan aslinya, ya mana mungkin, kalau dibakar, jadinya tidak mungkin bisa hijau. Ternyata….o…ternyata, setahun kemudian, atapnya direnovasi dan jadi coklat warna perunggu, jadi sedikit lebih mirip dengan gambar Dj. Saat Dj. pameran lukisan ini, semua orang yang datang jadi heran….!!!

TUHAN MEMANG AJAIB……!!! Ia, mau mendengarkan doa anak-anakNya….

Ini DOM (Gereja Katholik) di Mainz….

Ini gambar yang Dj. bikin untuk kedua kalinya… (dari belakang…)

Yang pertama… yang pernah Dj. pamerkan, dari samping depan….

Aslinya… (photo) dari samping belakang

Melukis wajah, memang menjadi kegemaran Dj……Sudah ada banyak sekali, entah berapa ratus dan entah berapa yang masih di gudang….Ya…bahkan putra mbakyu NU2K, juga pernah Dj. gambar….

Gambar yang ini… Brigitte Bardot.

Yang di bawah ini, sengaja Dj. bikin photonya sedikit buram, karena sudah sangat buanyak penggemarnya.

Tapi bila ada yang memesan potret dari binatang kesayangan, maka Dj. juga tidak menolak, kalau ada waktunya. Anjing…. yang lucu….

Yang kelihatan sedikit galak….

Kucing….

Kucing besar dan galak….

Ikan pesanan pemancing….Carper….

Salmon….

Zander (di Om Google… Sander lucioperca, Syn.: Stizostedion lucioperca, Lucioperca sandra)

Nah ini wajah Koh ODB (yang merindukan lukisan Dj.) saat muda bersama lehernya….Ini Dj. bikin sketznya (dengan pulpen di atas kertas) dan Dj. kirim, bisa jadi ada yang diinginkan dan harus Dj. ubah….

Karena lehernya Dj. naikan ke atas, agar lebih serasi. Kalau dalam photo kan lehernya duduk, jadi jarak kepala berdua cukup jauh….Anak-anak asuh Dj. sangat berterimakasih, karena mereka bisa merasakan berkat yang koh ODB berikan….

Saat hampir selesai….. di atas papan triplex….Jujur kalau Dj. lihat malah mirip dengan mas Handoko….Bagaimana mmas Handoko….???

Dan ini gambar terakhir untuk hadiah Natal dari seseorang untuk istrinya, untuk tahun ini.  Hanya sekedar hitam putih yang Dj. bikin dengan pinsil arang…Maaf…sengaja Dj. pamer kotak pencil yang baru, yang dibelikan Susi untuk Dj. Agar kalau Dj. cari pencil untuk menggambar, gampang carinya…. semua sudah ada di kotak.

Hahahahahaha…. Dasaar pelukis linglung, kadang bingung cari alat-alatnya, karena lupa naruh. Benar, kadang Dj. merasa heran, karena pencil-pencil untuk melukis, bisa berpindah tempat….Hahahahahahahaha….!!!

Jujur Dj. akui banyak sekali pelukis yang jauh lebih mahir, daripada Dj. Dengan lukisan yang sangat mirip dan sangat halus, bahkan sangat mirip dengan photo. Kadang Dj. heran melihatnya, tapi Dj. tidak iri, karena Dj. pernah coba dan juga bisa, hanya tidak mau atau tidak suka yang demikian.

Karena pernah ada seorang pelukis yang mampir dalam pameran Dj. yang mengkritik hasil lukisan Dj. Dj. sangat berterimakasih oleh teman tersebut, karena ternyata benar adanya, apa yang dia bilang…“ Kalau lukisan terlalu mirip dan sangat halus, bikin saja itu photo di afdruck, dibesarkan “

Satu lukisan harus kelihatan sebagai lukisan dan tidak boleh seperti photo, harus kelihatan garis-garis tangannya….Hanya boleh mirip, tapi tidak boleh sama pleg….!!! Nah di situlah SENI lukisan tersebut….!!! Dan bukan hasil jepretan photo kamera.

Okay Koh ODB dan sobat semuanya di BalTyRa….Semoga Dj. bisa membawa anda semua ke lamunan lukisan, siapa tau ada kumbang yang bisa sampai ke rembulan…..

Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang sangat sabar dan selalu menayangkan oret-oretan Dj. Juga anda semuanya yang juga sabar sekali menantikan , membaca dan bahkan meninggalkan komentar untuk oret-oretan Dj. Apapun komentar anda, Dj. terima dengan senang hati…. ya bahkan sangat berterimakasih….!!!

Untuk mbak Adhe, Dj. masih menunggu ordernya….

Kiranya Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

Salam manis dari Mainz…

Dj. 813

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

89 Comments to "Rindu Lukisan"

  1. Dj.  2 January, 2012 at 12:00

    Koh ODB…..
    Terimakasih untuk cerita di toko bikin frame lukisannya….
    Dj. malah baru dengar sekarang…
    Dj. jadi turut senyum juga, hati-hati, jangan sampai bikin orang semaput.
    Hahahahahahaha….!!!
    Hari ini di Jerman agak hangat, temperatur naik sampai +6°C.
    Tapi masih tetap pakai jacket tebal sih….
    Salam manis untuk keluarga dirumah ya…

  2. Ouw Djiam Biauw  2 January, 2012 at 06:58

    Mas Djoko terus terang lho di Baltyra kan banyak MACAN,kadang2 ada yg mengaumnya sangat kencang sampai2 screen monitornya ,bergetar,dan commentnya terus mental ketakutan,tapi2 kadang2 balik lagi jadi bisa dilanjutkan dan ada juga yang hilang tak tahu rimbanya
    Dan juga lupa saya sampaikan,waktu pasang frame buat foto saya itu,pemilik tokonya begitu terheran2 ini pakai apa pelukisnya dan dimana melukisnya,saya katakan pakai solder dia makin bingung,tambah bingung lagi waktu saya katakan di German dilukisnya,lhoo waktu itu Bp ke German ya,tidak saya kirim fotonya,……orang bule dong yang melukisnya,bukan orang Jawa dari Indo dia makin bingung lagi kuadrat. sebelum pemilik tokonya semaput saya buru2 bayar terus jalan pergi,,,,Salam dari New Mexico ABQ sudah ada es pagi hari diatasbagasi mobil,mungkin saat ini temp sama dengan Mainz 30F ATAU -2C

  3. Dj.  1 January, 2012 at 02:47

    Yu Lani….
    Tak pikir internet dirumah yang kacau…
    Pagi tadi langsung buka BalTyRa, masih sama dengan kemarin.
    Masih 3 jam lagi, di Mainz, baru tutup tahun.
    Di Kona masih lama ya yu….

  4. Lani  1 January, 2012 at 02:20

    MAS DJ : lurahe baltyra jik adus kungkum hahahah…..ngalap rezeki malam tutup taon mas………

  5. Dj.  1 January, 2012 at 01:38

    Dewi Aichi Says:
    January 1st, 2012 at 00:12

    Anak saya memakai produk dari faber castell untuk sekolah, seperti pensil, crayon, pensil warna, spidol, penghapus, dan lain lain
    —————————————————————–

    Mbak DA….
    Matur Nuwun mbak…
    Bagus sekali, kalau dari kecil sudah dibiasakan dengan produc yang bagus…
    Walau di Jerman sendiri itu Faber castell, masih cukup mahal…
    Yang besar ini sudah diatas € 200,-
    Olehnya Dj. hanya pakai kalau harus gambar pesanan saja. Kalau gambar yang biasa, hanya pakai arang saja, murah meriah…
    Salam manis dari Mainz…

  6. Dj.  1 January, 2012 at 01:35

    Lani Says:
    December 31st, 2011 at 23:28

    MAS DJ : japri udah aku balas lo mas
    ———————————————————-

    Japri yang mana ya yu….
    Sejak 3 hari ini, inbox ku hampir jebol. Setiap hari ada lebih dari 400 emails yang masuk…
    Sampai kehabisan waktu hanya untuk baca emails…
    Hahahahahahaha…..!!!

  7. Dj.  1 January, 2012 at 01:33

    Lani Says:
    December 31st, 2011 at 23:28

    MAS DJ : saiki wes esuk……….td udah lari pagi……rodo telat tangi tp ya hrs lari krn udah jadwalnya…..nanti nggaru, bsk tgl 1 jan jg nggaru……..ndak libur mas……

    wah, jd angine uadeeeeeeeeeeem njejet ampe merangsek ketulang sumsum???? mmg belum salju to mas???? di KONA udah semingguan klu pagi angine brrrrrrrrrr…………adem banget oleh krn itu hrs pake jaket ndak perlu tebal ktk lari……..semribit je dileher dan telinga
    ———————————————————-

    Yu Lani….
    Selamat Malam dari Mainz….
    Tidak libur juga tidak apa-apa tho yu, asal kerjaannya santai dan ada pemasukan.
    Kan baik adanya…

    Sementara di Mainz, sudah mencapai +2°C, jadi malah tidak turun salju.
    Salju turunnya biasa +4°C. Minggu lalu turun salju sangat lebat, tapi hanya 1 hari saja. 3 hari kemudian hilang, meleleh, jadi air…
    Nah ini sudah pakai Pullover tebal, jacket tebal, tapi masih dingin.
    Didalam appartment juga hanya +18°C
    Karena kalau dalam rumah distel lebih dan keluar rumah sangat dingin, maka dengan perbedaan yang besar, malah bikin sakit….
    Bersyukulah yu, di Kona selalu hangat….

    Omong-omong ada apa dengan BalTyRa, kok hari ini tidak ada artikel yang baru….???

  8. Dewi Aichi  1 January, 2012 at 00:12

    Anak saya memakai produk dari faber castell untuk sekolah, seperti pensil, crayon, pensil warna, spidol, penghapus, dan lain lain

  9. Lani  31 December, 2011 at 23:28

    MAS DJ : japri udah aku balas lo mas

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *