Telepon Aneh di Hari Natal

Handoko Widagdo – Solo

 

“Pak Handoko, saya minta maaf, sebab saya tidak bisa mengucapkan selamat natal kepada Bapak. Padahal saat Idul Fitri dan Idul Adha kemarin Bapak mengirimkan sms dan email kepada saya. Sungguh Pak, saya tidak bermaksud kurang sopan, tetapi saya memang tidak boleh memberi ucapan selamat kepada umat lain.” Demikian telepon dari salah satu sahabat karib saya pada tanggal 25 Desember 2011 yang lalu.

“Tidak apa-apa Mas. Saya mengerti kok. Bukankah telepon Anda ini sudah menunjukkan sikap Anda terhadap saya? Saya tahu, kadang kita harus taat pada apa yang kita yakini. Jadi, terima kasih”, demikian jawaban saya.

Pada awal telepon, teman saya ini terdengar sangat tertekan. Namun setelah saya jawab, nada bicaranya kelihatan gembira.

Telepon aneh kedua adalah telepon yang saya terima sebagai balasan sms saya kepada salah satu teman saya yang merayakan natal. ”Merry X-mass and Happy New Year” demikian sms yang saya kirim. Tak menunggu lama hp saya berbunyi. Teman saya ini langsung saja memberondong saya dengan kalimat-kalimat berikut: ”Han kok X-mass to? Tidak boleh lho. Kristus kok diganti cross. Cross itukan artinya menyimpang. Sebagai orang beriman mestinya kita pakai Christmas bukan X-mass.”  Saya menjawab…”ooo begitu ya? Maaf ya.” Kemudian saya kirim sms baru dengan tulisan Merry Christmas and Happy New Year kepadanya. Dan dia membalas. “Terima kasih GBU.”

Jadi, Selamat Natal bagi teman-teman yang merayakan dan Selamat Tahun Baru bagi semua kawan. Mari kita jalankan ibadah keyakinan kita sepenuh hati dengan tanpa mengabaikan persaudaraan dalam perbedaan.

 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

84 Comments to "Telepon Aneh di Hari Natal"

  1. Handoko Widagdo  21 December, 2012 at 12:16

    Mbak Triyudani, maturnuwun, mugi Gusti ingkang paring piwales. Sugeng warsa enggal.

  2. Handoko Widagdo  21 December, 2012 at 12:16

    Angena Kwee. Selamat Natal dan Tahun Baru. Salam untuk semua keluarga yang ada di Sintang dan Rawak.

  3. Handoko Widagdo  21 December, 2012 at 12:15

    Cik Lili. Selamat Natal dan Tahun Baru. Semoga berkat dari Tuhan melimpah bagimu di tahun yang baru.

  4. Handoko Widagdo  21 December, 2012 at 12:15

    Mas DKS, sangkaian butiran kata darimu sungguh menyejukkan hatiku. Dan…aku yakin penamu tak akan menusuk jantungku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.