Selamat Tinggal 2011, Kita Sambut Datangnya 2012

Dewi Aichi – Brazil

 

Detik-detik berakhirnya tahun 2011, telah kita rasakan. Di berbagai tempat sedang mempersiapkan segala acara untuk menyaksikan malam pergantian tahun. Setiap masyarakat maupun setiap orang, sudah mempunyai acara yang akan dilakukan nanti menjelang tengah malam.

“Penguasa Romawi Julius Caesar menetapkan 1 Januari sebagai hari permulaan tahun baru semenjak abad ke-46 SM. Orang Romawi mempersembahkan hari ini(1 Januari) kepada Janus, dewa segala gerbang, pintu-pintu, dan permulaan(waktu). Bulan Januari diambil dari nama Janus, yaitu dewa yang mempunyai dua wajah. Satu wajah menghadap ke (masa) depan, dan sebuah lagi menghadap ke (masa) lalu.” (dikutip dari The World Book Encyclopedia 1984)

Bagaimana dengan perayaan yang biasanya dirayakan di Indonesia? Pengalaman saya adalah pergi ramai-ramai ke pantai, atau ke Puncak, atau juga ke Merapi bersama teman. Atau juga sekedar berkumpul dengan tetangga, saudara, memanggang ayam atau ikan, dimakan bersama-sama sambil melewatkan detik-detik pergantian tahun sambil bercerita.

Di Brasil sendiri ada sebuah tempat, yaitu Bahia, yang sekarang menjadi sebuah ritual masyarakat Brasil pada umumnya, yaitu masyarakat akan berjubel di pantai, sampai tengah malam, semuanya berbaju warna putih. Sebagian ada yang menabur bunga di laut, atau juga memendam mangga dan pepaya, juga semangka di pantai. Ini dalam kepercayaan mereka adalah sebagai tanda penghormatan kepada dewa Lemanja atau dewa laut, yang sangat melegenda di Brasil.

Setiap orang, setiap masyarakat, setiap negara dengan caranya sendiri untuk merayakan detik-detik pergantian tahun baru. Tetapi yang paling penting adalah rasa syukur dan rasa optimis dalam melangkah maju ke waktu yang akan datang. Banyak cerita yang layak dikenang, banyak kesalahan yang bisa dijadikan pelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kita bisa merenung dan melihat ke belakang, memulai untuk mengevaluasi diri.

Mari kita bersama-sama menyambut datangnya tahun baru 2012 dengan penuh kasih sayang, semangat dan kegembiraan. Kita akan jalani waktu-waktu yang akan datang dengan pembaharuan hidup yang lebih baik secara berkesinambungan.

Pada akhirnya saya mengucapkan selamat tinggal 2011, Selamat tahun baru 2012, teruntuk seluruh sahabat Baltyra dimana saja berada. Salam hangat dan penuh kasih sayang.

 

Postcard by: JC for Baltyra

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

30 Comments to "Selamat Tinggal 2011, Kita Sambut Datangnya 2012"

  1. SU  4 January, 2012 at 11:13

    Met tahun baru buat teman2 semua. Smg tahun 2012 membawa banyak sukacita yg lebih dari apa yang teman2 sudah doakan dan bisa bayangkan dikehidupan teman2 dan org2 terkasih

  2. Dewi Aichi  2 January, 2012 at 09:56

    Sekali lagi…..selamat tahun baru 2012, sudah tanggal 2 , baru lewat satu jam yang lalu he he..

    Untuk semuanya….SELAMAT TAHUN BARU..!

  3. nevergiveupyo  2 January, 2012 at 09:08

    selamat tahun baru 2012…..

  4. Lani  1 January, 2012 at 15:08

    26 AKI BUTO : ndak ada masalah apa2 tp banyak yg menanyakan dikau……….knp baltyra artikele ora ganti…….

  5. J C  1 January, 2012 at 14:43

    Halah, Buto disenggol-senggol di sini tho? Buto tapa tutup tahun…tanggal 31 kemarin Baltyra prei… ada masalah opo tho?

    Yang jelas dan pasti, ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua kontributor di Baltyra. Dari penulis, komentator, dan terutama SILENT READERS…

    HAPPY NEW YEAR 2012…

  6. Anastasia Yuliantari  1 January, 2012 at 13:35

    Selamat tahun baru….tidur jam 4.30 ke gereja ikutan misa jam 6, seharian tidur balas dendam. Semoga di tahun baru semua semangat, dah jangan kebanyakan tidur kayak saya….hehehehe.

  7. Sumonggo  1 January, 2012 at 12:38

    Selamat tinggal Gayus …
    Selamat tinggal Nazaruddin …
    Selamat tinggal Nunun …
    Selamat tinggal Jupe … lho …

  8. Lani  1 January, 2012 at 01:25

    JURAGAN PONDOL : ikut melek yoooooo? pie problem solved???? jd membangunkan aki buto? rasaku dia malam tutup taon melu kungkum…bakar2 menyan……..

  9. lili pondol  1 January, 2012 at 01:14

    Selamat Tahun Baru semua… tauhun 2012 makin semarak dan lebih baik…. Hidup Baltyra…!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *