Natal Bersama Keluarga Paisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER….!!!

Salam Jumpa dengan oret-oretan Dj. Kali ini ingin cerita Natalan di Mainz bersama keluarga Dj. Seperti biasanya, kami rayakan di rumah kami bersama anak-anak dan cucu, seperti tahun lalu juga.

Hanya kali ini, anak-anak minta agar dirayakan di salah satu rumah mereka. Terutama si Dewi yang baru beberapa bulan menempati appartment yang baru, dia ingin kami semua merayakan Natal di sana.

Tapi kakanya (si Dewo) bilang, karena dia yang paling tua, dia ingin kali ini di apartmentnya (karna belum pernah). Dewi mengalah dan tgl. 24 malam (Malam Kudus) kami rayakan dengan hikmat, tapi juga banyak humor. Maklum acara dibikin oleh anak-anak….

Lilin Natal, lebih tepat kami sebut lilin Advent, setelah yang empat lilin (semua) menyala, maka Natal tiba.

Pohon Natal di rumah Dewo

Daniel mengiringi pujian Natal dengan gitar.

David Nathanael Paisan (cucu) menolong omnya dengan memegang buku pujian….Dia sangat hepi dan selalu senyum boleh turut campur dalam acara malam tersebut…..

Setelah selesai dengan ibadah Natal yang sangat sederhananya, maka mulailah makanan malam dihidangkan. Seperti biasa, kami selalu memanggang kalkun. Kali ini yang bikin bukan Susi, tapi anak mantu (istri Dewo = si Jana). Kalkun seberat 6 Kg. ditambah isinya, yang selesai dipanggang, sudah kelihatan sangat…hhhhmmmm…!!!

Walau luarnya kelihatan sedikit gosong, tapi dagingnya sangat lembut dan tidak kering (halus….)

Tidak ketinggalan sayur, kacang kapri dan wortel rebus dengan bumbunya…

Salat dari kentang dan teman-temannya (Kartoffelsalat)

Jagung rebus….

Semua siaaaaaaaap….???!!!

Keluarga PA-I-SAN (813). Orang Italy, katakan Paisano… yang artinya teman sekampoeng halaman… Benar Romo Budiman…???

Susi (yang selalu sibuk dengan video kamera), Jana & David, Eva Saridewi, Alexander Sudewo, Daniel Bagus Trisnoadi dan Dj. Semua Paisan.

Bersama satu sportstudent, (pelari 800 meter 1menit 50 detik) dari Indonesia, yang sementara cari ijazah sebagai pelatih di Mainz.

Setelah doa makan, maka….Tugas Dj. untuk memotong kalkun dan membagikan kesemua anggota keluarga, seperti setiap tahunnya.

David juga mendapat tugas, untuk membaca nama-nama yang ada di hadiah natal dan memberikan ke orang yang namanya tertera di kado. Satu pelajaran agar dia juga senang memberi dan tidak hanya menerima. Anak-anak sudah bisa merasakan, bagaimana bahagianya bila kita bisa memberi….

Dewo dan David (ayah dan anak), yang saling mengasihi.

David baca nama tantenya perlahan dan tantenya makin tidak sabar menerima hadiah. Dan David semakin perlahan membacanya…..

Satu bisikan dari David yang tidak Dj. tunggu….

Opa…ich liebe dich so sehr….!!! Satu kebahagiaan yang tak terbayar dengan harta….

Sedikit kelakar, di antara anak-anak….

Nah ini tuan rumah juga mendapat special hadiah, untuk di rumah tangganya. Jelas Dj. tidak tayangkan di sini, apa isinya, karena bukan soal berapa mahal dan besar isinya. Tapi di sini kami mengajarkan kepada anak-anak, untuk bisa saling memberi perhatian kepada saudara-saudaranya. Ya bahkan kepada semua orang yang membutuhkan uluran tangan kasih mereka.

Jelas, David juga penasaran akan isi kado tersebut…hahahahaha…!!!

Tgl. 25 di rumah Dewi, tapi makan siang tidak Dj. pamerkan di sini, hanya kaffeezeit nya saja…Susi dapat tugas potong kueh Natal….

Kebersamaan ini yang menjadi titik tujuan hidup kami. Usaha kami sendiri tidak akan berhasil, tapi karena turut campur tangan TUHAN lah, yang membikin kami selalu bersama dalam keluarga kami. Ingat saat anak-anak masih kecil, selalu berkata….Walau kami tidak punya banyak harta, tapi kami punya kami (sekeluarga).

Okay….

Dj. rasa sudah terlalu banyak photo yang Dj. pamerkan, semoga anda semua tidak merasa jenuh, dengan oret-oretan Dj. ini. Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. dengan sabar.

Terimakasih juga kepada anda semua yang selalu bersabar menantikan dan bahkan membaca oret-oretan Dj. Baik yang selalu memberi komentar, maupun yang hanya membaca, tapi tanpa berkomentar.

Sekali lagi……… TERIMAKASIH….!!!

Kiranya sayap Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

Salam manis dari kami di Mainz.

Dj. 813

 

Note Redaksi:

Di luar kebiasaan, artikel pak Djoko Paisan ditayangkan hari ini, tepat di hari pertama Tahun 2012, karena jika ditayangkan hari Selasa seperti biasanya, thema Natal sudah agak terlalu “basi”.

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

89 Comments to "Natal Bersama Keluarga Paisan"

  1. Dj.  7 January, 2012 at 15:58

    Yu Lani….
    Selamat Pagi dari Mainz…
    Lha kerja kan pagi sampai soore, kalau malam kan kerjanya lain …
    Hahahahahahaha…..!!!
    Memang kalau week end, lebih banyak waktu, kalau hari biasa, ya waktunya hanya malam yang free…
    Mainz, molai dingin lagi, beberapa hari lalu sudah anget, bisa mencapai 8°C, tapi hari ini dingin lagi.
    Enakan di Kona yang selalu anget ya yu….
    Selamat berakhhir pekan yu, semoga sehat selalu ya…

  2. Lani  7 January, 2012 at 14:23

    86 MAS DJ : waaaaaah ini special ya? aku akan dijemput berduaan…….lah dl mas DJ repot kerja, cm bs akhir pekan……nah itu yg bikin bingung…….krn udah ndak ada akhir pekan pas kunjungan udah mo berakhir………nanti kapan2 klu nyampe Jerman lagi pasti mampir dan nginepppppppp………wakakak, mekso.com……..boleh to mas????

  3. Dj.  5 January, 2012 at 02:35

    Mbak Adhe….
    Selamat Malam dari Mainz….
    Terimakasih, sudah mampir….
    Selamat Tahun Baru juga untuk mbak Adhe sekeluarga ya….
    Dan salam manis dari Mainz….

  4. Dj.  5 January, 2012 at 02:33

    Yu Lani….
    Maaf baru pulang pitnes….
    Kalau Yu Lani ke Jerman, kami berdua yang jemput…..
    Mau dijemput dengan mobil, kereta api, atau jalan kaki juga boleh… Hahahahahahaha….!!!
    Nganggo meri barang tho yu….
    Lha waktu itu sudah sampai Frankfurt, tidak minta dijemput….
    Padahal cuma 30 menit dengan mobil….
    Kapan datangnya Yu….???

  5. Adhe  5 January, 2012 at 00:42

    Pakde DJ Dan keluarga…..selamat thn baru 2012, semoga pakde sekeluarga selalu sehat dan berbahagia selalu, aamiin…..

  6. Lani  4 January, 2012 at 23:27

    MAS DJ : moco komentar mas buat PAM-PAM DAN NEV…….aku meriiiiiiii/iri……klu adekmu sudrun ini nyampe ke Jerman bakalan dijemput ndak????? sisan boleh nginep ora hahaha…….mesti jawabane: jelassssssss dunk, nginep kruntelan nang jubin nggelar klasa……..heheheh

  7. Dj.  4 January, 2012 at 22:57

    nevergiveupyo Says:
    January 4th, 2012 at 12:23

    nah kan betul… Oom Dj udah ngaku bro…. hehehe… elu nggak usah ngambek bro…nanti kalo elu hanimun ke ambon gw jemput dah…
    ————————————————————–

    Kalau Pambres berdua dan juga Neverg berdua, Hanimun ke Jerman, kami juga yang akan jemput, jangan khawatir….

  8. Dj.  4 January, 2012 at 22:56

    nevergiveupyo Says:
    January 4th, 2012 at 12:21

    hehehe.. iya nih.. Oom Dj ngebalas komen saya 2x..pam2 frotes… ga kebalas komennya….
    (jgn2 dlm benak Oom Dj klo baca ID.ku wajah yg dibayangin elu bro pam…dan sebaliknyah…walah…gaswat)
    ——————————————————-

    Hahahahahahahaha…..
    Neverg pernah ketemu, tapi Pambres belum, hanya di photo dan dengar suaranya saja.
    tapi jujur memang untuk Dj. kalian seperti anak kembar, kadang sulit membedakannya.
    Dj. sering maksud Pambres, tapi bilang Never dan sebaliknya……
    Dari penampilan sama-sama mudanya dan sama-sama pinternya dan yang jelas sama-sama baiknya.
    Salam,

  9. nevergiveupyo  4 January, 2012 at 12:23

    nah kan betul… Oom Dj udah ngaku bro…. hehehe… elu nggak usah ngambek bro…nanti kalo elu hanimun ke ambon gw jemput dah…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *