Museum Dirgantara Mandala

Handoko Widagdo – Solo

 

Salah satu obyek wisata edukatif di Kota Jogja adalah Museum Dirgantara Mandala.  Museum ini terletak di komplek Lanud Adi Sucipto Jogjakarta. Jika anda berangkat dari arah Solo, anda tinggal belok ke kiri mengikuti jalan layang Janti. Tepat di akhir jalan layang, di sebelah kiri jalan, di situlah letak pintu masuk museum.

Jika anda dari arah Jogja, anda belok kanan, ikuti jalan layang Janti dan tepat di akhir jalan layang, di sebelah kiri jalan, di situlah letak museum ini. Museum Dirgantara Mandala menempati areal bekas pabrik gula (jaman Belanda) yang dijadikan gudang senjata dan hangar pesawat (jaman Jepang). Museum yang menceritakan sejarah TNI AU, ini mempunyai banyak sekali koleksi.

Di halaman depan, anda bisa menyaksikan empat pesawat yang dipajang. Dua di antaranya adalah pesawat TUPOLEV dan A-4 Sky Hawk.

Masuk ke ruang utama, koleksi foto-foto tokoh TNI AU menyapa anda. Di ruang kronologi anda akan dimanjakan dengan sejarah perkembangan TNI AU serta koleksi pakaian-pakaian seragam TNI AU.

Ruang Alutista adalah ruang yang paling menarik. Di ruang ini anda bisa menyaksikan berbagai pesawat yang pernah dipakai oleh TNI AU serta peralatan perang seperti radar dan peluru kendali.

Salah satu koleksi yang memorial adalah pesawat yang ditumpangi Adi Sucipto yang bagian kokpitnya hancur ditembak Belanda. Adi Sucipto tewas dalam kecelakaan pesawat ini.

Di Museum ini anda juga bisa bergaya sebagai pilot di pesawat DC dan disebuah helikopter.

Atau mencoba ruang simulasi tekanan rendah untuk pelatihan pilot.

Dengan hanya membayar Rp 3.000 per orang anda akan mendapat pengetahuan tentang sejarah TNI AU yang luar biasa, yang disajikan dalam ruang ber AC.

 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

71 Comments to "Museum Dirgantara Mandala"

  1. Handoko Widagdo  24 January, 2012 at 08:53

    OSAKI, sekarang istri kan sudah ada pengawalnya. Jadi gak perlu takut masuk hangar.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *