Hari Pertama di Dunia Baru

Adhe Nita

 

Terhitung tanggal 10 Januari 2011 saya resmi menjadi seorang pengajar disebuat SMP di daerah saya, SMP itu dulu adalah sekolah saya. Karena hari pertama saya masih bingung dengan semua yang baru karena belum terbiasa grogi pasti ada. Pukul 06.30 wib saya sudah berada di sekolah dulu saat jadi siswa jam segitu sudah kesiangan….hahhahaa sedang mengenang masa muda dulu walau sekarang belum tua-tua amat hehehehe….Saya masuk ke dalam kantor yang selesai dibangun bener-bener barukan aku dan teman baru ku sama-sama guru muda sibuk mencari meja dinas saat di sekolah.

Akhirnya 10 menit kemudian ketemulah meja kami masing-masing. Karena di ruangan itu baru kami berdua kami berbincang-bincang sebagai ajang pengakraban diri. “bu kita tadi seperti siswa ya di awal tahun yang sibuk menentukan tempat duduk mau dimana sebelah mana” lalu dia menjawab “ya ya bu untungnya belum terlalu ramai jadi bisa cepat nyarinya…hehee”

Sekitar jam 06.45 guru mulai berdatangan satu persatu, dan ahay wajah-wajah yang kukenal dia guru-guru ku tercinta dulu walau canggung ya berusaha rileks padahal gemeteran seharian tadi hihiiii….jangan bilang-bilang ya. Mereka melihat ku dan mengajak ku ngobrol dan becandaan ala-ala guru gitu…. Satu yang membuat ku cepat nyambung dengan mereka di suasana dunia yang baru adalah suatu buah keakraban saat yang lalu antara aku yang masih siswa dengan mereka yang guru….mereka ramah membuat saya nyaman.

Ternyata di tempat baru modalnya gak banyak kok, kalau menurut saya loh….nih saya bocorin ya:

  • senyum yang manis
  • menyapa dan mau berkenalan
  • menjadi pribadi yang menyenangkan
  • aktif bertanya tentang hal-hal yang perlu dipertanyakan agar tidak canggung
  • menjaga komunikasi
  • menjaga kesopanan terhadap yang lebih tua
  • turut aktif dalam kegiatan-kegiatan agar semakin akrab
  • selalu berusaha memberikan masukan-masukan yang bermanfaat
  • menjadi pendengar yang baik
  • menjaga prilaku dan lisan agar timbulnya rasa saling menghargai
  • mau belajar dari yang lebih profesional

Nah dari 10 poin di atas saya coba dan pertahankan agar menjadi teman yang menyenangkan untuk mereka dan tentunya untuk siapa saja, jangan terlalu menutup diri agar bergaul tanpa beban serta tanpa rasa canggung.

Jadi begini nih pengalaman hari pertama kerja, makasih ya mamah & ayah yang menasehati ku untuk seperti apa saat di dunia kerja. Buat semua sahabat terkasih yang terkadang kata-katanya adalah nasehat juga loh…..makasih ya love u all emuuuuach.

by: adhe nytha (100111)

nb: maaf ya catatan ini kalau gak nyambung……*_^

 

12 Comments to "Hari Pertama di Dunia Baru"

  1. adhe nitha  15 January, 2012 at 08:10

    makasih semuanya, salam sukses selalu untuk semua.

  2. Kornelya  13 January, 2012 at 06:40

    Selamat mengabdi bu Nita. Semoga tabah dan sukses. Salam.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.