Mencuri Buku di Perpustakaan

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

IBU Tien Soeharto, Ibu Mastini Hardjo Prakoso dan Ibu Haryati Soebadio adalah 3 ibu yang sangat berjasa mengembangkan perpustakaan nasional di Indonesia. Dari 3 perempuan berjasa itu, ada jutaan rakyat menikmati hasil karya mereka, dengan cara membaca atau meminjam buku. Namun hanya segelintir kecil orang yang mencuri buku dari perpustakaan.

Saya pernah mencuri buku di perpustakaan umum (Perpustakaan Nasional, The British Council Jakarta, Pusat Kebudayaan Soviet dan Museum ABRI) ketika duduk di bangku SMA. Alasannya sederhana dan klasik, miskin tak mampu beli buku. Saya menganggap itu sebagai kenakalan remaja saya.

Ini adalah cerita yang terjadi sekitar 25-27 tahun silam ketika saya pernah mencuri buku di perpustakaan tersebut yang saya sebut. Saya mohon maaf atas kesalahan saya kepada mereka. Juga mohon maaf kepada sahabat dan pembaca, bahwa ada seorang penulis di sini, pernah menjadi pencuri buku. Mohon maaf atas semua itu.

Saya hanya ingin semua orang menghargai buku, apapun buku itu jenisnya. Dari buku kita bisa membuka semua pintu yang ingin kita masuki.

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

64 Comments to "Mencuri Buku di Perpustakaan"

  1. bayu  23 July, 2015 at 15:32

    hahahha pengalaman mas juga sama seperti yang saya alami sama persis saya dua orang bersama teman saya sering melakukan pencurian buku bahkan jumlahnya sampai ratusan saya mencuri nya tiap minggu sekali karena emang perpustaka”an nya buka setiap hari minggu……ya karena saya penggemar berat buku 1 hari tak baca rasanya linglung lah…..lg an saya dari keluarga kurang berada jadi tak mampu beli buku buku tersebut…….bukunya ada di perpustaka”an keliling milik negara……

  2. lostgior  19 February, 2012 at 16:54

    Mas Iwan sakit apa?

  3. IWAN SATYANEGARA KAMAH  19 February, 2012 at 16:42

    Sama-sama Silvie. Tanggal saat kamu menulis komentar, saya sedang di rumah sakit.

  4. IWAN SATYANEGARA KAMAH  19 February, 2012 at 16:41

    Terima kasih juga sudah membaca pengalaman yang tidak baik, tetapi harus diceritakan agar orang tahu bahwa seseorang tidak sepuhnya baik, sepeti saya ini lho… tukang nyolong buku perpustakaan.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *