La Réunion (1)

Mpek Dul

 

LA  RÉUNION adalah L’Ile de la Réunion atau Pulau Réunion adalah satu pulau di Samudra Hindia, dengan ibu kota Saint Denis, lebih kurang 800 km di sebelah timur Madagaskar dan 200 km sebelah barat daya Mauritius. Bersama dengan Mauritius, dan kepulauan Rodrigues, La Reunion termasuk kepulauan Mascareignes.  Dari kejauhan kepulauan La Réunion ini terlihat seperti gunung yang perkasa yang mengapung di atas samudra Hindia. Puncak tertinggi adalah gunung berapi yang saat ini tidak aktif bernama Le Piton des Neiges, satu nama yang unik yang berarti Pegunungan salju, meski pulau ini terletak di daerah tropis  dan tidak ada saljunya!

La Réunion bukanlah satu negara berdaulat sendiri, melainkan adalah bagian dari Perancis, secara administratif, disebut satu  department d’ountre –mer (disingkat DOM) atau propinsi seberang laut di luar negara Perancis di Eropa.  Perancis  sendiri sampai sekarang mempunyai beberapa DOM yaitu.

  • Guyana Perancis (French- Guyana) di Amerika selatan.
  • Guadaloupe di kepulauan Karibia
  • Martinique di kepulauan Karibia
  • Mayotte di Samudra Hindia (sejak 31 maret 2011)

 

Meskipun berada di luar Eropa, wilayah-wilayah ini memiliki status politik yang sepenuhnya sama dengan departemen metropolitan, bagian integral dari negara Perancis dan Uni Eropa.

Selain itu departemen-departemen seberang laut ini memiliki perwakilan baik di Majelis Nasional, senat maupun dewan ekonomi dan social yang sama dengan Perancis serta berhak memilih  anggauta parlemen Eropa, Member of the European Parliament (MEP atau anggauta parlemen Eropa), serta diperkenankan memakai €uro sebagai mata uang resmi, dan uang ini juga beredar di sini.

Lagu kebangsaan juga sama dengan lagu kebangsaan Perancis yaitu La Marseillaise.

Sumber pendapatan utama dari La Réunion berasal dari ekspor guladan sektor pariwisata.

Penduduk kepulauan ini terdiri dari pelbagai ras, a.l. Melayu, Tionghoa, India, dan Afrika. Selain bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar resmi, juga bahasa-bahasa dialek lain dipakai di sini, seperti  bahasa Melayu, Tamil, Hakka, Cantonese, Mandarin.

La Réunion mempunyai dua lapangan terbang yang berada di sebelah utara dengan nama yang istimewa: Roland Garros, sekitar 10 km dari ibu kota Saint Denis dan Saint Pierre Pierrefonds di sebelah selatan, satu lapangan kecil.  Luas wilayah ini sekitar 2500 km² atau dua setengah kali Hong Kong, tetapi dengan penduduk yang  belum ada 1/8 nya, jadi masih banyak tempat kosong untuk flora dan fauna. Alam di sini sangat kaya kontrasnya, artinya masih ada hutan belukar, pemandangan alam dengan air terjun yang indah sekali seperti di dongengan saja yang tidak ada di tempat lain seperti Salazie.  Mafate yang hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Cilaos, satu desa yang berada di lembah pegunungan.

Dua obyek turisme terkenal adalah pantai Boucan – Canot yang berada di sebelah barat dan tidak banyak anginnya. Obyek turisme yang banyak disukai adalah Piton de la Fournaise,  satu gunung berapi yang diperkirakan berusia 300.000 th, yang setiap 10 bulan menyemburkan lava. Seperti juga gunung Bromo, gunung ini dapat dikunjungi pagi-pagi, karena saat terindah adalah ketika matahari terbit. Yang penting adalah membawa baju jaket hangat, sepatu khusus untuk berjalan mendaki gunung dan air yang sangat dibutuhkan di dalam perjalanan karena di sekitar situ tidak ada air yang dapat diminum karena mengandung belerang. Gunung berapi dengan ketinggian 2.600 m yang masih bekerja dimana di saat aktip menyemburkan lava dapat dilihat dari gunung di dekatnya di ketinggian 2.700 m (gunung berapi Bromo hanya 2.300 m). Lagune Saint-Gilles, Saint-Leu en Saint-Pierre, dan Pantai emas yang sepanjang 30 km dan tidak kalah indahnya dengan Hawai yang telah dioleh secara komersial, sedangkan di sini masih murni.

Untuk mereka yang suka menyelam melihat pemandagan di bawah air, lautan di sekitar

Réunion mempunyai pemandangan indah sekali yang dapat dinikmati. Untuk penggemar ikan dan mereka yang kesukaannya  memancing, perairan Réunion adalah satu “surga” yang sangat kaya sekali dengan pelbagai ikan2 seperti Tuna, Black & Blue Marlin (Makaira Indica), kepiting besar, udang, pelbagai jenis kerang laut. Satu surga untuk penggemar seafood karena semua “fresh” dan bukan “frozen” seperti yang dapat dibeli di supermarket Carrefour ……….

Lebih dari 70 macam atraksi di bawah laut sampai sedalam 40 m yang dapat dinikmati. Selain itu pemandangan disekitar pegunungan dapat dinikmati dengan naik kuda, jeep four wheel drive, atau mountainbike, karena semua jalan2 kecil yang berjumlah lebih dari 1000 km diberi tanda dan pentunjuk-petunjuk jelas, sehingga hampir tidak dapat tersesat, atau dinikmati dari udara dengan pesawat helicopter dari perusahaan ULM.

END OF PART 1

 

32 Comments to "La Réunion (1)"

  1. mpekDuL  22 March, 2014 at 18:09

    Dewi Aichi 19 March, 2014 at 06:07
    Mpek Dullllll..heloooooooooooooo

    Dewi..helooooooooooooooooooooooo ooooohhhhh. That’s all ?
    Ragi buat tape masih cukup ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.